17 Alasan Anda Harus Memilih Android Daripada iPhone

Pilih android daripada iPhone



Meskipun iPhone adalah salah satu smartphone premium yang bisa kita dapatkan saat ini. Tapi, tentu ada alasan kenapa lebih dari 70% warga dunia lebih memilih android sebagai smartphone utama daripada iPhone.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu alasan kenapa Anda harus memilih android dibandingkan iPhone dengan memberikan keunggulan dan kekurangan dari kedua belah pihak.

1. Rentang Harga Luas


Meskipun iPhone sudah mempunyai berbagai varian, tapi hal ini belum bisa mengalahkan rentang harga yang dimiliki oleh smartphone android.

Dari low-end sampai high-end dan harga 800 ribu sampai 30 jutaan lebih membuat pengguna bisa memilih smartphone berdasarkan budget dan kebutuhan sehari-hari.

Tentu berbeda dengan iPhone yang sudah punya banyak varian, tapi harganya cenderung mahal dan juga tidak semua orang ingin menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah smartphone.

2. Akses File Menyeluruh


Android mempunyai file manager yang benar-benar file manager yang artinya pengguna bisa mengakses semua folder yang ada termasuk file tersembunyi dan data penting aplikasi.

File manager android sama persis fungsinya seperti file manager di PC yang bisa eksplorasi file, membuat file, menghapus file, melihat isi file sistem dan lainnya.

3. Banyak Pilihan Brand


Berbeda dengan iPhone yang dari Apple saja, android dirilis oleh berbagai macam brand yang bisa pengguna pilih sesuai dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Ada beberapa orang yang sudah terlanjur suka dengan brand tertentu, cocok dengan nilai dari suatu brand bahkan sampai membeli produk dan layanan selain smartphone.

4. Kebebasan Customisasi


Kelebihan Android yang sering menjadi alasan kenapa memilih android daripada iPhone adalah kebebasan kontrol dan custom.

IOS memang semakin bebas dalam mengatur customisasi tapi tetap saja tidak sebebas custom di android yang bisa ganti launcher, sembunyikan aplikasi, atur bahasa, ganti ROM.

Dengan ini, Android terbilang fleksibel dan menjadi alasan kenapa mayoritas warga dunia lebih memilih android dibandingkan iPhone.

5. Memperluas Penyimpanan


Hal yang bisa dilakukan android tapi tidak bisa di iPhone adalah memperluas penyimpanan ROM dan RAM.

Memang internal storage di android dan iPhone sudah sangat besar, tapi ada beberapa orang dengan hp murah ingin menambah ruang penyimpanan tanpa perlu ganti hp.


Solusinya adalah memperluas penyimpanan dengan Micro SD, ada beragam pilihan kartu SD yang bisa Anda pilih, mulai dari 16 GB sampai 1 TB.

6. Game dan Aplikasi Gratis


Apple Store dan Google Play Store sama-sama mempunyai koleksi aplikasi dan game yang lengkap, tapi jika Anda ingin main berbagai game secara gratis maka harus pakai android dengan Google Play Store.

Resiko yang harus Anda tanggung jika memakai aplikasi atau game gratisan adalah iklan yang selalu muncul, jika jengkel dengan iklan maka gunakan versi premium.

Bahkan, ada beberapa aplikasi premium di Play Store punya harga yang lebih murah dari yang dijual di Apple Store.

7. Ekosistem Lebih Terbuka


Untuk urusan ekosistem platform, ekosistem Apple termasuk yang paling bagus karena pengguna Apple akan diberikan integrasi yang lengkap antar device.

Tapi, integrasi yang ditawarkan tersebut menjadi sangat memikat sehingga tidak berfungsi saat dipadukan dengan perangkat brand lain.

Untuk yang tidak ingin terkekang seperti ekosistem Apple maka Anda harus pakai android. Sistem android secara ekosistem antar device terbilang tidak memikat seperti Apple.

Dengan hal itu, Anda bisa integrasikan android dengan brand lain tanpa gangguan.

Misalnya, Anda punya hp Samsung dan integrasi umum ke produk Samsung yang lain. Tapi, karena sistem hp Samsung itu adalah android maka Anda bisa integrasikan ke brand lain seperti laptop Asus.

Ekosistem android tidak mengekang penggunanya sehingga Anda bisa bebas dan terhubung ke perangkat dari brand lain.

8. Fitur yang Beragam


Android memiliki desain yang beragam dan fitur yang unik, berbeda dengan iPhone yang secara desain dan fitur harus terima sesuai yang diberikan oleh Apple.

Untuk Android, pengguna bisa memilih desain dan fitur yang disukai, mulai dari yang besar, kecil, datar, lipat dan lainnya. 

9. Punya Kebutuhan yang Pas


Ini adalah kelebihan dari Android yang tidak dimiliki iPhone karena dari banyaknya desain, fitur dan target market maka pengguna bisa memilih smartphone sesuai kebutuhan sehari-hari dan budget yang mereka miliki.

Untuk gamer, ada ROG Phone yang dari desain dan performa sudah tinggi. Untuk wanita, ada Samsung Galaxy Flip yang punya desain modis dan fashionable. Untuk professional, ada Samsung Galaxy Ultra yang punya S-Pen.

10. Ekosistem Google


Untuk orang Indonesia, ekosistem Google merupakan ekosistem terbaik yang bisa digunakan saat ini. Sistem ini sudah mendukung bahasa Indonesia, maps dengan detail luar biasa dan produk lain yang membantu kebutuhan sehari-hari.

Jadi, dengan memakai smartphone android maka Anda bisa menikmati ekosistem Google yang terbukti bagus. Berbeda dengan Apple yang kurang mendukung di Indonesia.

11. Fingerprint Sensor


Untuk Anda yang lebih suka login dengan scan fingerprint daripada face recognition, smartphone android menjadi pilihan yang tepat.

Alasannya karena fingerprint sensor sudah sangat umum dan sering ditemui baik di android lama maupun android baru.

Anda bisa merasakan fingerprint sensor konvensional yang fisik atau fingerprint sensor in-display yang menyatu dengan layar.

12. Multitasking


Fitur multitasking di android sulit ditiru oleh iPhone, hampir semua smartphone android dari yang murah sampai yang mahal punya fitur multitasking.

Pengguna bisa buka aplikasi multi window atau melakukan split screen untuk membuka dua aplikasi di satu layar yang membuat Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

13. Dua kartu SIM


Ada beberapa orang yang ingin memakai dua SIM sekaligus dan memilih Android sebagai smartphone utamanya.

iPhone resmi yang masuk ke Indonesia memang punya dua SIM tapi sebenarnya yang satunya lagi adalah E-SIM, masalahnya tidak semua orang Indonesia tahu tentang E-SIM.


Jika Anda ingin memakai dual SIM yang keduanya kartu SIM maka disarankan memakai hp android.

14. Headphone Jack


Jika Anda sewaktu-waktu ingin memakai headphone jack kabel untuk main game atau dengar musik maka Anda harus pakai android.

Memang beberapa flagship android terbaru sudah menghilangkan headphone jack karena mengikuti apa yang dilakukan iPhone.

Tapi, mayoritas smartphone android dari low-end sampai mid-range bahkan beberapa flagship masih ada headphone jack yang bisa Anda pakai untuk berbagai keperluan.

15. Port USB type-C


Sekarang banyak smartphone yang memakai USB type-C, tapi iPhone masih bertahan dengan lightning sehingga cukup sulit untuk mendapatkan charger yang berkualitas.

Hal ini berbeda dengan android yang menerapkan standar USB type-C sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mencari charger yang cocok karena bisa beli langsung atau pinjam ke teman.

16. Integrasi dengan PC


Android sangat lemah jika diintegrasikan dengan Mac karena fitur koneksi yang terbatas via android file transfer. Tapi, jika Anda ingin integrasikan PC dengan OS Window atau Linux ke Android maka akan berjalan lancar.

Saat terkoneksi, Anda bisa akses semua file yang ada di smartphone melalui file explorer, setting aplikasi dan hal lain yang mustahil dilakukan oleh iPhone.

17. Nilai Masyarakat yang Baik


Untuk sebagian besar orang yang butuh smartphone hanya untuk kebutuhan dasar seperti sosial media, chatting, telpon dan lainnya maka android adalah smartphone yang tepat.

Android mempunyai nilai yang lebih baik karena Anda tidak perlu menghabiskan belasan atau puluhan juta hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tidak semua orang butuh desain premium, kamera bagus, layar amoled dan lainnya. Setiap orang punya tujuan tersendiri kenapa mereka membeli smartphone tertentu.

Sumber : Kepoin Tekno