√ Cara Mudah Mengatasi Sinyal Naik Turun di HP Android - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

5 Nov 2022

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Naik Turun di HP Android

Peran sinyal sangat penting dalam sebuah smartphone, jika sinyal tidak stabil atau naik turun maka akan mempengaruhi aktivitas pengguna yang menggunakan jaringan internet.

Saat sinyal naik turun maka aktivitas seperti menonton video di YouTube, membuka sosial media dan browsing di google akan terganggu.

Oleh karena itu, Magersena memberikan solusi untuk mengatasi sinyal naik turun di semua hp android tanpa aplikasi tambahan. Anda tinggal membuat APN baru dengan settingan tertentu untuk memperkuat sinyal smartphone.

Setting APN Untuk Mengatasi Sinyal Naik Turun


Mempercepat koneksi Internet
Sumber : Pixabay.com



Access Point Name (APN) adalah fitur di smartphone untuk membuat hp bisa terhubung ke jaringan internet dan membuat pengguna bisa mengakses semua hal yang membutuhkan internet.

APN sudah secara otomatis tersedia di semua hp android dan pengguna juga bisa mengubah atau membuat APN baru untuk pengalaman internet yang lebih baik lagi.

Tapi, Anda tidak boleh asal-asalan dalam membuat APN karena jika salah pengaturan maka akan membuat kekuatan sinyal menjadi lemah atau bahkan menghilang.

Jadi, cara untuk mengatasi sinyal naik turun sekaligus mempercepat koneksi internet adalah dengan mengikuti pengaturan APN di bawah ini.

Pertama, Anda masuk ke aplikasi pengaturan > pilih kartu SIM & data seluler > pilih SIM 1 atau SIM 2 > pilih nama titik akses / Access Point / APN > tekan icon (+) untuk mulai membuat APN baru.

Tidak semua bagian harus Anda isi, ada beberapa yang sengaja dibiarkan kosong karena tidak terlalu berpengaruh, Anda bisa ikuti settingan di bawah ini.

  1. Nama : SBC Global (perhatikan huruf besar dan kecil)
  2. APN : lightspeed.net
  3. Proxy : -
  4. Port : -
  5. Nama pengguna : speed
  6. Sandi : internet
  7. Server : -
  8. MMSC : http://mmsc.tmic.com.kh/mssc
  9. Proxy MMS : 10.221.41.33
  10. Port MMS : 8088
  11. MCC : jangan diubah
  12. MNC : jangan diubah
  13. Jenis autentikasi : PAP atau CHAP
  14. Jenis APN : default,net,mms,supl
  15. Protokol APN : IPv4
  16. Protokol roaming APN : IPv4

Setelah semuanya terisi, silahkan cek sekali lagi apakah settingan sudah benar, perhatikan huruf besar, huruf kecil, spasi, angka dan yang lainnya. Jika sudah, Anda pilih simpan APN.

Setelah itu, Anda akan melihat APN baru bernama SBC Global. Untuk mulai memakainya, Anda matikan data seluler > tekan APN baru > nyalakan mode pesawat > mulai ulang hp Anda.

Hal ini bertujuan untuk refresh jaringan smartphone sehingga benar-benar terhubung dengan APN yang baru. Setelah hp nyala, matikan mode pesawat > tunggu sampai jaringan muncul > nyalakan data seluler.

Sekarang Anda bisa rasakan perbedaan sebelum dan sesudah memakai sinyal dengan jenis APN baru. Cara agar lebih spesifik Anda bisa buka Chrome > ketik "tes kecepatan internet" > pilih "jalankan uji kecepatan".

Anda akan melihat seberapa cepat koneksi internet smartphone dengan APN baru ini. Jika cara ini tidak bisa mengatasi sinyal naik turun, Anda bisa coba settingan APN lain atau memakai aplikasi tambahan.

Get notifications from this blog