Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme 10 Pro 5G Indonesia

kekurangan Realme 10 Pro 5G



Memasuki tahun baru 2023, Realme Indonesia memulai perjalanan baru dengan merilis smartphone baru di awal tahun ini.

Pada tanggal 10 Januari yang lalu, Realme secara resmi mendatangkan realme 10 Pro Series. HP ini hadir dengan membawa peningkatan spesifikasi yang cukup menarik.

Tapi, unit ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Realme 10 Pro dibanderol mulai dari 4.599.000, angka yang terbilang cukup mahal tapi Realme punya alasan tersendiri.

Tapi, apakah unit ini layak untuk dibeli dengan spesifikasi yang ditawarkan ? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan Realme 10 Pro 5G.

Kelebihan Realme 10 Pro 5G


Pertama, kita harus tahu dulu kelebihan dari smartphone Realme terbaru ini, mulai dari aspek kamera, baterai, performa dan lainnya.

1. Desain Premium


Realme 10 Pro 5G hadir dengan desain body datar atau flat frame yang jelas terlihat kekinian. HP ini juga memiliki bezel tepi hanya 1 mm dan diklaim sebagai smartphone dengan layar terluas di dunia untuk saat ini.

Rasio layarnya 93,67% yang membuat pengguna akan mendapatkan pengalaman baru saat menggunakan smartphone.

Hal tersebut bisa terwujud berkat penerapan teknologi racer dan incel yang membuat perekatnya ada di dalam ponsel dan tanpa adanya lem di bagian luar. Inilah yang menjadikan bezel Realme 10 Pro 5G terlihat lebih tipis.

Untuk bagian bodi sendiri, hp Realme ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu nebula blue dan dark neither. Keduanya sama bagus dengan tebal yang hanya 8,3 mm dan bobot yang tidak terlalu berat yaitu di angka 190 gram.

2. Baterai Tahan Lama


Walaupun terlihat tipis, baterai Realme 10 Pro 5G ini punya kapasitas 5000 mAh. Baterai ini diklaim bisa bertahan dalam mode stand by selama 639 jam atau sekitar 26 hari.

Ketika baterai tersisa 5%, pengguna bisa mengaktifkan mode ultra saving sehingga Anda bisa melakukan panggilan telepon selama 1,8 jam.

tidak hanya baterainya yang awet, smartphone ini juga punya teknologi pengisian daya super VOOC 33W yang mampu mengisi daya hingga 54% hanya dalam waktu setengah jam saja.

3. Performa Kencang


Meskipun chipset yang digunakan sama dengan pendahulunya, namun Snapdragon 695 masih menawarkan performa yang cukup baik.

Pada pengujian Antutu 9, HP ini mampu meraih skor di angka 415.000. Secara tingkatan, performa chipset ini masih lebih unggul dibanding Snapdragon 750G atau MediaTek dimensity 810.

Realme 10 Pro 5G dipadukan dengan RAM 8 GB yang membuat performa HP ini terasa semakin gahar. ketika uji coba main Mobile Legends dan Asphalt 9, kedua game tersebut bisa dimainkan dengan lancar tanpa frame drop.

4. Kamera Jernih

 
Realme 10 Pro 5G ini dibekali dengan 2 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP dan tambahan 2 MP depth sensor.

Kamera utama bisa menangkap detail dengan tajam dengan karakter warna yang tinggi khas Realme yang bisa langsung Anda upload tanpa harus edit terlebih dahulu.

Sedangkan kamera depan punya resolusi 16 MP dengan algoritma Ultra Clear Fusion. Dengan algoritma tersebut, foto selfie yang dihasilkan bisa lebih tajam dan detail bahkan ketika diperbesar.

Jadi, hasil foto smartphone ini cukup memuaskan di berbagai kondisi pencahayaan. Untuk perekaman video baik kamera depan maupun kamera belakang mampu mencapai resolusi 1080p 30fps.

5. Fitur Unik dan Baru


Pada sektor software, Realme 10 Pro dibekali sistem operasi paling terbaru yaitu Android 13 yang dilapisi dengan antarmuka realme UI 4.0. UI ini terlihat simple dan bersih, penataan rapi dan mudah digunakan.


Selain itu, HP ini juga sudah dibekali dengan fitur NFC yang akan memudahkan para pengguna e-money dan speaker yang sudah dual stereo yang letaknya di bagian bawah dan satunya lagi menyatu dengan earpiece.

Untuk Anda yang bermain pubg dengan gyroscope, HP Realme ini cocok karena ada sensor gyroscope hardware tanpa delay.

Kekurangan Realme 10 Pro 5G


Sebagai HP dengan harga 4 jutaan, tentunya hp Realme ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda terlanjur membeli dan menyesali beberapa hal.

1. Tidak Ada Lensa Ultra Wide


Kehadiran kamera ultra-wide di HP zaman sekarang itu merupakan nilai lebih tersendiri, namun sangat disayangkan Realme 10 Pro 5G tidak dilengkapi kamera tersebut.

Sebagian besar orang masih lebih suka dengan kamera ultra wide karena bisa memotret foto yang lebih luas, namun Realme lebih memilih lensa depth sebagai kamera tambahannya.

2. Layar Masih IPS


Hp terbaru ini mengusung layar Boundless Display dengan visual yang jernih. Layarnya seluas 6,7 inci dan layarnya sudah mendukung refresh rate 120 Hz sehingga geser layar akan terasa lebih halus tanpa patah-patah.

Realme 10 Pro 5G juga sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light sehingga mata pengguna bisa lebih nyaman dan tidak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu yang lama.

Namun, kekurangannya adalah HP ini masih menggunakan panel layar IPS, bukan AMOLED layaknya smartphone di kelas mid-range.

Padahal seandainya mengusung panel AMOLED, paduan dengan Boundless display akan terasa sempurna dan bisa menjadi daya tarik utama.

Selain masih IPS, layar smartphone ini juga tidak disertai pelindung layar Gorilla Glass sehingga disarankan membeli pelindung layar tambahan untuk berjaga-jaga.

Penutup


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli Realme 10 Pro 5G ini.

Apabila kekurangan yang disebutkan tadi tidak akan menjadi masalah maka HP ini cocok untuk kebutuhan sehari-hari Anda.