5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga


Peluang usaha ibu rumah tangga


Seorang ibu rumah tangga pasti menjalankan berbagai macam pekerjaan yang melelahkan mulai dari membersihkan rumah, mencuci pakaian, mengasuh anak dan lain sebagainya. Menjadi ibu rumah tangga tidak terbatas oleh waktu, mereka bekerja selama 24 jam dan terkadang merasa bosan karena tidak berkembang layaknya wanita karier.


Kegiatan ibu rumah tangga yang gitu - gitu aja membuat wanita menjadi tidak produktif. Hal ini membuat para ibu sulit mendapatkan penghasilan tambahan karena terbatasnya waktu. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga, usaha ini tidak akan menyita waktu dan bisa dilakukan di rumah.


Peluang usaha untuk ibu rumah tangga


Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha ibu rumah tangga :


  • mencari usaha yang tidak menyita waktu
  • mencari usaha yang tidak memerlukan kemampuan teknis
  • mencari usaha bisa menghasilkan uang selama 24 jam
  • mencari usaha modal kecil dan kompetitornya sedikit


30 tahun yang lalu, ibu rumah tangga adalah salah satu pekerjaan yang paling mulia di dunia karena berkat ibu rumah tangga, generasi milenial bisa eksis dan mampu melakukan transformasi dari era industri menjadi era informasi.


Tapi, perkembangan teknologi ini mempunyai sisi positif dan negatifnya, diantaranya adalah membuat tembok pemisah antara orang yang melek teknologi dan orang yang gagap teknologi. Ditambah semakin banyak pekerjaan manual yang dulu dikerjakan manusia tapi sekarang sudah dikerjakan oleh teknologi baik berbentuk software maupun hardware.


Ibu rumah tangga sulit buka usaha


Kebanyakan ibu rumah tangga merasa dirinya gagap teknologi tapi mereka tidak sepenuhnya gaptek, mereka hanya tidak mau keluar dari zona nyaman yang sudah dijalaninya selama bertahun-tahun.


Padahal semua aktivitas ibu rumah tangga di era informasi ini sudah bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, tidak harus mencari peluang baru di luar sana apalagi sampai membuat stok barang. Alat yang anda butuhkan hanya sebuah laptop, smartphone dan koneksi internet.


1. Menjadi content creator


Apapun format konten yang anda buat, selama bisa diakses melalui laptop atau smartphone maka anda bisa menjalankannya di rumah. Entah menjadi seorang blogger atau vlogger, semua aktivitas yang sering anda lakukan bisa dijadikan sebuah konten.


Mungkin anda ahli dalam exercise yoga, menjahit, membuat kue dan lainnya, jika anda merekam dan membuat aktivitas tersebut menjadi sebuah konten maka anda bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang dibuat dan platform yang anda gunakan juga bisa digunakan sebagai alat penghasilan tambahan.


2. E-Book dan Online Course


Anda punya keahlian memasak yang lebih dari ibu - ibu lain daripada pikir panjang untuk membuka restoran atau catering yang membutuhkan modal besar, lebih baik anda manfaatkan skill memasak dengan menjualnya ke ibu - ibu lain yang tidak tahu cara memasak.


Tidak semua ibu - ibu itu ahli dalam memasak, jadi mulailah menjual ilmu memasak yang anda punya ke ibu - ibu lain yang ingin jago masak dengan membuat ebook, cooking book atau membuat kelas online yang bisa diakses oleh siapa saja.


3. Menjadi Virtual Assistant


Jika anda seorang ibu rumah tangga yang selalu rapih dan terorganisir maka di luar sana ada banyak solopreneur yang membutuhkan jasa Virtual Assistant, jika anda masih asing dengan istilah Virtual Assistant maka cari informasi lebih lanjut di mesin pencari.


Virtual Assistant pada dasarnya mirip dengan jabatan sekretaris tapi perbedaannya adalah setiap pekerjaan yang dilakukan harus melalui online, jadi menjadi seorang VA tidak harus bertemu secara langsung dan segala aktivitas yang dilakukan hanya melalui online.


Baca juga : 6 aset yang lebih penting dari uang


Pekerjaan Virtual Assistant biasanya mengelola email,  mengatur jadwal dan mengerjakan hal - hal yang berhubungan dengan customer service. Jika anda bisa mengelola platform sosial media maka anda akan mendapatkan nilai lebih dibanding ibu - ibu lain.


Selain menjadi Virtual Assistant, anda bisa menjadi seorang sosial media manager dimana anda akan mengelola platform media sosial seseorang mulai dari mengatur konten, mengelola Instagram dan followers serta menganalisis perkembangan sosial media mereka.


4. Membuat guide line atau tutorial


Hampir semua ibu - ibu pasti peduli dengan kebersihan dan kesehatan khususnya keluarga sendiri, daripada keahlian dalam bidang kebersihan dan kesehatan ini sia - sia dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik anda membuat tutorial atau guide line yang bisa membantu para ibu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.


Jadi, ilmu tentang kebersihan dan kesehatan bisa berguna untuk orang lain dan anda juga mendapatkan keuntungan dari ilmu yang sebarkan itu. Jika anda pernah melakukannya maka apapun protokol yang dijalankan baik kesehatan maupun kebersihan berpotensi menjadi produk yang bisa dijual.


5. Program afiliasi


Peluang usaha ini masih berhubungan dengan content creator, saat anda sudah menjadi seorang content creator berarti anda sudah mempunyai pengunjung yang banyak dan daripada menjual produk buatan sendiri lebih baik anda tawarkan pengunjung untuk membeli produk buatan orang lain yang lebih baik dari anda.


Saat anda bergabung dengan program afiliasi maka anda harus merekomendasikan produk ke pengunjung, saat pengunjung membeli produk yang anda tawarkan maka anda akan mendapatkan imbalan. Ada beberapa website yang menawarkan program afiliasi diantaranya :


ratakan = website ini ibarat sebuah marketplace yang menjual berbagai macam produk digital.

ecomobi = website ini bagaikan jembatan yang menghubungkan antara marketplace dengan konten kreator atau influencer.

Involve Asia = website ini tidak jauh berbeda dengan ecomobi yang menghubungkan para konten kreator dan influencer.


Penutup


Seorang ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan lebih tanpa meninggalkan aktivitas sehari-hari asalkan mampu keluar dari zona nyaman, anda bisa mendapatkan uang dengan menggunakan laptop dan smartphone tanpa keluar rumah dan tanpa mencari peluang baru.


Lebih baik anda fokus pada skill yang anda kuasai saat ini, manfaatkan skill yang anda punya untuk menambah penghasilan sehari-hari dengan monetize melalui platform sosial media dan Platform online lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar