√ Begini Cara Belajar yang Efektif Ala Elon Musk - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Begini Cara Belajar yang Efektif Ala Elon Musk

Cara Belajar Efektif Ala Elon Musk


Cara belajar Elon musk



Ada orang yang bisa menguasai berbagai macam bidang dengan cepat dan berhasil di semua bidang itu sementara ada juga orang yang kesulitan menguasai satu bidang saja. Elon Musk belajar internet lalu mendirikan Paypal, dia belajar teknologi transportasi lalu mendirikan hyperloop dan dia belajar ilmu roket lalu mendirikan spaceX.

Elon Musk adalah orang yang jenius, dia disandingkan dengan Nikola Tesla, Albert Einstein sampai Issac Newton. Dia mempunyai cara pandang yang berbeda dalam menghadapi masalah, dia membaca ratusan buku dan bekerja dengan pakar - pakar terbaik di bidangnya.

Elon Musk telah menerobos banyak tembok penghalang sehingga membuat dia menjadi orang yang sangat sukses, dia bisa sukses menguasai berbagai bidang karena metode belajarnya yang terbukti berhasil sampai berkali-kali.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu cara belajar yang efektif ala Elon Musk supaya anda bisa menjadi orang sukses seperti Elon Musk yang menguasai berbagai macam bidang.

Cara belajar Elon Musk


Ada artikel menarik yang ditulis oleh Jack yang menyebutkan bahwa dia telah berhasil menemukan cara belajar Elon Musk dan dia menyebutnya dengan 2 aturan belajar Elon Musk. 

Cara belajar Elon Musk ini terbilang sederhana dan 2 aturan belajar tadi bisa dilakukan oleh semua orang.

Bangun pohon pengetahuan


Aturan belajar yang pertama adalah membangun pohon pengetahuan. Dalam sebuah percakapan di Reddit, Musk membahas pendekatan terhadap pembelajaran yang dia gunakan. Dia berkata :

"Penting untuk melihat pengetahuan sebagai semacam pohon semantik - pastikan anda sudah memahami prinsip-prinsip dasar yaitu batang dan cabang besar sebelum anda masuk ke dedaunan atau detailnya"

Maksud dari perkataan Elon Musk adalah kita harus paham bahwa tidak semua ilmu ditimbang dengan kepentingan yang sama. Dalam pembelajaran, ada perbedaan antara pengetahuan yang menggantung di dahan dan pengetahuan yang menyusun batang pohon tersebut.

Cara belajar Elon musk



Elon Musk sangat ahli dalam memahami inti dari setiap sektor usaha yang dia jalani dan dia mulai dari batang pohon pengetahuan sebelum pindah ke bagian kecil seperti dedaunan. Banyak orang yang terbalik dalam mempelajari sesuatu, kita sibuk belajar detail dari bidang yang dijalani tapi mengabaikan batang pohon yang menjadi prinsip dasar pengetahuan.

Hal itu membuat otak dipenuhi banyak sekali pengetahuan yang tidak penting dan bahkan bisa menyebabkan kesalahan cara berpikir. Ibaratnya, pola belajar kita seperti menanam pohon dengan batang sebesar lidi tapi punya banyak cabang dan daun yang tidak jelas bentuknya.


Saat kita mencoba menjejalkan suatu gagasan atau pemikiran baru pohon yang kita tanam malah runtuh karena mempunyai bentuk yang tidak jelas. Oleh karena itu, jika anda ingin mempelajari sesuatu dengan cepat maka harus mulai dari prinsip dasar pengetahuan atau batang pohon terlebih dahulu dan setelah itu bisa masuk ke pengetahuan detail atau dedaunannya.

Mungkin saat belajar akan terasa lambat tapi tetap batang pohon yang kokoh harus dibentuk supaya anda mempunyai prinsip dasar yang bisa mendukung pembelajaran tambahan.

Sambung ranting pengetahuan


Inilah alasan kenapa Elon Musk bisa menjangkau semua sektor usaha yang dia garap, dia mulai dari batang yang kokoh dan saat ingin memperluas pengetahuan maka dia menghubungkan cabang dan daun ke pohon tersebut atau disebut dengan detail pengetahuan.

Musk tidak pernah mempelajari sepotong informasi secara acak, dia selalu menghubungkan semua hal yang dipelajari ke pondasi pengetahuan yang lebih kuat dan kokoh. Kebanyakan orang bukan menghubungkan pengetahuan tapi mengumpulkan pengetahuan, kita berjalan dalam hidup sambil mengumpulkan berbagai macam informasi yang tidak berguna dan akhirnya menjadi beban yang menghambat hidup kita.

Elon Musk menanam pohon di tanah yang subur dan tumbuh menjadi pusat pembelajaran yang lebat dan berlimpah, anda juga bisa seperti dia asalkan mampu memahami 2 aturan belajar tadi yaitu membangun pohon pengetahuan dan terus belajar tanpa henti lalu sambung ranting pengetahuan supaya anda bisa mendapatkan gagasan atau pemikiran baru.


Get notifications from this blog