Bagaimana Cara Keluar Dari Kemiskinan ?

Cara Keluar Dari Kemiskinan


Cara mengatasi kemiskinan


Miskin adalah keadaan hidup dimana terjadi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti kesehatan, pendidikan, rumah, makanan dan pakaian. Keadaan miskin bisa terjadi karena alat kebutuhan dasar yang langka dan akses pendidikan dan pekerjaan yang sulit.


Miskin adalah hasil dari pikiran kita yang membuat diri kita terjebak dalam pola pikir yang tidak memberdayakan, pola pikir yang membuat diri kita lemah dan terus pasrah pada keadaan. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan solusi cara keluar dari kemiskinan.


Anda tidak bisa keluar dari kemiskinan dalam waktu yang singkat, untuk keluar dari zona kemiskinan membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, keyakinan penuh, strategi yang benar dan konsistensi. Ada 7 cara untuk keluar dari kemiskinan.


1. Belajar skill baru


Saat resolusi tahun baru, kebanyakan orang menginginkan barang baru seperti ingin punya mobil baru, smartphone baru, rumah baru dan lain - lain. Kita lebih menginginkan sesuatu dalam bentuk barang daripada skill, padahal seharusnya setiap tahun kita harus punya skill baru supaya tidak ketinggalan zaman.


Untuk menguasai skill baru perlu sebuah usaha keras dan waktu, tidak bisa dipercepat dan tidak bisa dipermudah. Skill dan pendapatan selalu berbanding lurus, jadi supaya penghasilan anda meningkat maka anda harus belajar skill baru setiap tahun.


2. Mengubah kosa kata


Setiap kata adalah doa, untuk keluar dari kemiskinan maka anda harus menghapus kosa kata miskin dalam hidup. Miskin adalah kata - kata yang sering diucapkan sehingga membuat diri kita menjadi tidak berdaya dan selalu pasrah dengan keadaan.


Selain miskin, anda juga harus menghapus kosa kata masalah, tidak bisa dan tidak punya uang dalam hidup anda. Jika ada suatu masalah maka jangan terlalu fokus pada masalah tapi cari solusi yang tepat.


Jika anda diberi sebuah pekerjaan maka jangan jawab tidak bisa dan jangan sering mengucapkan "tidak ada uang" karena kata itu bisa memprogram hidup anda untuk selalu kehabisan uang.


Anda harus memperhatikan kata - kata kita setiap hari karena itu merupakan manifestasi kecil dari pikiran anda, jika sudah bermanifestasi maka cepat atau lambat akan mengalaminya. Hal buruk akan terjadi jika kata - kata yang bermanifestasi itu adalah kata negatif seperti miskin, masalah, tidak ada uang, tidak bisa dan lain lain.


3. Berhenti dari hutang buruk


Hutang buruk adalah hutang yang digunakan untuk membeli hal - hal yang sebenarnya tidak penting seperti membeli mobil baru, smartphone baru, rumah baru dan lainnya. Jika anda mempunyai kebiasaan hutang buruk maka hentikan dan mulai membeli aset supaya anda bisa keluar dari jurang kemiskinan.


4. Bergaul dengan orang sukses


Orang sukses disini adalah orang yang mempunyai mindset pemenang, seorang pemenang walaupun ditimpa masalah sebesar apapun dia tetaplah pemenang. Jika anda ingin menjadi pemenang atau orang sukses maka anda harus bergaul dengan para pemenang.

Kemiskinan itu ibaratkan sebuah virus jahat yang bisa menular ke siapa saja, miskin bisa menular ke orang lain melalui cara berpikir, cara bertindak dan cara memandang keadaan. Oleh karena itu, carilah komunitas yang positif yang bisa membuat anda menjadi seorang pemenang.


5. Sisihkan pendapatan


Ketika orang miskin punya uang banyak maka mereka akan membelanjakan semua uang itu sampai habis tak tersisa, mereka akan memuaskan hasrat belanja yang sudah lama terbendung. Kita harus belajar dari kaum terkaya di dunia, mereka  mengajarkan pendidikan keuangan sejak kecil.


Teori pendidikan keuangan yang paling terkenal adalah toples keuangan, teori ini membagi pendapatan ke 5 toples kecil yaitu 10% untuk persembahan kepada Tuhan, 10% untuk beramal, 10% untuk tabungan, 20% untuk investasi dan 50% untuk kebutuhan sehari-hari.


Baca juga : skill bisnis yang harus anda punya sebagai seorang entrepreneur


Kebanyakan orang tidak pernah belajar pendidikan keuangan sejak kecil dan tidak pernah mengajarkan pendidikan keuangan pada anak - anak, jika kita tidak mengajarkan pendidikan keuangan pada anak kita maka secara tidak sadar kita sudah memprogram mereka untuk hidup miskin.


Miskin tidak ada hubungannya dengan jumlah uang yang kita miliki, kaya atau miskinnya seseorang itu tergantung dari mindset yang dia bentuk selama hidup.


6. Mempunyai rencana dan impian


Untuk keluar dari zona kemiskinan, anda harus berani melangkah dan jangan asal melangkah namun anda harus mempunyai rencana dan tujuan supaya langkah yang diambil akan lebih terarah.


7. Action


Orang kaya bukanlah orang yang sekedar bermimpi saja tapi mereka adalah orang yang sering take action meskipun langkah yang diambil menghasilkan kegagalan. Orang berhasil adalah orang yang berani bertindak sementara orang miskin adalah orang yang takut bertindak dan hanya menunggu.

Posting Komentar

0 Komentar