9 Hal yang Bisa Didapatkan Dari Sebuah Penyesalan

Hal yang Bisa Anda Dapatkan Dari Sebuah Penyesalan


Sisi positif dari penyesalan


Penyesalan adalah sesuatu yang wajar karena semua orang pasti pernah merasakannya. Kita semua pasti pernah menyesali kegagalan, keputusan yang salah dan kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu.


Perasaan menyesal sering dikaitkan dengan sesuatu yang negatif tapi sebenarnya menyesali suatu hal tidak selamanya buruk, justru rasa menyesal bisa menjadi kekuatan untuk mengubah diri kita supaya berjalan di arah yang benar.


Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa hal yang bisa didapatkan dari sebuah penyesalan.


1. Meminimalisir kegagalan


Banyak orang bilang bahwa kegagalan adalah proses awal sebuah keberhasilan, saat kita mengalami kegagalan di masa lalu dan menyesalinya, kita menjadikan rasa penyesalan itu menjadi sebuah evaluasi memperbaiki diri, tidak mengulangi hal yang sama dan melihat kesalahan yang dilakukan. Perasaan kegagalan itu akan mencegah kita terjatuh di lubang yang sama.


2. Mencapai kematangan emosional


Ketika kita mengusahakan sesuatu, beberapa usaha itu pasti tidak sesuai dengan ekspektasi yang dipikirkan. Pada saat itulah kita akan merasa menyesal dan kecewa, tanpa sadar kita pun mengeluarkan kata - kata penyesalan sebagai respon atas penyesalan tersebut.


Semua orang harus merasakan pahitnya kehidupan, setiap orang pasti pernah kecewa dan menyesal. Tapi langkah yang harus diambil adalah diam sejenak, lihat kembali pengalaman kita dalam hidup, terima perasaan kecewa dan belajar dari penyesalan supaya bisa mencapai level baru dalam kematangan emosional.


Sebuah penyesalan membuat kita belajar untuk lebih matang dalam mengambil keputusan, tidak terburu-buru dan menghargai waktu yang kita punya.


3. Membuat hidup semakin berwarna


Kita butuh kehidupan yang lebih berwarna, lebih bahagia dan lebih terarah. Untuk mencapai hal itu membutuhkan berbagai macam pengalaman termasuk pengalaman negatif seperti penyesalan, kesedihan, kecewa dan kemarahan.


Baca juga : perbedaan orang pintar dan orang cerdas yang harus anda ketahui


Pengalaman - pengalaman tersebut membuat hidup kita menjadi lebih berwarna, tanpa pengalaman itu mungkin hidup kita terlihat datar, monoton dan membosankan.


4. Mengenal diri sendiri


Secara umum, penyesalan membuat kita lebih mengenal diri sendiri secara lebih dalam. Ketika kita merasa menyesal, kita akan menyadari hal - hal yang sebelumnya tidak diketahui. Kita akan menyadari banyak hal melalui penyesalan seperti kemampuan, ketakutan, kelebihan dan kekurangan.


Sadar dengan hal - hal tidak diketahui sebelumnya membuat kita bisa meningkatkan pengetahuan tentang diri sendiri dan kita bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita. Ketika kita mengetahui potensi yang ada dalam diri maka kita akan lebih mencintai diri sendiri.


5. Mendapatkan sudut pandang baru


Hal yang bisa anda dapat dari Penyesalan


Perasaan menyesal yang kita rasakan setelah mengalami sebuah kegagalan atau kesalahan membuat kita membuka sudut pandang baru, kita tidak hanya melihat dari satu sisi dan kita menyadari bahwa ada banyak sisi yang bisa kita lihat dari sebuah permasalahan.


Dengan mendapatkan sudut pandang baru, kita lebih mudah dalam mengambil keputusan dan lebih berhati-hati dalam mempertimbangkan semua sudut pandang yang ada sehingga keputusan yang kita ambil di masa depan sudah melalui proses pemikiran yang panjang.


6. Mengetahui apa yang diinginkan


Kita sering menjalankan aktivitas yang tidak direncanakan sebelumnya, saat melakukan hal itu kita tidak memikirkan tujuan melakukan hal tersebut. Kehidupan hanya mengalir bagaikan air, tanpa tujuan, tanpa impian dan tanpa alasan yang jelas.


Baca juga : kebiasaan kecil yang bisa mengubah hidupmu


Hal itu terkadang membawa kita ke sebuah kesalahan membuat diri sendiri menyesal dan lewat rada penyesalan itu kita bisa belajar untuk mendapatkan pemahaman diri dan perspektif baru tentang apa yang benar - benar diinginkan.


7. Membangun karakter


Rasa menyesal yang muncul telah menguatkan karakter kita karena pribadi seseorang terbentuk di titik paling bawah dalam hidup, saat mengalami berbagai macam kesulitan dan masalah, kita akan belajar merefleksikan diri, melihat masa lalu kehidupan dan dari pelajaran itu kita akan memperbaiki diri dan mulai menentukan langkah terbaik.


8. Belajar memaafkan diri sendiri


Ketika kita membuat keputusan yang hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, biasanya kita menyalahkan diri sendiri padahal menyalahkan diri sendiri hanya akan menambah masalah. Kita sudah menanggung konsekuensi dari kegagalan tapi kita malah menambah beban dengan terus menerus menyalahkan diri sendiri.


Perasaan menyesal akan melatih kita untuk memaafkan diri sendiri karena kita teringat bahwa manusia tidak ada yang sempurna, kesalahan adalah hal yang wajar dan semua orang pernah mengalami kesalahan, kita akan mudah menerima kekurangan diri sendiri, teman, sahabat dan lainnya.


Kita menjadi lebih ringan dalam menjalani hidup, tidak mudah marah dan mulai menghargai karya dan usaha orang lain.


9. Lebih baik mencoba lalu gagal


Banyak penyesalan bermula dari kegagalan saat mencoba sesuatu yang baru, saat menyesal biasanya mengatakan "seandainya aku tidak melakukan hal itu" dan rasa sakit pada fisik serta emosional yang membuat kita tambah terpuruk.


Tidak ada yang salah dari sebuah kegagalan, kita membenci kegagalan karena takut gagal tapi sebenarnya rasa takut gagal itu lebih buruk daripada gagal itu sendiri. Kegagalan bisa diatasi selama kita mau untuk mengatasinya tapi perasaan takut gagal sulit untuk dihilangkan.

Posting Komentar

0 Komentar