Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu

Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu


Kebiasaan yang mengubah hidup


Hasil hidup anda sekarang adalah hasil dari kebiasaan anda sehari-hari, mungkin anda mempunyai target menurunkan berat badan, menambah penghasilan atau menambah tinggi badan. Untuk mencapai target itu, anda harus mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang dapat menghasilkan target tersebut.


Kamar anda selalu berantakan dan anda membuat goal untuk membersihkan kamar maka dalam waktu 1 jam saja kamar anda langsung rapi. Tapi, setelah beberapa hari kemudian kamar anda berantakan lagi dan anda tidak pernah berpikir bagaimana kamar anda bisa terus berantakan.


Terkadang kita menginginkan sebuah perubahan drastis supaya hidup menjadi lebih baik padahal perubahan drastis itu bisa terwujud melalui perubahan kecil yang dilakukan secara terus menerus sampai menjadi sebuah kebiasaan.


Kebiasaan 1%


1% adalah angka yang kecil dan selalu dipandang rendah tapi satu persen adalah angka yang signifikan jika dilipatgandakan terus menerus, bila anda 1% menjadi lebih baik setiap hari selama 1 tahun maka anda lebih baik 37% dari sebelumnya dan sebaliknya jika anda 1% lebih buruk setiap hari maka anda akan kembali ke titik nol.


Terkadang kita selalu meremehkan kebiasaan kecil dan mendulang hasil kebiasaan itu di kemudian hari, misalnya anda ingin mempunyai badan sixpack lalu anda berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat maka anda tidak akan melihat hasilnya sekarang.


Begitu juga dengan kebiasaan buruk, anda sering mengonsumsi junk food, gorengan atau minuman bersoda, dampaknya tidak akan terlihat sekarang tapi beberapa tahun ke depan. Hasil yang anda dapatkan baik atau buruk tergantung dari kumpulan 1% yang anda lakukan setiap hari.


Kepuasan instan dan kepuasan nanti


Kepuasan instan dan kepuasan nanti


Semua manusia menginginkan kepuasan instan, lapar tinggal makan, haus tinggal minum dan kepuasan ini sudah ada dari nenek moyang kita. Tapi, zaman sudah berubah dan kepuasan nanti menjadi lebih penting, kita harus menahan nafsu saat ini demi mendapatkan hasil besar di kemudian hari.


Anda sering merokok dan mengonsumsi makanan berminyak maka dalam 10 tahun dari sekarang anda akan merasakan dampak kebiasaan buruk itu atau anda sering berolahraga setiap hari selama satu tahun maka anda akan mendapatkan badan yang sehat dan sixpack. Itu adalah beberapa contoh dari kepuasan nanti.


Jangan fokus ke goal tapi pentingkan sistem

Ada beberapa masalah jika seseorang fokus pada goal saja :


• antara yang menang dan yang kalah mempunyai goal yang sama, semua atlet atau peserta ingin menjadi nomor 1 dan hal ini membuat batasan pada tingkat kebahagiaan, jika anda menang maka anda bahagia tapi jika anda kalah maka anda akan sedih dan kecewa padahal kenyataannya anda sudah lebih baik dari sebelumnya.


Baca juga : cara mengenali diri sendiri dengan mudah


• fokus pada goal akan membuat hasil yang sementara, misalnya anda ingin menurunkan berat badan 10 KG dalam 1 bulan lalu anda melakukan diet kekinian dan berhasil menurunkan 10 KG, tapi beberapa bulan kemudian berat badan anda naik lagi karena anda fokus pada goal menurunkan berat badan tanpa merubah kebiasaan buruk yang menambah berat badan anda.


Tujuan membuat goal adalah untuk memenangkan permainan sementara tujuan membuat sistem adalah untuk terus menerus memainkan permainannya.


Hukum membentuk kebiasaan


Ada 4 proses untuk membentuk sebuah kebiasaan :


  • penanda, anda melihat sesuatu sehingga anda menginginkannya.
  • gairah, anda sangat menginginkan hal itu dan tidak bisa menahannya.
  • reaksi, anda pun mengambil sesuatu yang anda inginkan tersebut.
  • upah, anda mendapatkan kepuasan dari sesuatu yang sudah anda dapatkan.


Cara membentuk kebiasaan baik


Untuk membentuk sebuah kebiasaan baik atau mengubah kebiasaan buruk menjadi baik, anda harus menggunakan hukum membentuk kebiasaan.


• siklus penanda, buatlah hal baik selalu terlihat dan buat hal buruk tidak terlihat di sekitar anda. Contoh, anda ingin berhenti merokok dan rutin mengonsumsi air putih maka hilangkan rokok di sekitar anda dan buat air putih terlihat jelas di sekitar anda.


• siklus gairah, buatlah hal baik terlihat menarik dan buat hal buruk tidak menarik sehingga anda menjauhinya, contoh dengan minum air putih maka anda akan lebih sehat serta kuat dan ingatlah  bahwa merokok bisa merusak paru - paru sehingga anda bisa menjauhi atau mengurangi konsumsi rokok.


• siklus reaksi, buatlah hal baik mudah dilakukan dan buat hal buruk sulit dilakukan. Contoh, taruh air putih di tempat yang mudah dijangkau dan taruh rokok dan korek di tempat yang sulit dijangkau.


Baca juga : cara agar terus termotivasi (cara kerja motivasi)


• siklus upah, buat hal baik terasa memuaskan dan buat hal buruk terasa tidak puas. Contoh, membuat jurnal dimana anda mengonsumsi air putih 8 gelas setiap hari dan untuk hal buruk anda harus mengetahui bahwa merokok tidak ada manfaatnya untuk tubuh dan hanya akan merusaknya saja.

Posting Komentar

0 Komentar