Begini Cara Agar Terus Termotivasi ( Memahami Cara Kerja Motivasi)

Begini Cara Agar Terus Termotivasi


Cara agar terus termotivasi


Banyak orang yang merasa malas mengerjakan suatu kewajiban sehingga mereka selalu menunda - nunda pekerjaan yang harus mereka selesaikan. Semakin sering anda menunda - nunda maka semakin malas juga mengerjakan pekerjaan tersebut dan akhirnya tidak selesai sampai kapan pun.


Terkadang kita merasa diri kita tidak termotivasi untuk mengerjakan hal tersebut. Di sisi lain ada orang yang selalu produktif mulai dari mengerjakan tugas, olahraga, berbisnis, membuat konten dan lain sebagainya.


Sementara beberapa orang dari kita merasa malas mengerjakan suatu kewajiban dan saat ingin mengerjakan kewajiban tersebut rasanya sangat berat, padahal sebenarnya kewajiban itu tidak seberat yang dipikirkan.


Motivasi adalah sumber dari kesuksesan dan motivasi itu akan datang tergantung dari mindset yang anda miliki, tidak selamanya motivasi menentukan kesuksesan seseorang. Motivasi saja tidak cukup untuk meraih sebuah kesuksesan dan anda juga harus mengartikan motivasi dengan benar supaya diri anda bisa terus termotivasi.


Memahami cara kerja motivasi


Cara mendapatkan motivasi


Banyak orang berpikir bahwa motivasi adalah sumber dari segala tindakan termasuk kesuksesan, orang yang mempunyai motivasi yang kuat untuk belajar pasti dia akan menjadi pintar karena belajar diiringi dengan motivasi yang kuat.


Semua tindakan yang sempurna seakan - akan berhubungan dengan motivasi yang ada dalam diri kita padahal tidak ada hubungannya sama sekali, motivasi pada dasarnya tidak menentu atau naik turun. Tidak selamanya seseorang hidup dengan motivasi pasti ada saatnya dia akan kehilangan motivasi.


Hal penting yang harus anda ketahui adalah motivasi tidak selalu menjadi penyebab dari suatu tindakan dan motivasi bisa didapatkan setelah melakukan suatu tindakan. Jadi, tidak hanya motivasi yang menghasilkan tindakan, suatu tindakan yang anda lakukan juga bisa menghasilkan sebuah motivasi.


Mindset inilah yang harus anda bentuk supaya anda menjadi orang yang produktif dan terus termotivasi. Motivasi tidak termasuk faktor yang membuat seseorang melakukan sesuatu tapi sebuah motivasi akan muncul setelah seseorang melakukan sesuatu. Inilah arti motivasi yang sebenarnya dan harus diketahui banyak orang.


Motivasi akan muncul tanpa sadar saat mengerjakan sesuatu dan memberikan anda energi supaya terus berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pada saat anda konsisten berusaha maka akan ada sebuah kemajuan yang bisa menghasilkan motivasi untuk diri anda.


Pada dasarnya, setiap manusia mempunyai kemampuan untuk menghasilkan motivasi untuk diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda bisa menggunakan 5 minute rule atau hukum 5 menit, konsep ini mempunyai ide utama yaitu saat anda mempunyai sebuah pekerjaan dan hanya membutuhkan 5 menit untuk menyelesaikannya maka kerjakan.


Saat anda ingin menunda - nunda pekerjaan maka katakan pada diri anda "kerjain aja dulu" dan setelah itu lakukan pekerjaan lain. Disini anda sebenarnya sedang menipu otak supaya mempunyai keinginan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.


Baca juga : Perbedaan orang cerdas dan orang pintar yang harus anda ketahui


Masalah utama menunda-nunda adalah sulit untuk memulai, setelah anda mulai mengerjakan sesuatu dan berhasil mengalahkan kemalasan anda maka hasilnya akan perfect. Intinya kerjakan secara perlahan mulai dari 5 menit, baca buku 5 menit, mengerjakan PR 5 menit, membuat konten 5 menit dan lain - lain.


Motivasi saja tidak cukup untuk meraih sebuah kesuksesan dan setiap motivasi tidak selalu menghasilkan kesuksesan. Jadi, tergantung bagaimana anda memahami motivasi yang ada dalam diri anda.


Bagaimana jika sudah mengerjakan sesuatu tapi tetap tidak termotivasi walaupun sudah dipaksakan tapi tetap saja tidak ada motivasi. Pasti ada hal lain yang membuat motivasi anda tidak muncul seperti kurang tidur, minat, bakat, melakukan pekerjaan yang dibenci dan lain sebagainya.


Hal yang menjadi kelemahan setiap orang adalah tentang self knowledge karena banyak orang yang tidak belajar tentang motivasi di sekolah sehingga orang - orang tidak siap menghadapi masalah tentang motivasi dan niat melakukan sesuatu.

Posting Komentar

0 Komentar