Inilah Perbedaan Orang Pintar dan Orang Cerdas yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Orang Pintar dan Orang Cerdas


Orang pintar dan orang cerdas



Banyak orang mengatakan bahwa pintar dan cerdas itu sama padahal kenyataannya sangat berbeda, orang pintar adalah orang yang pandai sedangkan orang cerdas adalah orang yang cerdik dan cermat dalam melihat sesuatu.

Di dalam kecerdasan ada kepintaran tapi di dalam kepintaran tidak ada kecerdasan, dari sini kita tahu bahwa orang cerdas sudah pasti pintar sedangkan orang pintar belum tentu cerdas.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu beberapa perbedaan antara orang pintar dan orang cerdas.

1. Pintar diperoleh sesudah lahir sementara cerdas diperoleh sebelum tidur


Untuk menjadi orang pintar membutuhkan proses dan tahapan, orang tersebut harus mempelajari suatu hal secara serius dalam jangka waktu tertentu sehingga dia mengetahui semua hal yang dipelajari.

Selain itu, orang pintar hanya bisa menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang dia ketahui, jika menurut teori berkata "A" maka dia akan menjawab "A". Semua orang di dunia ini berpotensi menjadi pintar dengan syarat mereka harus berusaha dan belajar dengan tekun sampai benar - benar menguasai ilmu yang dipelajari.

Berbeda dengan pintar yang membutuhkan proses, cerdas sudah diperoleh sejak lahir dan merupakan anugerah bawaan dari lahir, cerdas tidak bisa dicari dan tidak membutuhkan proses. Oleh karena itu, orang cerdas selalu berimprovisasi dan lebih kreatif dalam melakukan sesuatu.

Kemampuan berpikir orang cerdas sangatlah cepat sehingga dia lebih mudah memahami, mengerti dan menangkap maksud dari sebuah keadaan. Biasanya orang cerdas terlihat lebih santai tapi santai disini bukan berarti negatif.

Orang cerdas tahu kapan waktunya untuk serius dan waktu untuk santai karena orang cerdas adalah orang yang fleksibel, mereka lebih mengandalkan pikiran kritis dan pengalaman. Secara emosional, orang cerdas cenderung lebih stabil emosinya daripada orang pintar.

2. Orang pintar mengandalkan pengetahuan sedangkan orang cerdas mengandalkan logika


Kepintaran selalu dikaitkan dengan prestasi akademik karena memang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, orang pintar hanya bisa menjawab hal - hal yang mereka pelajari, hafalan dan rumus - rumus.


Berbeda dengan orang cerdas yang mengandalkan logika, orang cerdas menggunakan ilmu pengetahuan sebagai pendukung saja sehingga mereka tidak hanya menguasai satu bidang saja tetapi juga mempelajari bidang lainnya.

3. Orang pintar lebih disiplin sementara orang cerdas lebih kreatif

Perbedaan cerdas dan pintar



Orang pintar akan menyelesaikan masalah menggunakan ilmu yang dia ketahui sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sedangkan orang cerdas akan berpikir kreatif dan melakukan suatu hal selama itu masih mungkin dicapai.

Orang cerdas selalu mengandalkan logika sehingga mereka bisa menemukan solusi dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

4. Orang pintar berpikir panjang sementara orang cerdas berpikir pendek


Orang pintar sering berpikir panjang dan memperhitungkan segalanya secara detail dan teratur sehingga mereka bisa mengetahui besarnya resiko, kemungkinan keberhasilan dan banyaknya pengorbanan.

Sementara orang cerdas selalu berpikir pendek, mereka berpikir sedikit dan banyak bertindak sehingga mereka selalu melakukan hal yang dianggap masih mungkin untuk dicapai. Mereka akan menyelesaikan sebuah permasalahan walaupun tingkat keberhasilannya kecil.

5. Orang pintar selalu berpikir sementara orang cerdas selalu berusaha


Saat orang cerdas mengalami kegagalan, dia akan berpikir bagaimana caranya bangkit dari kegagalan sedangkan orang cerdas selalu berusaha untuk bangkit dari kegagalan sehingga dia lebih cepat bangkit dari kegagalan daripada orang pintar yang kebanyakan berpikir.

Orang cerdas lebih cepat bangkit karena mereka selalu bertindak dan sedikit berpikir sehingga mereka menganggap bahwa berpikir untuk bangkit hanya membuang-buang waktu.

Itulah beberapa perbedaan orang pintar dan orang cerdas yang harus anda ketahui, anda termasuk yang mana orang pintar atau cerdas, tulis di kolom komentar ya ^_^.

Posting Komentar

0 Komentar