Cara Mudah Mengenali Diri Sendiri

Mengenali Diri Sendiri


Cara kenal diri sendiri



Banyaknya hal yang terjadi dalam hidup kita tidak membuat kita mengenali diri sendiri, perkembangan dunia yang cepat dan adanya sosial media membuat kita sering melihat dunia luar dan melupakan siapa diri kita sebenarnya.

Mengenal diri sendiri adalah hal penting yang harus anda lakukan, mengenal diri adalah hal mendasar yang harus anda lakukan secara terus menerus dalam hidup. Dengan mengenal diri sendiri, anda bisa mengetahui kepribadian diri sendiri, mengetahui hal yang disukai dan tidak disukai dan mengetahui kekuatan diri sendiri saat menghadapi sebuah masalah.

Setelah anda mengetahui siapa diri anda maka anda akan lebih mudah menerima diri anda yang sebenarnya. Selain itu, mengenal diri sendiri membuat anda tidak iri dengan pencapaian - pencapaian orang lain karena anda sudah tahu bahwa setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Anda juga paham dengan karakteristik diri sendiri dan berpikir bahwa setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda. Pada akhirnya anda menjadi orang yang lebih bahagia dan selalu bersyukur.

Ada beberapa hal yang akan terjadi jika anda tidak mengenal diri sendiri :

• lebih rentan saat menghadapi masalah
• hati menjadi bergejolak
• emosi tidak tabil

Misalnya, teman - teman anda sudah mempunyai pacar sementara anda masih jomblo, anda pun bertekad untuk mencari pasangan supaya tidak kalah dari teman - teman anda. Lalu anda pun mendapatkan pasangan, memang awalnya terlihat menyenangkan tapi lama kelamaan anda pun bete dan menjadi orang yang terikat.

Andaikan anda sudah mengenal diri sendiri saat itu pasti anda tidak perlu mencari pasangan, anda akan fokus ke karir, bisnis, pendidikan dan lain - lain. Kesalahan - kesalahan yang terjadi dalam hidup bisa kita hindari dengan mengenal diri sendiri.

Mulai mengenal diri sendiri

Cara mengetahui diri kita



Hal yang harus anda lakukan untuk mengenali diri sendiri adalah diam sejenak dan lakukan perjalanan ke dalam hati anda, kenali diri mulai dari hal kecil seperti hobi, makanan kesukaan, buku favorit, tujuan atau cita-cita dan lain sebagainya. Poin penting saat melakukan perjalanan ke dalam diri sendiri adalah harus menerima dan jujur terhadap diri sendiri.


Anda harus terima bahwa ada satu sisi yang paling anda benci dan ingin mengubahnya tapi belum bisa dilakukan dan anda harus menerima sisi positif yang selama ini sering diabaikan. Jadi, anda harus menerima segala hal saat anda menyelam ke dalam hati anda.

Hal paling esensial yang harus anda ketahui adalah :

• Kepribadian atau personality

Anda harus tahu seperti apa kepribadian anda terutama saat sendiri, bersama keluarga, bersama teman dan saat berada di kerumunan orang asing. Misalnya, anda orang yang pendiam saat di rumah dan bersama keluarga tapi saat bersama teman anda menjadi orang yang sangat aktif.

• Kelebihan dan kekurangan

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan saat melamar kerja, mengikuti komunitas atau organisasi dan lainnya. Dengan mengetahui kelebihan diri sendiri maka anda akan paham dengan keahlian anda dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Dengan mengetahui kekurangan diri sendiri, anda akan tahu hal apa saja yang harus dibenahi dalam diri anda dan bagaimana cara untuk membenahi kekurangan tersebut.

• Nilai utama yang anda anut

Anda harus tahu nilai dan prinsip yang anda anut karena hal ini yang paling berdampak saat Anda mengambil sebuah keputusan, menyelesaikan konflik, berkomunikasi dengan orang lain dan lain sebagainya.

Hal yang harus anda lakukan adalah menulis semua value dan memilih value yang dekat dengan hati anda.

• Keadaan tubuh anda

Anda harus tahu seberapa kuat fisik anda saat ini, apa saja hal yang membuat anda lelah dan jatuh sakit. Anda juga harus memenuhi semua kebutuhan tubuh seperti vitamin, mineral dan nutrisi, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin supaya tubuh anda bisa tetap sehat dan tidak gampang sakit.

• Tujuan hidup dan cita - cita

Dunia ini sifatnya sementara, anda tidak akan hidup selamanya di dunia. Jadi anda harus mempunyai tujuan hidup supaya hidup menjadi lebih berwarna, sekarang anda pikirkan hal apa yang benar - benar ingin Anda capai dalam hidup ini.

Dengan mengetahui tujuan hidup maka anda bisa mengetahui hal apa saja yang perlu diprioritaskan dan yang tidak, untuk mencapai tujuan hidup dibutuhkan sebuah perencanaan dan konsistensi.

Penutup


Mengenal diri sendiri harus dilakukan secara terus menerus karena setiap hari pengalaman akan bertambah dan dunia semakin maju, hal itu akan membentuk diri anda menjadi orang dengan kepribadian baru.

Sediakanlah waktu sekitar 15 menit setiap hari untuk mengetahui siapa anda sebenarnya dan mengenal diri sendiri juga akan memudahkan anda dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar