8 Skill Bisnis yang harus Anda Punya sebagai Seorang Entrepreneur

Skill Bisnis Seorang Entrepreneur


Skill bisnis yang harus anda punya



Wirausaha tidak sekedar berusaha sendiri, cari uang sendiri dan berdagang sendiri. Wirausaha tidak sekedar buka toko dan buka depot, tantangan untuk entrepreneur adalah bagaimana untuk melakukan scale-up dari 1 toko menjadi 10 toko, meminimalisir fraud dan melakukan negosiasi supaya bisa mendapatkan harga murah dari supplier.

Pelajaran tentang entrepreneur di sekolah atau kuliah masih sangat minim, kalau anda ingin menjadi entrepreneur yang handal maka anda harus mulai belajar hal - hal yang tidak diajarkan di sekolah. Seorang entrepreneur tidak hanya memikirkan bisnis, tapi harus mengembangkan skill yang dia punya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu skill bisnis yang harus anda punya sebagai seorang entrepreneur.

1. Composer


Seorang entrepreneur harus menguasai berbagai macam skill, tidak harus hebat tapi setidaknya tahu bagaimana cara kerjanya. Orang bisa menjadi sukses karena mempunyai berbagai mac skill lalu digabungkan menjadi satu dan full utilized dengan skill itu. 

2. Monetizer


Monetizer adalah kemampuan untuk mengubah skill menjadi big business, kemampuan ini tidak diajarkan di sekolah atau kuliah manapun. Anda harus mempunyai kemampuan untuk me-monetize skill yang ada dan memaksimalkan segala yang ada untuk menghasilkan uang.

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa menjadi karyawan adalah cara paling tepat untuk me-monetize skill padahal itu adalah cara yang lambat dan tidak efektif untuk menghasilkan uang dari skill yang anda miliki.

3. Pioneer dan well executor


Boeing 787 adalah pesawat pertama yang menggunakan baterai, Tesla adalah mobil dengan full tenaga listrik pertama yang diproduksi secara massal. Anda bisa mengambil ide dari perusahaan lain tapi harus dengan eksekusi yang lebih baik dari mereka.

Anda bisa belajar dari beberapa perusahaan seperti Apple yang membuat iPad dengan mengambil ide dari Microsoft yang lebih dulu membuatnya pada tahun 2000, Google mempunyai fitur pencarian yang lebih baik dan well executed sehingga mampu menggeser pasar search engine yang saat itu dikuasai Yahoo dan netscape.

4. Systemizer

Skill bisnis seorang entrepreneur



Anda harus mempunyai sebuah kemampuan untuk mengubah bisnis kecil menjadi bisnis besar dan banyak, misalnya mengubah bisnis dari 1 toko menjadi 10 toko, dari 10 toko menjadi 100 toko dan seterusnya.

Kemampuan mengubah atau melakukan scale-up bisnis bisa dilakukan melalui sebuah sistem atau model bisnis. Jika seseorang mempunyai sebuah produk yang bagus tapi tidak bisa melakukan scale-up maka yang salah bukan pada sistemnya tapi ada pada entrepreneurnya.

Seorang fotografer mempunyai skill yang hebat dalam fotografi tapi dia belum tentu mempunyai skill bisnis yang hebat juga, padahal cara untuk melakukan scale-up diperlukan skill entrepreneurship.

5. Problem Solver


Bagi seorang entrepreneur, sebuah masalah adalah kabar baik karena masalah itu bisa diubah menjadi ide bisnis yang bisa menghasilkan uang yang banyak. Seorang entrepreneur harus bisa memecahkan masalah orang lain atau lingkungan sekitar.

Anda harus bisa mengubah sebuah masalah menjadi sebuah peluang supaya orang-orang sukarela memberikan uang kepada anda karena mempunyai produk atau jasa yang bisa mengatasi masalah banyak orang.


Anda bisa belajar dari Gojek, Grab dan Uber yang sukses memecahkan masalah banyak orang seperti tarif taksi yang tidak terkontrol, posisi driver yang tidak bisa diketahui, sulit mencari transportasi dan lain sebagainya.

Jika anda sukses memecahkan masalah banyak orang dan mengubahnya menjadi ide bisnis maka anda akan auto kaya.

6. Team Builder


Tidak ada pekerjaan besar yang bisa diselesaikan seorang diri, sebuah pekerjaan besar bisa diselesaikan melalui kerja sama tim. Seorang entrepreneur adalah seorang pemimpin yang harus mengarahkan seluruh anggota tim untuk fokus pada satu misi.

Bagaimana cara membangun sebuah tim bisnis, bisa dilihat disini.

Kualitas seorang entrepreneur bisa dilihat dari budaya kerja dan kemampuan setiap anggota tim, seorang entrepreneur harus bisa melihat potensi dari setiap anggota tim dan menempatkan anggota secara baik dan benar.

7. Funder


Seorang entrepreneur harus mempunyai kemampuan untuk mencari cara kreatif mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnis yang ada, cara kreatif yang dilakukan harus legal dan tanpa hutang. Jika terpaksa berhutang maka anda harus mencari cara supaya bisa mendapatkan bunga serendah mungkin.

8. Critical Thinker


Berpikir kritis adalah skill yang jarang dimiliki oleh banyak orang, skill ini bisa anda gunakan untuk mempertanyakan segala sesuatu dalam bisnis dan mencari jawaban sendiri yang sesuai dengan masalah yang ada.

Critical thinking dibutuhkan seorang entrepreneur supaya tidak mudah ditipu oleh orang lain dan supaya kita mempunyai kebiasaan berpikir sebelum bertindak, skill ini jarang dimiliki orang karena kebanyakan orang tidak mempunyai rasa penasaran dan ingin tahu.

Posting Komentar

0 Komentar