Cara Memilih Jenis Pekerjaan yang Cocok

Memilih Jenis Pekerjaan yang Cocok


Cara menentukan pekerjaan


Semau manusia harus mempunyai pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sandang, pangan dan papan. Tapi, kebanyakan orang tidak menyukai pekerjaannya sehingga mereka malas atau merasa tidak semangat saat bekerja.


Orang yang tidak suka dengan pekerjaannya selalu merasa bahwa pekerjaan tersebut tidak membuatnya puas, hal ini terjadi karena orang itu memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadiannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara memilih pekerjaan yang cocok menggunakan tes riasec, simak dibawah ini.


Tes RIASEC


Tes riasec
Sumber : sandiego.edu


Tes riasec dikembangkan oleh psikolog Amerika yang bernama John L. Holland, dia pada waktu itu bekerja sebagai pewawancara calon tentara Amerika Serikat. Pada awal tahun 1950-an, Dr. Holland mengemukakan bahwa keputusan atas pemilihan karier bisa lebih terarah apabila seseorang paham mengenai preferensi pekerjaan ideal yang dia miliki.


Dr. Holland berpendapat bahwa cara terbaik untuk mencari area karir atau pekerjaan yang cocok adalah dengan cara analisis pekerjaan lalu mengaitkannya dengan kepribadian dan hasilnya akan disesuaikan dengan jenis lingkungan kerja.


Seseorang yang mempunyai kepribadian yang sesuai dengan lingkungan kerja maka dia akan lebih bahagia dan mempunyai tingkat kepuasan kerja yang tinggi. Dr. Holland mengemukakan 6 kategori yang bisa menggambarkan hubungan antara kepribadian dengan lingkungan kerja.


6 kategori ini terus berkembang dan menjadi "6 tipe karakter berdasarkan pembagian karir".  Menurut Holland, semua orang pasti masuk ke dalam tipe karakter yang sudah dia buat dan setiap orang pasti mempunyai dua tipe karakter yang dominan.


Dengan 6 tipe karakter ini, Holland membagi kelompok orang berdasarkan tipe pekerjaan. 6 tipe karakter tersebut diantaranya adalah :


1. Conventional


Orang dengan tipe ini sangat terorganisir dan menyukai pekerjaan yang repetitif atau cara kerja yang tidak berubah. Mereka selalu mengikuti instruksi tugas dengan baik dan senang bekerja dalam kelompok kecil yang setiap anggota mempunyai tanggung jawab yang jelas.


2. Realistic


Orang yang mempunyai tipe realistic biasanya suka praktik langsung dengan apa yang dia pelajari dan cenderung berterus terang kepada orang lain. Mereka sering bekerja sendiri atau kerja dengan orang lain dengan tipe karakter yang sama.


3. Enterprise


Orang tipe ini biasanya ambisius dan mempunyai jiwa sosial, mereka menyukai hal berbau bisnis dan yang berhubungan dengan politik. Mereka sering menjadi leader dalam suatu kelompok dan senang ketika bekerja dalam suatu kelompok.


4. Investigating


Orang dengan tipe Investigating adalah orang yang sering mikir dan menyukai semua hal yang berkaitan dengan ilmu. Mereka cenderung kritis dan biasa dikenal sebagai orang yang intelektual, teliti dan analitical.


5. Artistic


Orang tipe artistic menyukai berbagai macam kegiatan kreatif seperti seni, teater, film dan menulis. Mereka cenderung fleksibel dan suka bekerja di lingkungan yang membebaskan diri untuk berekspresi.


6. Sosial


Orang dengan tipe sosial adalah orang yang nyaman bekerja di lingkungan yang menekankan kualitas kerja tim (team work), mereka akan senang ketika bisa terbuka dengan teman - teman kerjanya.


Baca juga : 8 skill bisnis yang harus anda punya sebagai seorang entrepreneur


Orang sosial menganggap hubungan interpersonal itu sangat penting. Orang lain akan melihat orang sosial sebagai sosok yang peduli, kooperatif dan friendly.


Tes riasec bisa membantu seseorang untuk menentukan jalan karir, tes ini biasanya diikuti oleh siswa SMA untuk menentukan jurusan kuliah. Dengan tes riasec, anda akan mengetahui jenis pekerjaan, kegiatan dan lingkungan yang sesuai dengan kepribadian anda.


Anda juga menjadi orang yang lebih bahagia dengan pilihan yang diambil karena anda telah menggunakan skill yang ada dan prinsip hidup anda lebih dihargai di lingkungan kerja yang dipilih. Hasilnya, tingkat kesuksesan dalam pekerjaan menjadi meningkat.


Tes riasec tidak hanya membantu dalam karir tapi juga membantu seseorang menyadari minat dan bakat yang dia miliki. Dengan mengikuti tes ini, anda bisa mengetahui hobi, kemampuan dan keahlian yang terpendam dalam diri anda.


Saat anda sudah mengetahui minat, bakat dan pekerjaan yang cocok maka anda bisa lebih terarah dalam melamar kerja atau berpartisipasi dalam suatu kegiatan.


Banyak orang yang tidak mengetahui minat dan bakat mereka hingga akhirnya ikut - ikutan teman. Dengan mengetahui minat dan bakat maka anda bisa mempertimbangkan pekerjaan yang cocok dengan bakat yang ada.


Jika pekerjaan tersebut tidak cocok maka jangan dipilih karena bisa membuat anda menyesal dan akhirnya di lingkungan kerja tidak bisa beradaptasi dan kualitas kerja akan menurun.

Posting Komentar

0 Komentar