Cara Terbaru Mengatasi Lag dan Patah - Patah Saat Bermain Game Berat di Android

Cara Mengatasi Lag dan Patah - Patah Saat Bermain Game Berat di Android

Mengatasi game online patah patah


Bermain game supaya lancar dan tidak lag harus membutuhkan spesifikasi yang mendukung, jika spesifikasi HP rendah maka saat bermain game bisa terjadi lag dan patah - patah sehingga kita emosi dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, beberapa orang mungkin menghapus beberapa file supaya memori lebih lega dan game akan lancar tapi hal itu tidak cukup.


Anda harus mengatur beberapa pengaturan pada smartphone supaya bermain game menjadi lebih lancar dan tidak patah - patah. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu Anda settingan HP untuk mengatasi lag dan patah - patah saat bermain game berat seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG atau game offline yang berukuran besar.


Cara ini bisa anda lakukan tanpa root dan 100% bekerja mengatasi lag dan patah patah saat bermain game.


Pengaturan baterai


Jika anda sering patah - patah saat bermain game berat maka cobalah bermain game saat kapasitas baterai di atas 75% dan hindari bermain game saat kapasitas baterai di bawah 40% karena frame drop sering terjadi saat baterai sudah lemah atau hampir habis.


Mengatasi ngelag saat main game


Ada beberapa settingan baterai yang harus anda ubah supaya saat bermain game tidak lag dan patah - patah lagi. Pertama, masuk ke aplikasi pengaturan > pilih baterai dan performa > matikan mode prnghemat baterai > kemudian pilih penghemat baterai aplikasi > pilih game yang sering anda mainkan > pilih "tidak ada pembatasan" supaya daya baterai tidak dibatasi saat anda bermain game.


Hapus cache dengan benar


Cache berfungsi untuk mempercepat kinerja aplikasi tapi terlalu banyak cache yang tersimpan di smartphone bisa berdampak buruk pada kinerja HP terutama untuk anda yang sering bermain game, disarankan untuk menghapus cache sebelum bermain game supaya tersedia ruang lebih dan performa bermain game meningkat.


Baca juga : 10 game teka - teki android offline yang seru untuk dimainkan


Caranya, anda masuk ke aplikasi pengaturan > pilih penyimpanan > pada bagian data cache, pilih dan hapus. Jika ingin menghapus cache secara otomatis, anda bisa masuk ke baterai dan performa > pilih icon gerigi yang berada di pojok kanan atas > aktifkan fitur "bersihkan cache saat perangkat terkunci" maka saat HP terkunci, cache akan dihapus secara otomatis.


Settingan HP supaya lancar main game


Jika ingin melakukannya secara manual, anda bisa masuk ke aplikasi pengaturan > pilih aplikasi > pilih aplikasi yang sering dipakai > pilih hapus cache.


Aktifkan opsi pengembang


Opsi pengembang sudah terbukti bisa mengatasi patah - patah dan ngelag saat bermain game. Jika anda belum tahu cara mengaktifkannya, simak caranya di bawah ini.


Mengatasi game berat lag di android


Pertama, masuk ke aplikasi pengaturan > pilih tentang telepon > tekan nomor bentukan sebanyak 10× sampai muncul tulisan "anda sudah menjadi seorang pengembang". Itu adalah cara umum untuk mengaktifkan opsi pengembang, jika anda bingung maka cari info di google tentang cara mengaktifkan opsi pengembang sesuai smartphone anda.


Nonaktifkan proses latar belakang


Nonaktifkan proses latar belakang


Pada opsi pengembang, anda cari fitur batas proses latar belakang dan pilih 'tidak ada' tujuan pengaturan ini supaya tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang saat anda bermain game sehingga CPU dan GPU hanya fokus pada game yang anda mainkan.


Aktifkan paksa 4X MSAA


Aktifkan paksa 4x MSAA


Pada bagian opsi pengembang, anda cari fitur paksa 4X MSAA dan aktifkan dengan menggeser tombol. Dengan mengaktifkan fitur ini, smartphone akan memaksimalkan kualitas gambar saat bermain game sehingga gambar terlihat lebih halus dan nyaman saat dilihat.


Aktifkan Paksa rendering GPU


Pada opsi pengembang, anda cari fitur paksa rendering GPU dan aktifkan, mengaktifkan fitur ini membuat GPU me-render secara paksa pada kulitas gambar yang dihasilkan saat bermain game.


Kurangi skala animasi

Mengatasi game berat sering ngelag


Masih di opsi pengembang, anda cari fitur skala animasi, anda akan menemukan skala animasi jendela, transisi dan animator. Anda ubah ketiganya ke skala 0,5x, hal ini bertujuan supaya skala animasi yang besar tidak memberatkan smartphone saat membuka aplikasi terutama saat bermain game.


Matikan ukuran buffer log


Cara mengatasi game sering ngelag


Pada opsi pengembang, anda pilih ukuran buffer log dan pilih matikan supaya HP tidak menyimpan file dengan ukuran buffer log sehingga HP terhindari dari file buffer log yang bisa memperlambat kinerja HP.


Copot dan pasang game


Jika settingan di atas belum cukup untuk mengatasi lag dan patah - patah, anda bisa mencoba untuk mencopot lalu memasang kembali game. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan performa game yang dimainkan, setiap game yang di-update maka akan menyimpan file yang lama dan yang baru secara bersamaan.


Baca juga : 11 aplikasi cheat game android terbaik untuk game offline dan online


Disini, anda harus menghapus data lama supaya memori tidak terlalu penuh yaitu dengan uninstal dan instal game kembali supaya game menghapus file lama game dan hanya download file terbaru pada game yang update.

Posting Komentar

0 Komentar