10 Flashdisk OTG Terbaik, Transfer File Jadi Mudah dan Cepat

Setelah lama menggunakan bantuan dari sambungan OTG untuk menyambungkan flashdisk ke ponsel, industri elektronik akhirnya mengadopsi konektor USB type C.

Saat ini, banyak jenis flashdisk OTG atau flash drive USB-C yang berkualitas. Tapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih.

Magersena akan memberikan rekomendasi flashdisk OTG terbaik dengan keunggulan transfer yang cepat dan kapasitas besar.

1. SanDisk Ultra Dual Drive


Rekomendasi flashdisk OTG



Kombinasi body logam dengan sedikit tekstur akan memudahkan pengguna untuk menggeser konektor tipe A dan tipe C keluar dari body Sandisk Ultra Dual Drive yang berkualitas ini.

Ketika digunakan Anda akan mendapatkan kecepatan baca di atas rata-rata yaitu sekitar 150 MB per detik, tentunya dengan perangkat yang tersedia ruang penyimpanan hingga 1/4 TB.

Unit ini menawarkan juga fitur aplikasi pendamping SanDisk yaitu memori zone untuk Android, jadi lebih memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mencadangkan konten dengan mudah ke ponsel.

Harga : Rp 100.000

2. Sandisk Ultra dual Drive Go


Flashdisk OTG terbaik



Memiliki desain seperti baterai triple A, Sandisk Ultra Dual Drive Go adalah pilihan serbaguna dan sangat portable yang menawarkan banyak keuntungan.

Port type A dan type C nya memudahkan transfer file antara smartphone dan PC yang Anda gunakan, unit harga 130 ribuan ini memiliki loop kokoh untuk menempel pada lanjar.

Flashdisk OTG terbaik ini juga tersedia dalam beberapa warna yang keren, Dual Drive Go sama andalnya dengan banyak pesaingnya karena ini adalah produk dari SanDisk yang terkenal dengan kualitas Flash Drive yang berkualitas.

3. Sandisk Ixpand Go


Rekomendasi flashdisk OTG



Cadangkan foto dan video dari smartphone Anda secara otomatis dengan unit ini melalui aplikasi xpander yang tersedia di App Store.

Dengan Ixpand Go, Anda bisa memindahkan konten yang ada dengan cepat dari Ixpand Drive ke komputer menggunakan konektor USB 3.0 berkecepatan tinggi.

Flashdisk OTG terbaik ini dapat melindungi file yang tersimpan dengan kata sandi, desain putar juga dapat melindungi konektor saat tidak digunakan atau dimasukkan ke dalam tas.

Harga : Rp 1.200.000 (256 GB)

4. Kingston Data Traveler MicroDuo 3C


Rekomendasi flashdisk OTG



Jika Anda sedang mencari flashdisk OTG berukuran kecil dengan kualitas tinggi maka pilih saja unit yang satu ini.

Ukuran flashdisk ini hanya sekitar 2,9 cm x 1,6 cm × 0,8 cm tetapi kecepatan pemindahan datanya bisa sampai 100 MB per second.

Selain itu nih, MicroDuo 3C ini sudah dilengkapi dengan pelindung berbahan plastik transparan, port akan lebih terjaga dari debu atau benturan.

Flashdisk OTG ini memiliki beberapa kapasitas yang diantaranya yaitu 32 GB, 64 Gab dan 128 GB. Untuk yang kapasitas 64 GB dijual dengan harga Rp250.000 saja.

5. Kingston Bolt OTG Data Traveler


Flashdisk OTG terbaik



Foto dan video beresolusi tinggi 720p, 1080p ataupun 4K yang Anda ambil lewat smartphone bisa langsung Anda simpan di flashdisk OTG terbaik ini.

Bentuknya yang kecil membuat penggunanya juga mudah, cukup sambungkan ke smartphone dan unduh file-file yang penting.

Flashdisk ini tersedia dalam kapasitas 32 GB, 64 GB dan 128 GB yang dijual dengan harga sekitar 900 ribuan, Kingston Bolt juga telah mendapatkan sertifikat Apple mfi.

Dengan sertifikat itu, unit ini dijamin berfungsi dengan semua perangkat Apple yang dilengkapi dengan lightning connector, Apple iPhone dan iPad dengan iOS 9.0.

6. Kingston XS2000


Rekomendasi flashdisk OTG



Kecepatan baca dan tulis pada unit ini adalah yang terdepan di industri, flashdisk ini mampu mencapai 2000 MB per second.

Dengan menggunakan perangkat yang kompatibel, Anda dapat mencapai kinerja USB type-C 3.2 generasi kedua pada unit ini.

Kapasitasnya yang hingga 4 TB 100% mendukung gambaran dengan resolusi tinggi seperti video 8K dan dokumen puluhan GB yang Anda punya.

XS2000 dibuat dengan ukuran saku yang portable termasuk juga memiliki fitur-fitur lainnya yaitu fitur tahan air, tahan debu dan tahan guncangan dengan selongsong karet yang disertakan.

Harga : Rp 1.200.000 (1 TB)

7. Adata UD320


Flashdisk OTG terbaik



Kontektor USB dan OTG pada flashdisk ini dilengkapi dengan penutup sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika ujung konektor rusak akibat patah atau berdebu.

Hal yang membuatnya lebih keren lagi, OTG flashdisk ini memiliki bagian tengah yang berfungsi sebagai port USB-C standar.

Jadi, Anda tidak hanya diberi akses pemindahan data dari komputer ke flashdisk tetapi juga dapat dihubungkan ke mouse, printer, keyboard atau flashdisk lain.

Flashdisk OTG Adata UD320 ini bisa Anda beli dengan harga sekitar 150 ribuan saja untuk kapasitas yang 64 GB.

8. TEAMGROUP M181


Flashdisk OTG terbaik



M181 adalah OTG USB 3.0 type-C2 flash drive dari merk yang mungkin dianggap sebagai merk murahan, tetapi ini adalah merk yang pasti tidak akan ketinggalan dalam hal kualitas produknya.

Flashdisk dari TEAMGROUP ini dilengkapi dengan housing logam dan penutup yang dapat diputar untuk melindungi port type-C saat tidak digunakan.

Selain itu, unit ini juga menggunakan proses perakitan chip on board untuk menawarkan perlindungan data menyeluruh seperti tahan air, tahan guncangan dan tahan debu.

Harga : Rp 180.000

9. Samsung MUF-128D


Rekomendasi flashdisk OTG



Mengingat reputasi dari brand yang satu ini tidak mengherankan jika Samsung memiliki flashdisk berkecepatan tinggi.

Memanfaatkan standar USB 3.2 generasi ke-1 untuk memberikan kecepatan hingga 400 MB per second.

Tidak seperti kebanyakan model lain yang memiliki harga tinggi, MUF-128D justru dijual tidak terlalu mahal yaitu sekitar 400 ribuan saja.

Unit dengan loop lanjar praktis ini juga dibuat dalam berbagai kapasitas termasuk model 64 GB dengan harga yang lebih murah dari versi 256 GB.

10. Adam Elements iKlips C


Rekomendasi flashdisk OTG



Dengan fungsi yang komprehensif, iKlips C bukanlah drive USB biasa, ini adalah solusi terintegrasi yang punya keamanan kedap air.

Dengan menggunakan flashdisk OTG ini, Anda dapat mengambil foto atau video 4K sebanyak yang Anda suka dan langsung bisa menyimpannya ke iKlips agar ruang ponsel tidak habis.

Unit ini juga didampingi oleh aplikasi iKlips yang berfungsi sebagai pemutar video yang berkualitas. Selain itu, aplikasi tersebut juga merupakan alat untuk mengatur pengeditan file yang praktis.

Harga : Rp 2.600.000 (128 GB)

Penutup


Itulah beberapa rekomendasi Flashdisk OTG terbaik yang memiliki kapasitas besar dan kualitas tinggi.

Sebelum membeli flashdisk OTG, lebih baik Anda cek terlebih dahulu kompatibilitas flashdisk dengan perangkat Anda supaya tidak menyesal saat setelah membeli.

Jika Anda ingin tahu rekomendasi flashdisk lain, silahkan baca artikel berikut ini.