√ Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Online Dengan Akurat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

16 Agu 2022

Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Online Dengan Akurat

Transkripsi suara ke teks



Teknologi sudah semakin berkembang dari hari ke hari, saat ini kita sudah bisa mengubah format video menjadi format musik, mengambil bagian suara dalam sebuah musik dan lainnya.

Hal tersebut tentu memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk yang akan Magersena bahas kali ini yaitu merubah suara menjadi teks.

Anda bisa merubah suara menjadi teks secara akurat dan cepat hanya dengan upload file suara atau tempel link video di suatu website. Pastinya, hal ini bisa Anda lakukan hanya melalui HP dan tanpa aplikasi tambahan.

Website Ubah Suara Menjadi Teks


salyns.prosa.ai adalah website transkripsi online suara menjadi teks bahasa Indonesia berbasis cloud yang menggunakan teknologi speech to text terkemuka.

Website ini bisa konversi suara ke teks dengan mudah dan cepat karena hanya fokus pada suara bahasa Indonesia, jadi Anda bisa mengubah suara presentasi, pidato, diskusi dan lainnya menjadi teks secara akurat.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di website ini, yaitu :

  • Import file audio dan video, Anda bisa ubah video atau musik yang ada di penyimpanan hp menjadi serangkaian kalimat teks
  • Transkripsi langsung, Anda bisa melakukan ubah suara menjadi teks secara langsung dengan merekam suara Anda di salyns
  • Edit transkrip, jika ada beberapa kata yang dirasa kurang maka Anda bisa langsung mengubahnya tanpa simpan terlebih dahulu
  • Hasil transkripsi, jika Anda ubah suara yang berisi beberapa orang menjadi teks maka AI di website akan memisahkan per kalimat di setiap detiknya

Cara Transkrip Suara ke Teks


Untuk memulainya, pertama Anda kunjungi website salyns.prosa.ai > pilih menu "coba gratis" > pilih "continue with google" > formulir pendaftaran terisi secara otomatis, Anda pilih submit.

Anda akan masuk ke halaman utama salyns dan siap untuk melakukan transkripsi, jika Anda ingin upload file untuk diubah menjadi teks maka pilih tanda (+) di kanan bawah > pilih icon awan > pilih browse file > pilih file > pilih "upload now".

Anda tunggu sampai proses upload selesai, kemudian untuk mulai transkrip Anda pilih "transkrip now". Lamanya proses transkrip tergantung dari durasi file yang Anda upload.


Setelah proses selesai, Anda akan melihat serangkaian teks hasil transkripsi file yang Anda upload. Anda bisa putar file untuk memastikan apakah teks transkrip sudah sesuai dengan isi file.

Selain upload file, Anda juga bisa mengubah suara dari video YouTube menjadi teks. Caranya, Anda buka aplikasi YouTube > pilih video > tekan tombol bagikan dan pilih salin > kembali ke salyns dan pilih icon (+) > pilih icon awan > paste ke kolom yang ada > pilih "check URL".

Setelah URL terdeteksi, langsung saja pilih "transkrip now", tunggu sampai proses selesai dan Anda bisa simpan hasil transkripsi ke penyimpanan smartphone.

Untuk ubah suara menjadi teks secara langsung dengan merekam suara, Anda pilih icon (+) > pilih icon rekam > website meminta izin rekaman, Anda pilih izinkan > ucapkan kalimat yang ingin Anda transkrip > jika sudah Anda pilih tombol stop.

Setelah itu, website akan mendeteksi setiap kata yang Anda ucapkan dan merangkainya menjadi kalimat sesuai waktu rekaman. Anda bisa simpan hasilnya dengan pilih icon download di kanan atas.

Paket salyns


Sayangnya website transkrip ini tidak gratis, setelah 4 jam maka Anda tidak bisa menggunakan transkrip lagi. Jangan khawatir, Anda bisa membeli beberapa paket salyns sesuai dengan kebutuhan Anda :

  1. Starter (Rp 25.000), kuota 10 jam dan masa aktif selama 30 hari
  2. Pro (Rp 49.000), kuota 22 jam dan masa aktif 30 hari
  3. Premium (Rp 99.000), kuota 50 jam dan masa aktif selama 45 hari
  4. Business (Rp 125.000), kuota 130 jam dan masa aktif selama 90 hari

Disarankan untuk membeli salah satu dari paket tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pembuat supaya website bisa menjadi lebih maju dan berkembang.

Get notifications from this blog