3 Cara Menghapus Akun Instagram Dengan Cepat

Instagram adalah media sosial yang dipakai banyak orang untuk meng-upload foto-foto terbaik dan berinteraksi dengan orang lain.

Instagram berisi banyak foto dan video yang bisa Anda lihat dan tonton setiap hari. Orang-orang membuat akun Instagram biasanya untuk kebutuhan bisnis dan membagikan informasi penting.

Tapi, ada beberapa orang yang ingin menghapus akun Instagram mereka karena beberapa alasan seperti sudah bosan, menghabiskan banyak waktu, melakukan hal lain yang lebih penting dan alasan lainnya.

Magersena akan memberitahu 3 cara menghapus akun Instagram dengan cepat, mulai dari hapus Instagram secara permanen, hapus Instagram sementara dan hapus akun Instagram yang lupa kata sandi.

1. Hapus Akun Instagram Permanen


Cara ini wajib Anda lakukan jika ingin menghapus akun Instagram secara permanen, pastikan Anda benar-benar memikirkannya sebelum menghapus akun supaya Anda tidak menyesal saat akun sudah dihapus.

Pertama, Anda masuk ke aplikasi Instagram > login ke akun yang ingin Anda hapus > pilih menu profil di kanan bawah > pilih garis tiga di pojok kanan atas > pilih pengaturan.

Setelah itu akan muncul beberapa menu di pengaturan, Anda pilih fitur bantuan > pilih pusat bantuan > ketik "hapus akun" di kolom pencarian > pilih pertanyaan "bagaimana cara menghapus akun Instagram saya ?".

Hapus Instagram permanen



Anda bisa membaca tulisannya terlebih dahulu sebelum menghapus akun Instagram secara Permanen, untuk mulai Anda pilih link di tulisan "hapus akun Anda".

Pihak Instagram ingin mengetahui alasan Anda menghapus akun Instagram, Anda bisa memilih beberapa alasan :

  • Terlalu banyak iklan
  • Ingin membuat akun kedua
  • Masalah privasi
  • Ingin menghapus sesuatu
  • Masalah memulai
  • Terlalu mengganggu
  • Tidak menyenangkan
  • Hal lainnya

Jika alasan Anda menghapus Instagram tidak ada di pilihan tersebut maka Anda bisa pilih hal lainnya lalu masukan kata sandi akun IG Anda dan pilih tombol hapus.

Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman login Instagram. Jika Anda login ke akun yang dihapus maka muncul menu untuk membatalkan penghapusan akun, menu ini muncul selama 30 hari sebelum akun Anda benar-benar terhapus.

2. Hapus Akun Instagram Sementara


Selain menghapus permanen, Anda juga bisa menghapus akun Instagram untuk sementara waktu. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin berhenti sejenak bermain Instagram untuk melakukan hal lain yang lebih penting.

Dalam waktu tertentu, Anda bisa mengaktifkan lagi akun Instagram dan berinteraksi dengan orang-orang di akun Anda. Tenang saja, cara ini tidak akan menghapus postingan dan followers di akun Anda.

Pertama, Anda buka aplikasi Instagram > login ke akun yang ingin dihapus sementara > pilih menu profil di kanan bawah > pilih garis tiga di pojok kanan atas > pilih menu pengaturan.


Pilih menu bantuan dan pilih fitur pusat bantuan, Anda akan melihat beberapa pertanyaan seputar fitur dan kegunaan di Instagram.

Anda geser ke bawah dan pilih pertanyaan "bagaimana cara memeriksa status akun saya di Instagram".

Pada kolom artikel terkait, Anda pilih pertanyaan "bagaimana cara menonaktifkan sementara akun Instagram saya ?", Anda bisa baca penjelasannya terlebih dahulu.

Pada kolom instagram.com dari menu seluler, Anda pilih link di tulisan instagram.com dan akan diarahkan ke beranda Instagram Anda.

Langkah selanjutnya, Anda pilih menu profil > pilih edit profil > geser ke bawah dan pilih fitur "nonaktifkan sementara akun saya".

Anda harus memberitahu Instagram alasan menonaktifkan akun sementara, pilihannya sama seperti menghapus akun secara permanen.

Anda pilih salah satu alasan > masukan kata sandi akun IG Anda > pilih tombol "akun dinonaktifkan sementara" dan pilih Ya. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman login Instagram.

Untuk mengaktifkan akun yang dihapus sementara, Anda bisa login seperti biasa dan akun bisa langsung digunakan. Anda bisa posting, membuat stories dan melakukan hal lainnya.

3. Hapus Akun Instagram yang Lupa Password


Jika Anda ingin menghapus akun Instagram yang sudah lama tapi lupa kata sandi, Anda biss melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Cara ini tidak 100% berhasil, tergantung dari keputusan Instagram apakah akun layak dihapus atau dibiarkan saja.

Pertama, masuk ke aplikasi Instagram > login ke akun Instagram Anda saat ini > pilih menu cari di sebelah menu beranda > ketik nama akun Instagram lama Anda di kolom pencarian dan pilih akun tersebut.

Langkah selanjutnya, Anda pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih fitur laporkan > pilih laporkan akun > pilih "profil ini berpura-pura menjadi orang lain".

Maka akan muncul kolom "akun ini berpura-pura menjadi siapa ?", Anda pilih kolom saya dan tekan tombol kirim laporan. 

Anda akan menerima pemberitahuan bahwa laporan sudah dikirim dan sedang ditinjau oleh pihak Instagram. Untuk menyelesaikan, Anda pilih selanjutnya.

Laporan tersebut akan diproses maksimal 3 hari dan Anda akan menerima pemberitahuan dari Instagram apakah akun tersebut akan dihapus atau dibiarkan saja.

Penutup


Itulah cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen, sementara dan hapus akun yang lupa password. Cara ini juga bisa Anda lakukan tanpa aplikasi dan hanya memakai browser di smartphone Anda.