8 Cara Laris Jualan di WhatsApp Business

Cara Jualan di WhatsApp Business

Laris Jualan di whatsapp business


WhatsApp Business adalah aplikasi yang bisa memudahkan anda dalam menjual produk dan berinteraksi lebih dengan customer, WhatsApp ini mempunyai beberapa fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda jalani.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips jualan di WhatsApp Business supaya produk/barang yang anda jual banyak dibeli oleh customer lewat WhatsApp saja.

1. Gunakan WhatsApp Business

Di playstore ada 2 jenis WhatsApp yaitu WhatsApp pribadi dan WhatsApp Business, WA pribadi biasa digunakan untuk berbagai kepentingan sehari-hari sedangkan WA business digunakan khusus untuk berbisnis.

Untuk berjualan maka gunakan WhatsApp Business karena mempunyai berbagai macam fitur yang memudahkan anda dalam menjual barang dagangan. Anda bisa download WhatsApp Business melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - WHATSAPP BUSINESS

Jika anda tidak mau uninstall whatsapp pribadi, anda bisa saja memakai 2 WhatsApp sekaligus dalam satu smartphone. Jika tidak mau ribet, anda bisa memakai 2 smartphone dimana yang satu digunakan untuk pribadi dan satu lagi digunakan untuk bisnis.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp biasa bisa dilihat dari fitur bisnis mulai dari profil bisnis, alamat, jam kerja, website, pesan luar jam kerja, salam otomatis, balas cepat dan lain sebagainya.

2. Memperbanyak teman WhatsApp

Untuk sukses dan jago jualan online di WhatsApp, langkah pertama anda harus saling save contact dengan teman dan orang - orang sekitar. Semakin banyak orang yang terhubung dengan anda maka semakin besar potensi produk akan terjual.

Selain itu, anda juga bisa save contact orang - orang yang menyukai produk anda supaya lebih terarah. Masuk ke grup - grup yang sesuai dengan produk yang anda jual dan kirim pesan promosi ke para anggota di group tersebut.

Baca juga : 7 usaha unik potensial di desa yang menguntungkan

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor WhatsApp di media sosial bisnis supaya para costumer bisa menghubungi anda secara langsung.

3. Membuat grup WhatsApp

Langkah selanjutnya, anda bisa membuat grup WhatsApp berisi orang - orang yang menyukai produk anda, jangan masukan orang yang belum membeli atau tidak suka dengan produk anda karena percuma saja.

Selain itu, anda juga bisa menyebarkan link grup WhatsApp ke media sosial supaya orang yang menyukai produk anda di media sosial akan masuk ke grup tersebut atau anda membuat diskon dimana jika customer masuk ke grup WhatsApp maka akan mendapatkan diskon sehingga customer akan tertarik dan akhirnya masuk ke grup.

4. Deskripsi produk singkat

Anda harus membuat deskripsi produk yang singkat, padat dan jelas. Hindari deskripsi produk yang mencapai ratusan kata karena bisa membuat customer jengkel. Buat deskripsi produk yang menjelaskan bagian pentingnya saja dan jangan bertele-tele hanya untuk membuat customer tertarik.

Jangan lupa untuk menempatkan kata - kata manis di sela - sela deskripsi produk untuk mendesak customer supaya cepat - cepat membeli produk yang ditawarkan.

5. Jangan spam status jualan

Ada orang yang upload status jualan sampai puluhan bahkan ratusan sekaligus sehingga membuat teman whatsapp merasa jengkel. Cara yang benar untuk update status jualan adalah upload rutin setiap hari, pagi hari upload 10 status, siang upload 10 status dan malam upload 10 status.

Baca juga : saham vs cryptocurrency, mana yang lebih baik ?

Dengan update status jualan secara rutin setiap hari maka teman WhatsApp akan lebih nyaman dengan status jualan anda dan kemungkinan juga mereka akan tertarik untuk membelinya.

6. Upload testimoni

Anda harus upload testimoni dari customer yang sudah order ke teman - teman WhatsApp supaya mereka tahu pendapat orang lain tentang produk anda. Memberitahu testimoni juga bisa menambah kepercayaan customer untuk membeli produk karena sudah ada kepuasan dari orang lain.

7. Foto produk harus jernih

Saat jualan online biasanya sering mengirim foto produk yang menarik sehingga membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Muncul masalah jika kualitas foto produk yang dikirim itu jelek, blur atau burik, biasanya customer tidak tertarik dengan produk yang foto produknya tidak jelas.

Saat jualan di WhatsApp Business, anda harus mengirim foto produk yang jelas, jernih dan HD supaya customer bisa melihat jelas bentuk dari produk yang anda tawarkan.

8. Upload foto real produk

Usahakan untuk upload foto real produk kepada customer supaya lebih meyakinkan mereka karena kebanyakan customer lebih suka melihat produk secara langsung daripada produk yang dipakai artis.

Ada orang yang jualan tas, foto tas itu sedang dipakai artis dan ada orang jualan tas tapi tas itu difoto secara langsung tanpa artis, pasti customer lebih tertarik dengan foto yang diambil secara langsung daripada melalui artis.

Sebagian besar orang berpikir bahwa produk yang difoto dengan produk sesungguhnya itu tidak sama. Oleh karena itu, anda  harus meng-upload foto real produk yang anda jual ke teman - teman WhatsApp supaya mereka tidak ragu untuk membelinya.

Posting Komentar

0 Komentar