7 Usaha Unik Potensial di Desa yang Menguntungkan

Usaha Unik di Desa yang Menguntungkan


Usaha unik di desa yang menguntungkan



Beberapa orang menganggap membuka dan mengembangkan usaha di desa adalah hal yang sulit padahal ada banyak orang sukses yang memulai usahanya dari desa alih - alih sambil memajukan desa tersebut. Untuk sukses berbisnis tidak perlu jauh - jauh ke kota besar, anda juga bisa sukses berbisnis di desa dengan membuka usaha yang potensial.

Setiap orang mempunyai jalan suksesnya masing - masing dan langkah yang ditempuh untuk meraih kesuksesan juga berbeda sesuai dengan kemampuan masing-masing orang. Jika anda ingin menjadi orang sukses dengan membuka usaha di desa maka anda harus mempunyai kemauan dan tekad yang kuat.

Ada beberapa orang yang ingin membuka usaha di desa untuk menghasilkan uang sambil memajukan desanya tercinta tapi mereka bingung ingin membuka usaha apa supaya orang - orang merasa tertarik. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu 7 usaha unik menjanjikan yang bisa anda jalankan di desa.

1. Menjual produk desa


Apakah desa anda mempunyai barang-barang unik yang tidak ada di desa lain ? Jika iya maka manfaatkan dengan menjualnya ke orang di luar desa anda. Anda bisa menjual souvernir khas, produk makanan khas dan kerajinan khas melalui internet mulai dari website, sosial media dan marketplace.

2. Membuka toko kelontong


Usaha yang bisa anda coba ketika tinggal di desa adalah membuka toko kelontong yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat desa, kebutuhan pokok yang dijual biasanya berupa sembako dan bahan pangan.

Saat pandemi terjadi, usaha yang masih tetap bertahan adalah usaha toko kelontong karena menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari sehingga usaha ini tidak akan sepi pembeli.


Keberadaan toko kelontong di desa akan memudahkan masyarakat untuk belanja barang yang dibutuhkan sehingga orang - orang tidak perlu jauh - jauh ke kota untuk membeli barang yang dicari. Cara agar toko ramai pembeli, anda bisa membuat promo menarik bagi masyarakat sekitar supaya tertarik untuk belanja di toko kelontong anda.

3. Jasa sewa WiFi


Usaha Unik lainnya berkaitan dengan jaringan internet, ada beberapa desa yang mengalami kendala jaringan dan hanya ada beberapa operator saja yang mampu menjangkau desa. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa sewa WiFi untuk memudahkan warga sekitar dalam mencari koneksi.

Anda bisa membuka jasa sewa WiFi di rumah sendiri atau di tempat potensial yang bisa dijangkau oleh banyak orang atau membeli modem WiFi lalu anda sewakan ke orang yang membutuhkan.

4. Jajanan anak kekinian


Hal menarik yang ada di desa adalah banyaknya anak - anak yang bermain bersama, situasi ini bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha jajanan anak kekinian yang mampu menarik perhatian anak-anak.

Anak - anak adalah konsumen yang loyal apabila mereka merasa jajanan yang dibeli terasa enak dan nikmat. Hal yang menarik perhatian anak adalah kemasan yang unik, jadi buatlah jananan yang dikemas dengan kemasan yang unik supaya anak - anak tertarik membelinya.

Anda juga bisa memodifikasi makanan tradisional menjadi jajanan kekinian yang dikemas semenarik mungkin.

5. Desa wisata dan pasar kuliner


Jika para anak muda di desa anda selalu aktif maka manfaatkan dengan mengeksplorasi desa untuk menemukan tempat-tempat yang indah. Anda bisa membuka pasar kuliner atau desa wisata untuk menarik perhatian orang-orang di luar desa untuk datang.

6. Jasa titip


Jasa titip atau biasa disebut dengan jastip adalah usaha yang sudah menjamur dimana-mana, bisnis jasa titip ini bisa anda lakukan dengan modal yang kecil. Cara menjalankan bisnis jasa titip ini adalah memberitahu produk apa saja yang ada di luar kota, informasi bisa diberitahukan melalui sosial media penjual.

Misalkan, penjual memberitahu bahwa dia membuka jasa titip di daerah Bandung dalam kurun waktu 1 Minggu, selam seminggu si penjual memberikan info produk yang bisa dilayani. Produk yang sering dilayani adalah produk yang menjadi ciri khas kota yang dituju.

Setelah itu, pembeli memberitahu penjual produk yang ingin dititipi, pembelian bisa dilakukan di awal atau setelah barang datang sesuai kesepakatan bersama. Saat mendapat pesanan, penjual bisa berangkat ke kota tujuan atau bekerja sama dengan teman yang tinggal di kota tujuan untuk membelikan pesanan pembeli.


Penjual mendapatkan keuntungan dari harga jasa titip per barang, misalkan satu barang yang dijual mempunyai jasa titip sebesar Rp.10.000 kemudian penjual memberikan barang pesanan kepada pembeli. Usaha ini sangat menguntungkan dan potensial tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

7. Delivery order


Mungkin di desa ada beberapa orang yang enggan pergi ke pasar, kondisi ini bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha delivery order di desa. Anda membuka bisnis delivery order berupa sayuran, buah-buahan dan bahan dapur.

Usaha ini tidak memerlukan modal besar dan mudah untuk dilakukan, cara kerjanya mirip dengan jasa titip produk bedanya anda harus mengantarkan barang yang dipesan ke rumah pembeli.

Posting Komentar

0 Komentar