√ 5 Cara Agar Konsisten Belajar (mengatasi malas belajar - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

5 Cara Agar Konsisten Belajar (mengatasi malas belajar

Cara Agar Konsisten Belajar


Cara belajar konsisten


Banyak orang mengalami berbagai kendala saat belajar seperti malas dan bosan dalam belajar padahal ingin sekali mempunyai nilai yang bagus di pelajaran dan paham dengan materi yang diajarkan di sekolah.


Ada berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari konsisten belajar mulai dari nilai bagus, lebih pintar dari sebelumnya dan mempunyai kemampuan berpikir kritis.


Semua orang ingin menjadi orang yang lebih pintar dari sebelumnya tapi mereka tidak mau mengalami prosesnya yaitu belajar. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara agar konsisten belajar dan mengatasi rasa malas belajar, simak di bawah ini.


1. Self-control dan habit


Anda mungkin pernah mendengar tentang marshmallow test, tes ini merupakan eksperimen yang dilakukan para peneliti terhadap beberapa anak. Dalam tes ini, si anak akan diberi sebuah marshmallow tapi mereka harus menunggu beberapa menit sebelum memakan marshmallow itu dan jika mereka berhasil menunggu maka akan diberi bonus satu marshmallow.


Hasil dari tes ini beragam, ada anak yang berhasil menunggu demi mendapatkan satu marshmallow tambahan dan ada anak yang tidak kuat menunggu dan akhirnya mereka memakan marshmallow.


Baca juga : cara berhenti menunda-nunda belajar (procrastination)


Setelah beberapa tahun ketika si anak berusia remaja, si anak yang bersabar mendapatkan prestasi yang bagus di sekolah sedangkan si anak yang tidak sabaran mendapatkan hal yang biasa di sekolah.


Si anak yang bersabar menerapkan kalimat "bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian" sedangkan si anak yang tidak sabaran merasa tidak enak menunggu dan akhirnya selalu menerima keinginan sesaat.


Hal ini menunjukkan pentingnya self control atau kontrol diri dalam meraih sebuah pencapaian dalam hidup, kita harus bisa membatasi diri dalam hal tertentu termasuk bosan belajar untuk mencapai kepuasan yang lebih besar di masa yang akan datang.


Anda bisa menggunakan self control untuk membentuk sebuah kebiasaan termasuk kebiasaan belajar. Untuk menerapkan informasi di otak dalam waktu lama membutuhkan pengulangan secara rutin atau biasa disebut dengan "spaced repetition".


Jadi, anda harus menerapkan kebiasaan belajar secara berkala supaya bisa bertahan lama. Hasil dari kebiasaan belajar adalah tidak mudah lupa dan terus konsisten.


2. Mengindari distraksi


Distraksi adalah gangguan, anda harus menghindari berbagai macam gangguan yang bisa mengacaukan konsentrasi saat belajar, anda bisa membuat cara menghindari distraksi versi sendiri karena gangguan belajar tiap orang itu berbeda-beda.


Untuk menghindari gangguan dari smartphone, anda harus matikan notifikasi supaya tidak terdengar suara dan letakkan smartphone di tempat yang sulit dijangkau. Untuk menghindari gangguan dari pikiran, anda bisa tidur selama 10 - 15 menit di meja belajar dan saat anda bangun pasti pikiran akan segar kembali dan siap untuk fokus belajar.


3. Teknik gamification


Hal yang membuat banyak orang kecanduan game adalah adanya misi - misi yang harus diselesaikan di setiap level game dan mereka ingin membuat karakter dalam game menjadi sekuat mungkin. Sistem seperti ini bisa anda terapkan dalam belajar.


Anda bisa membuat sebuah tujuan yang besar dan pecah menjadi beberapa misi kecil secara bertahap supaya anda tidak ada alasan lagi untuk malas belajar, selesaikan misi satu per satu dan fokus pada misi kecil yang ingin dicapai.


4. Motivasi intrinsik


Motivasi intrinsik adalah motivasi yang muncul dalam diri sendiri, motivasi yang memacu diri untuk berbuat lebih dan terlepas dari berbagai macam faktor eksternal.


Misalnya, anda adalah seorang mahasiswa yang aktif karena mempunyai motivasi untuk lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan mampu mengatasi masalah sehari-hari terlepas dari faktor eksternal seperti keluarga dan teman.


Baca juga : cara mengatur waktu dengan benar supaya lebih produktif


Cara menentukan motivasi intrinsik adalah dengan merenung di waktu yang tepat sambil memikirkan hal apa yang benar-benar anda butuhkan dan hal yang dibutuhkan ini harus berharga dan berarti dalam hidup anda.


Ketika anda merasa bosan belajar maka paksa diri anda belajar "mulai aja dulu" karena berdasarkan penelitian biasanya seseorang itu malas untuk memulai dan akan terbiasa saat sudah menjalaninya.


5. Hargai diri sendiri


Anda mungkin pernah terus menerus memaksa diri anda untuk belajar dimana hal itu termasuk berlebihan dalam mengontrol diri padahal anda tidak tahu apa yang benar-benar dibutuhkan di momen malas itu. Kenali kondisi anda saat malas belajar, mungkin anda sedang kelelahan, butuh semangat, banyak pikiran, stres dan lain sebagainya.


Kesimpulan


Anda harus lebih peduli pada self control dan membuat belajar menjadi sebuah kebiasaan mulai dari hal-hal kecil dan berbagai cara seperti motivasi intrinsik, hindari distraksi, teknik gamification dan hargai diri sendiri adalah faktor internal yang bisa membuat anda lebih konsisten dalam belajar.

Get notifications from this blog