10 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula


Tips bisnis online untuk pemula


Bisnis online adalah kegiatan menawarkan barang atau jasa dengan bantuan jaringan internet, anda bisa menjual barang dengan bantuan internet untuk saling berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Bisnis online berbeda dengan bisnis offline dimana kita harus datang ke toko untuk membeli barang yang diinginkan.


Bisnis online bisa dilakukan lewat smartphone dan tidak perlu repot - repot keluar rumah, memulai bisnis online itu sangat mudah tapi untuk mengembangkannya membutuhkan usaha lebih. Hal pertama yang harus anda bangun dalam bisnis online adalah kepercayaan, jika pembeli tidak percaya pada anda maka bisnis anda tidak akan berkembang.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips memulai bisnis online untuk pemula. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis online anda.


1. Cari passion anda


Anda harus mencari hal yang membuat anda bergairah, saat anda melakukan suatu hal yang tidak anda sukai maka anda menganggap itu sebagai beban. Passion berperan penting supaya anda bisa melakukan suatu hal dengan senang hati, saat mengerjakan sesuatu yang anda suka maka anda tidak menganggap itu sebagai beban.


Misalnya, anda suka memasak dan anda dengan senang hati akan memasak makanan terbaik walaupun tidak ada orang yang membayar anda. Dalam bisnis online, carilah barang atau produk yang membuat anda senang.


Contoh, anda suka produk fashion dan ketika membicarakan tentang fashion anda merasa senang. Ketika merasa senang pasti anda akan mencari banyak hal tentang fashion dan bisa mulai membuka bisnis online. Tapi, jika anda tidak senang dengan fashion maka anda susah untuk menjual barang.


2. Siapkan modal


Bisnis online biasanya tanpa modal tapi jika anda ingin melakukan scale-up pada bisnis supaya jangkauannya lebih luas maka anda harus mempersiapkan modal yang cukup. Modal tidak hanya tentang uang, anda juga harus mengatur uang supaya ditempatkan di bagian yang tepat.


Anda bisa menggunakan modal untuk belanja advertising, membayar karyawan, desain grafis, membuat video dan lain sebagainya. Mengatur modal dan menempatkan modal memerlukan skill management, cara supaya bisnis online bisa sukses adalah mempunyai modal dan skill management.


3. Mencari role model


Anda harus mencari orang yang sudah sukses supaya anda bisa mengikuti jejak kesuksesannya. Setelah mendapatkan role model yang cocok, anda bisa meniru dan mengamati langkah yang dia lakukan untuk sukses dalam berbisnis.


Jika anda tidak punya role model maka anda akan kesulitan dalam berbisnis. Bayangkan, anda diminta untuk menggambar gajah di kertas tapi anda tidak tahu bentuk gajah yang akan digambar, pasti anda akan kesulitan. Tapi, jika ada seseorang yang pernah menggambar gajah dan anda meniru langkah dia menggambar gajah maka anda akan mudah melakukannya.


Baca juga : cara market saham bekerja


Mempunyai role model membuat anda lebih yakin dengan pilihan dan mendapatkan ilmu dari orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Anda perhatikan bagaimana dia berjualan, promosi, membuat konten dan lain sebagainya.


4. Produk harus mempunyai keunikan


Kebanyakan orang biasanya terjebak dalam hal ini, mereka menganggap bahwa produknya biasa - biasa saja dan tidak jauh berbeda dengan produk orang lain dan akhirnya terjadi perang harga.


Mereka sampai rela mengambil rugi supaya produknya tetap dibeli masyarakat, kalau produk anda sama dengan produk orang lain maka bisnis anda tidak akan bertahan lama. Jadi, anda harus mencari sesuatu supaya produk memiliki keunikan tersendiri dan tentunya berbeda dari produk orang lain.


Selain itu, anda harus sering melihat kompetitor lain yang sama seperti anda untuk mendapatkan referensi atau ide yang bisa diterapkan di produk anda. Buatlah hal unik dari produk supaya orang - orang bisa tertarik misalnya berbeda dari segi fitur, kemasan (packaging), jumlah dan lainnya.


5. Belajar prediksi market


Anda harus belajar bagaimana cara memprediksi market, prediksi ini cuma menerka dan tidak mungkin terbukti 100% karena tidak ada orang yang tahu apa yang terjadi di masa depan. Tapi, kalau anda melakukan riset maka anda akan menemukan yang namanya tren itu biasanya berulang.


Untuk hal itu, harus ada seseorang yang memikirkan dan melakukan riset terhadap kompetitor, market, pelanggan, usia pelanggan, demografi dan lain sebagainya. Anda sebagai pebisnis online, jangan fokus pada bisnis saja tapi lakukanlah riset karena riset adalah salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan.


6. Memilih kategori


Anda harus memilih kategori dari produk yang ingin dijual, jangan terbatas pada satu produk saja tapi jual beberapa produk dengan kategori yang sama. Jika anda terbatas pada satu produk saja, bisnis online anda akan sulit berkembang.


Pilih kategori yang anda sukai dan mulai action untuk mengembangkan kategori tersebut, jadi sebelum memilih produk pilihlah kategori terlebih dahulu supaya di masa depan anda bisa mengembangkan bisnis online.


7. Memilih customer


Bisnis online pemula
Sumber : pexels.com


Kebanyakan orang pasti memilih produk dahulu kemudian pilih customer padahal cara yang lebih bagus adalah dengan memilih customer kemudian pilih produk. Saat anda membuka toko dan memilih produk yang Anda pikir semua orang akan suka maka akan beresiko besar, secara tidak langsung anda menyuruh customer yang membeli harus sesuai dengan selera anda.


Tidak semua hal yang kita suka orang lain juga suka dan tidak semua hal yang kita benci semua orang pasti benci. Contoh, anda benci makanan berminyak tapi tidak semua teman anda benci makanan berminyak pasti ada yang sering makan makanan berminyak.


Memilih customer terlebih dahulu akan memberi petunjuk supaya bisnis online anda bisa berkembang. Misalnya, di kampung anda banyak orang yang menyukai Snack dan anda tahu hal itu, keadaan ini bisa anda manfaatkan untuk memulai bisnis anda.


Baca juga : benarkah menabung membuat kita menjadi kaya


Untuk memulai bisnis online pertama kali, anda harus memulainya dari lingkungan sekitar karena lebih mudah dalam mengamati, meneliti dan melakukan test market. Setelah memilih customer, anda harus membuat customer persona idea. Contoh, teman sekitar anda menyukai Snack tertentu dan anda tahu hal itu, disini anda lakukan research tentang orang yang membeli Snack ini, anda harus tahu :


• kondisi keuangannya bagaimana ?
• berapa uang yang dia belanjakan ?
• membeli Snack berapa kali dalam seminggu ?
• tinggalnya dimana ?
• sekolahnya dimana ?


Semua informasi ini anda susun semua menjadi customer persona, informasi ini akan digunakan untuk beriklan. Ketika membuat iklan, anda bisa memasukkan semua informasi dari customer persona dan biarkan mesin iklan bekerja baik Facebook, Google dan Instagram untuk mencari customer yang cocok.


Inilah bedanya bisnis online dengan bisnis offline, jadi pastikan Anda memilih customer terlebih dahulu kemudian anda bisa memilih produk yang akan dijual.


8. Belajar adaptasi


Dunia bisnis online ini sangat cepat perkembangannya, dunia bisnis online 5 tahun yang lalu dengan yang sekarang sangat jauh berbeda.


9. Pilih channel penjualan


Sebelum memulai bisnis online, anda harus memilih satu channel penjualan dan fokus disitu. Sama seperti anda membuka toko offline, saat pertama kali membuka toko, jangan membuka beberapa toko sekaligus di beberapa tempat tapi fokuslah pada satu toko terlebih dahulu.


Dalam bisnis online, anda harus pilih satu tempat untuk fokus menjual barang yang anda punya. Anda bisa memilih Instagram, Facebook, WhatsApp, marketplace, website dan lain sebagainya. Kenapa harus satu ? Karena setiap market itu berbeda-beda.


Setiap tempat berjualan online pasti berbeda karakter, usia dan sifat dari para pengguna. Jadi, anda harus pilih satu tempat yang anda pikir cocok untuk berjualan. Misalnya, anda berjualan di Instagram, anda sudah tahu orang yang main Instagram itu berusia 30 tahun ke bawah dan rata - rata penggunanya wanita. Jadi menjual produk yang disukai wanita muda akan laris di Instagram.


10. Jadilah Owner yang hebat


Owner - owner yang sukses dalam bisnis online mempunyai beberapa persamaan diantaranya :


mempunyai sikap yang optimis


Saat owner melakukan sesuatu hal yang baru, dia selalu bersikap optimis karena sikap positif seperti ini bisa menular ke orang lain. Sebagai seorang owner, anda harus mempunyai sikap optimis dan jangan bersikap pesimis karena tidak ada orang pesimis yang sukses di dunia ini.


memiliki motivasi yang kuat


Seorang pebisnis online harus mempunyai motivasi yang kuat supaya bisa terus maju dan pantang mundur, motivasi ini bisa bersifat positif maupun negatif. Misalnya dia ingin membuktikan ke teman - teman yang meremehkannya bahwa dia mampu untuk sukses atau dia ingin menjadi orang sukses karena ingin membangun sekolah, panti asuhan, pesantren dan lainnya.


Motivasi yang kuat bisa mendorong seseorang untuk terus maju, dia sudah mempunyai alasan kenapa harus terus berjuang dan menggapai kesuksesan. Jika anda belum mempunyai motivasi maka carilah sekarang dan jangan bisnis online hanya sekedar mendapatkan uang saja.


tidak takut dengan kegagalan


Kegagalan adalah hal yang biasa, semua orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam perjalanan hidupnya. Akan menjadi masalah kalau seseorang takut dengan kegagalan, orang yang takut dengan kegagalan adalah orang yang cepat menyerah, orang pemalas dan orang yang takut dengan hal baru.


Mulai sekarang, latih diri anda supaya tidak takut dengan kegagalan. Saat anda mengalami kegagalan maka langkah yang harus diambil adalah memperbaiki kesalahan dan bangkit untuk mencoba lagi.

Posting Komentar

0 Komentar