Benarkah Menabung Membuat Kita Menjadi Kaya ?

Menabung Membuat Kita Menjadi Kaya ?


Fakta tentang menabung


Banyak orang bilang menabung itu pangkal kaya dan sejak kecil kita diajarkan untuk menabung dengan menyisihkan uang jajan sehari-hari sampai terkumpul uang dan digunakan untuk membeli barang yang diinginkan. Pada saat sekolah, menabung terasa mudah karena hanya menyisihkan uang jajan > tunggu beberapa bulan > beli barang yang kita mau.


Mindset ini bagus untuk anak sekolah, siswa dilatih untuk mengendalikan diri demi mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Tapi, mindset ini tidak cocok ketika masuk ke dunia kerja.


Di dunia kerja, banyak orang yang berpikir dengan mindset yang sama, orang-orang berusaha menyisihkan pemasukan setiap bulan demi mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan di masa depan seperti modal nikah, beli mobil, beli rumah, beli smartphone baru dan lain sebagainya.


Kenyataannya dalam dunia kerja, dunia berubah dan tidak simpel seperti zaman sekolah dulu. Saat anda memasuki dunia kerja, anda akan menyadari dan mengalami banyak hal yang tidak terduga seperti harga barang yang terus naik setiap tahun, kebutuhan mendadak, sakit, dompet hilang, smartphone rusak dan lain sebagainya.


Hal ini membuat banyak generasi milenial yang mengeluh karena kesulitan menabung. Seharusnya, orang-orang menyadari bahwa membeli rumah, membeli mobil dan lainnya tidak bisa didapatkan hanya dengan menabung saja. Walaupun ada orang yang terus berhemat dan menyisihkan uang tiap tahun pasti uang yang terkumpul itu sedikit dan tidak cukup untuk membeli rumah dan mobil.


Uang yang bisa dikumpulkan oleh karyawan baru atau orang yang baru merintis usaha sekitar 1-2 juta per bulan dan dalam setahun hanya mendapatkan uang 12-24 juta. Uang sebanyak itu belum cukup untuk membeli rumah dan mobil yang anda impikan, coba anda hitung sampai berapa tahun menabung supaya bisa mendapatkan rumah yang anda inginkan.


Coba lihat orang-orang yang status ekonominya di atas kita, apa mereka bisa mendapatkan rumah dan mobil dari hasil menabung ? Tentu saja tidak. Mereka bisa mendapatkan rumah dan mobil karena pemasukan mereka yang besar.


Orang yang bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik bukan karena menabung tapi karena pendapatan yang besar. Mereka mempunyai gaji yang besar, bisnis yang semakin meluas dan barang dagangannya laris.


Jadi, menabung pangkal kaya itu sudah tidak relevan  di dunia kerja, mindset menabung yang sering kita lakukan di masa sekolah dulu sudah tidak cocok di dunia kerja sekarang. Oleh karena itu, anda harus mengubah mindset dengan fokus ke menambah pemasukan bukan menyisihkan pemasukan.


Baca juga : 7 penyakit keuangan yang harus anda hindari


Anda harus berusaha menambah pemasukan dengan menjalani gaya hidup yang wajar dan mengendalikan pengeluaran untuk pengembangan diri supaya pemasukan jadi bertambah. Daripada anda menabung, lebih baik anda gunakan uang itu untuk meningkatkan skill yang anda miliki.


Anda bisa membeli buku, mengikuti pelatihan, belajar bahasa Inggris, mempelajari skill baru dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya skill dan pengetahuan maka cepat atau lambat anda pasti akan mempunyai pemasukan yang besar.


Pentingnya Literasi Keuangan


Salah satu ilmu yang sangat penting tapi jarang dipelajari adalah literasi keuangan atau  pengetahuan untuk mengelola uang. Literasi keuangan adalah fondasi yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup.


Orang-orang bisa mendapatkan uang lebih dari gaji mereka dengan mempelajari cara mengelola uang yang baik tapi sayangnya banyak orang tidak mempunyai literasi keuangan yang baik dan akhirnya tidak bisa mengelola uang yang mereka punya.


Uang yang mereka dapatkan selalu habis setiap bulan bahkan ada yang sampai ngutang ke orang lain demi bertahan hidup. Tidak sedikit orang baik yang tertipu dengan investasi palsu yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat.


Di tahun 2019, banyak sekali asuransi yang gagal membayar ke nasabah dan banyak sekali Reksadana yang ditutup oleh OJK. Jika kita mempunyai literasi keuangan yang baik, hal ini bisa dicegah atau diminimalisir.


Dengan literasi keuangan yang baik, pengelolaan uang tidak sekedar menabung dan berhemat saja tapi kita bisa mengetahui waktu yang tepat untuk berinvestasi, memecah aset menjadi beberapa bagian dan mengalihkan aset ke bentuk lain.


Literasi keuangan yang baik akan memudahkan anda dalam mencapai tujuan hidup, jangan jadikan uang sebagai tujuan hidup tapi jadikan uang sebagai jembatan supaya kita terus tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Mulai sekarang, anda harus mempunyai literasi keuangan yang baik supaya kualitas hidup anda akan meningkat.

Posting Komentar

0 Komentar