10 Hal yang Harus Anda Tinggalkan Supaya Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Hal yang Harus Anda Tinggalkan Supaya Hidup Menjadi Bahagia


Cara hidup bahagia


Semua orang pasti ingin bahagia dan kebahagiaan adalah hal yang subjektif, tidak ada orang yang bisa mendefinisikannya. Mungkin mempunyai banyak uang, banyak teman, banyak ilmu, jabatan yang bagus dan lain - lain adalah hal yang membuat kita bahagia.


Tapi hidup mudah tidak selalu bahagia, banyak orang yang mempunyai uang yang berlimpah tapi mereka tidak bahagia dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Kebahagiaan ada dalam diri kita, semakin jauh anda mencari kebahagiaan semakin anda tidak mendapatkan apa-apa.


Kebahagiaan adalah milik semua orang tapi bukan berarti kebahagiaan itu mudah didapatkan, justru kebahagiaan itu harus diperjuangan dan jalan untuk mencapai sebuah kebahagiaan tidaklah mudah.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu hal yang harus ditinggalkan supaya hidup menjadi lebih bahagia dan mengubah mindset anda tentang kebahagiaan.


1. Takut dengan kegagalan


Suatu saat anda akan tumbuh dewasa dan dibebani dengan masalah dan cobaan yang sangat berat, anda harus memperkuat pundak supaya tidak menyerah dalam menghadapi masalah yang datang. Terkadang, anda harus mencoba berkali - kali sampai berhasil dan gagal berkali - kali sampai mendapatkan keberhasilan.


Kegagalan memang dibutuhkan supaya keberhasilan menjadi momen yang manis dan sempurna, takut dengan kegagalan membuat peluang menjadi sempit dan menutup potensi yang ada dalam diri anda.


Takut dengan kegagalan membuat diri anda takut untuk mencoba sesuatu yang baru, gagal adalah hal yang biasa dan semua orang pernah mengalami kegagalan tapi tidak semua orang bisa bangkit dari kegagalan itu, hanya orang dengan jiwa pemenang yang selalu bangkit dari kegagalan.


2. Cita - cita yang tidak realistis


Semua orang pasti mempunyai cita - cita yang besar dan tidak ada salahnya mempunyai impian seperti itu tapi jangan sampai anda membuat cita - cita yang sulit dicapai atau tidak realistis.


Mempunyai impian yang tidak realistis membuat hidup anda terus berada dalam tekanan sehingga sering merasa kecewa dan gagal pada diri sendiri, pada akhirnya anda tidak bisa merasakan kebahagiaan karena hidup yang penuh dengan tekanan.


Lebih baik, anda tinggalkan impian seperti itu dan mulailah membuat cita - cita yang lebih realistis, buat tahapan - tahapan yang benar dalam bentuk pekerjaan kecil untuk mencapai impian tersebut, anda akan bahagia saat menyelesaikan pekerjaan kecil yang sudah anda rancang.


3. Mempunyai kebiasaan yang buruk


Mempunyai kebiasaan buruk


Kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok, begadang dan lain lain harus anda kurangi sedikit demi sedikit untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.


Anda harus bisa mencintai tubuh sendiri, mulailah berolahraga, tidur teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan jalankan kebiasaan sehat karena kebiasaan buruk atau tidak sehat membuat diri anda kurang bahagia.


4. Menyimpan dendam


Melepaskan kebencian dan dendam adalah hal yang sulit dilakukan tapi anda harus menghilangkan dua hal buruk itu supaya hidup anda lebih bahagia. Kejadian buruk, kekecewaan, amarah, dendam dan sakit hati di masa lalu harus anda terima.


Baca juga : penyebab utama impian anda tidak pernah terwujud


Menyimpan dendam tidak akan menghasilkan apa - apa, hal yang sudah berlalu biarlah berlalu dan hal itu tidak bisa diubah. Anda harus bisa menerima dan berdamai lalu mengambil pelajaran dari kejadian buruk yang menimpa diri anda.


5. Merasa semua hal bisa dikendalikan


Mempunyai rencana adalah hal yang sangat baik, semua hal memang harus direncanakan terlebih dahulu supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, jangan sampai merasa bahwa semua hal bisa dikendalikan dan berada dalam genggaman anda.


Sebuah rencana bisa berhasil dan bisa gagal, anda harus percaya bahwa ada pihak lain yang menentukan keberhasilan anda. Ada tangan Tuhan yang sering menyusup ke rencana anda, oleh karena itu anda harus bersyukur saat rencana berhasil dan meminta pertolongan saat rencana gagal.


6. Hubungan yang toxic


Anda harus memutus hubungan toxic dengan orang - orang di sekitar anda seperti teman yang suka memanfaatkan, teman yang membuat anda stres, pacar yang kasar dan lain sebagainya. Hubungan toxic hanya membawa beban dan tidak ada timbal balik atau manfaat yang anda dapatkan dari hubungan itu.


Jangan takut meninggalkan teman yang selalu menghina dan membuat anda rugi, jauhi mereka dan bangun hubungan dengan orang yang anda cintai, orang yang mengerti perasaan anda dan orang yang bisa membuat anda senang.


7. Sombong dan tidak mau mengalah


Semakin tinggi pendidikan maka akan semakin bijak untuk memilih gaya hidup yang sederhana, semakin merasa besar dan lebih dari orang lain maka semakin tidak bisa melihat kekurangan diri sendiri, anda jangan menjadi orang yang sombong dan tidak mau mengalah, mengalah bukan berarti kalah.


Jangan mengikuti ego yang ingin menang sendiri, jadilah orang yang rendah hati dan cobalah untuk mengalah sekali - kali Supaya hidup anda menjadi lebih bahagia dan tidak tertekan dengan masalah yang dialami.


8. Zona nyaman


Zona nyaman


Zona nyaman adalah tempat paling buruk dimana kehidupan tidak ada perubahan sama sekali, hidup terasa hambar, begini - begini aja, teman tidak bertambah, ilmu tidak bertambah dan lain sebagainya. Jika anda sudah merasa begitu, anda harus segera keluar dari zona nyaman demi membuat kehidupan yang lebih bahagia.


Baca juga : cara menjadi seorang pemalas yang sukses


Cobalah untuk mengambil sebuah tantangan, peluang, mencoba hal baru. Mengambil tantangan baru tidak menjamin hidup anda bahagia tapi setidaknya anda mempunyai pengetahuan baru, teman baru dan pengalaman baru yang membuat anda hidup menjadi lebih berwarna.


9. Mengejar kesempurnaan


Untuk mendapatkan sebuah kesempurnaan dibutuhkan puluhan bahkan ribuan kali percobaan dan perbaikan, anda jangan mempunyai pikiran bahwa sekali mencoba hasilnya akan sempurna, hal itu tidak akan terjadi.


Kesempurnaan adalah sebuah proses yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti, anda jangan menjadi orang perfeksionis yang berpikir bahwa semua hal akan sempurna dalam satu kali percobaan.


10. People pleaser


Anda pasti ingin diterima oleh orang - orang di lingkungan sekitar tapi jangan sampai anda menjadi orang yang selalu menyenangkan orang lain dan mengabaikan harga diri, prinsip dan keinginan anda.


Di satu sisi, anda ingin menjadi orang yang disukai oleh banyak orang di lingkungan anda dan di sisi lain anda mengorbankan perasaan, menjadi orang yang gelisah dan tertekan dengan apa yang anda lakukan.


Jangan takut untuk tidak diterima oleh orang lain, sikap yang anda ambil pasti ada orang yang setuju dan ada orang yang menentang, hal yang penting adalah menjaga prinsip, harga diri dan berikan value ke diri sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar