Inilah 13 Makanan Untuk Menambah Berat Badan dan Massa Otot

13 Makanan Untuk Menambah Berat Badan dan Massa Otot


Makanan untuk menambah massa otot



Makanan yang anda konsumsi sehari - hari menentukan bagaimana kesehatan tubuh anda nanti, jika anda mengonsumsi makanan yang buruk seperti junk food dan gorengan maka kesehatan anda akan menurun, sebaliknya jika anda sering mengonsumsi makanan yang baik seperti buah - buahan dan biji - bijian maka kesehatan anda akan terjaga.


Jika anda mempunyai keinginan untuk menambah berat badan dan massa otot maka anda harus tahu makanan apa saja yang mendukung keinginan anda. Jangan sampai salah mengonsumsi makanan karena hasilnya akan berbeda dari yang anda inginkan.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu beberapa makanan yang bisa menambah berat badan dan massa otot anda supaya hasilnya nanti sesuai dengan perkiraan anda.


1. Susu


Susu sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan memulihkan stamina, susu mengandung protein, karbohidrat, kalsium dan lemak yang bermanfaat untuk tubuh anda. Study dari American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa meminum susu setelah berolahraga membuat pembangunan massa otot lebih efektif.


Jika anda tidak berolahraga, minumlah segelas susu bersama makanan untuk mendapatkan hasil yang setara dengan olahraga.


2. Alpukat


Alpukat merupakan lemak baik yang bagus, ia dipenuhi nutrisi dan mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh anda, salah satunya adalah menambah massa otot. Selain rasanya yang enak, alpukat juga rendah kalori dan cukup untuk menambah berat badan anda. Anda bisa tambahkan alpukat ke salad atau roti lapis untuk menambah massa otot dan berat badan dengan cepat.


3. Daging merah


Daging merah adalah makanan yang tepat jika anda ingin menambah berat badan dan massa otot. Daging merah mempunyai beberapa kandungan penting seperti kreatina dan leusina yang berguna untuk membangun jaringan baru dan menstimulasi protein otot tubuh.


Tapi, satu hal penting yang harus anda ketahui bahwa mengonsumsi daging merah terlalu banyak bisa mengacaukan sistem tubuh anda. Jadi, hindari konsumsi daging merah secara berlebihan dan konsumsi secukupnya saja.


4. Tahu


Tahu adalah sumber protein nabati yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh anda. Tahu mengandung protein, kalsium dan leusina yang berguna untuk menjaga fungsi otot. Protein kedelai dalam tahu adalah kandungan protein terbaik yang bisa anda konsumsi.


Baca juga : 5 mitos tentang serangan jantung yang dianggap benar oleh banyak orang


Mulailah mengonsumsi tahu secara rutin dan menambahkannya ke dalam makanan sehari - hari untuk mendapatkan massa otot dan berat badan yang anda inginkan.


5. Ikan nila


Ikan nila tidak mempunyai kadar asam lemak sehat seperti salmon atau ikan berminyak lain. Ikan nila mempunyai kandungan protein yang tinggi dan kaya vitamin B12 dan selenium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel darah dan saraf.


Anda bisa mulai mengonsumsi ikan nila supaya bisa menambah berat badan dan massa otot sesuai target anda.


6. Telur


Cara menambah massa otot


Telur adalah makanan yang direkomendasikan untuk membentuk otot, telur mempunyai kandungan protein berkualitas tinggi, antioksidan dan lemak baik. Telur juga merupakan makanan yang bisa menambah berat badan secara efektif.


Manfaat - manfaat tersebut bisa anda dapatkan dari kuning telur, jadi mulailah mengonsumsi telur minimal sehari 1× untuk membangun otot dan menambah berat badan anda.


7. Biji - bijian


Biji - bijian kaya akan protein, serat, vitamin, zat besi dan vitamin B. Bijian - bijian adalah makanan yang rendah lemak dan makanan ini mudah didapatkan, zat - zat yang ada dalam biji - bijian berperan penting dalam menambah massa otot dan bisa menambah nafsu makan anda.


8. Kacang - kacangan


Kacang - kacangan dan selai kacang adalah makanan yang harus ditambahkan dalam program pembentukan otot, kacang mempunyai kalori baik, protein dan lemak baik. Anda bisa mengonsumsi kacang - kacangan sebagai cemilan atau menambahkannya ke salad dan makanan lain.


Untuk selai kacang, anda bisa mengoleskannya ke roti lapis atau makanan yang anda sukai. Pastikan selai kacang yang anda beli itu murni 100% supaya anda mendapatkan semua manfaat yang ada dalam selai kacang.


9. Buah - buahan kering


Buah - buahan kering seperti apel, ceri dan nanas bisa membantu anda dalam menambah massa otot. Buah tidak akan kehilangan nutrisi saat dikeringkan karena kandungan serat membantu mempertahankan kandungan vitamin.


Anda bisa mengonsumsi buah - buahan kering sebagai cemilan atau menambahkannya ke yoghurt atau minuman berprotein supaya membentuk campuran lemak dan protein yang baik untuk tubuh anda.


10. Kacang kedelai


Kacang kedelai banyak mengandung zat besi, fosfor dan vitamin K yang bermanfaat untuk tubuh. Zat besi menyimpan oksigen lewat otot dan darah sehingga cocok untuk anda yang berolahraga untuk menambah massa otot.


Selain itu, kacang kedelai juga mempunyai kandungan antioksidan yang bisa memulihkan tubuh anda dengan efektif. Waktu yang pas untuk mengonsumsi kacang kedelai adalah setelah olahraga berat.


11. Ikan berminyak


Ikan berminyak seperti tuna dan salmon mempunyai kandungan protein dan lemak baik yang membantu anda dalam menaikkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan seluruh tubuh.


Cara mengonsumsinya adalah dengan memakannya bersama dengan nasi dan sayur - sayuran supaya makanan anda menjadi hidangan yang sehat dan bergizi.


12. Minuman berprotein


Meskipun minuman berprotein di toko sangat efisien tapi banyak tidak bernutrisi dan banyak mengandung kadar gula yang tinggi. Anda bisa membuat minuman berprotein sendiri di rumah supaya bisa mendapatkan semua kandungan vitamin yang bisa menambah berat badan dan otot.


Contoh minuman berprotein seperti :


Minuman coklat dengan pisang dan kacang, cara membuatnya anda harus mempunyai 2 gelas susu, 1 pisang, 1 sendok makan protein laktoserum coklat dan 1 sendok makan selai kacang. Lalu, masukan semua bahan ke blender dan tunggu sampai proses selesai.


13. Cokelat hitam


Cokelat hitam termasuk makanan manis, cokelat ini bisa membuat badan anda menjadi sehat bugar dan kencang. Cokelat dengan sumber kakao mempunyai 70% kandungan antioksidan yang baik untuk performa olahraga dan meningkatkan kesehatan tubuh.


Baca juga : inilah makanan dan minuman yang menyebabkan bau badan


Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam sebagai cemilan atau menambahkan bubuk kakao tanpa pemanis ke minuman berprotein. Dengan mengonsumsi ini, anda dapat menaikkan level antioksidan dan membawa anda ke massa otot yang anda inginkan.


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa membaca artikel lainnya di blog magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar