Hindari !! Inilah Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Badan

Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Badan


Makanan yang memicu bau badan

Makanan dan minuman yang menyebabkan bau badan - bau badan menjadi masalah yang serius karena sangat mengganggu dan membuat diri kita tidak nyaman. Terutama saat beraktivitas dan mengobrol dengan teman tentu membuat kita tidak percaya diri.


Bau badan disebabkan oleh beberapa hal seperti berkeringat, gigi berlubang dan mengonsumsi makanan tertentu. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang makanan yang bisa menyebabkan bau badan, lebih baik hindari atau kurangi makanan di bawah ini.


1. Gorengan


Semua pasti pernah mengonsumsi gorengan, makanan satu ini ternyata bisa menyebabkan bau badan jika mengonsumsi secara berlebihan. Selain bau badan, sering makan gorengan juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, darah tinggi dan batuk - batuk.


Gorengan mengandung lemak dan minyak yang tinggi yang bisa mengganggu proses pencernaan. Lebih baik, anda kurangi makan gorengan untuk mencegah tubuh anda terserang penyakit berbahaya.


2. Rempah - rempah


Jika anda mengonsumsi banyak sekali rempah - rempah yang bervariasi secara terus menerus maka tubuh anda akan mengeluarkan bau yang mirip dengan rempah yang anda makan.


Anda ingat pelajaran biologi tentang sistem ekskresi, disana dijelaskan bahwa bahan - bahan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh maka akan dikeluarkan bisa melalui paru - paru, BAB, kulit dan lain - lain.


Kulit juga merupakan alat ekskresi, saat bahan yang tidak dibutuhkan di buang melalui kulit maka akan mengeluarkan bau badan.


3. Daging merah


Saat anda mengonsumsi daging maka sistem pencernaan akan memakan waktu yang lama untuk mengolah daging merah sehingga akan mengeluarkan toksin dan gas. Jika anda ingin mengonsumsi daging maka harus di imbangi dengan mengonsumsi sayuran.


Jika anda mengonsumsi daging secara terus menerus tanpa di imbangi dengan sayuran maka badan anda akan mengeluarkan bau. Orang yang vegetarian, bau badannya tidak terlalu parah karena selalu mengonsumsi sayuran di setiap makanan.


4. Ikan


Mungkin ada beberapa orang yang mengonsumsi ikan bisa mengeluarkan bau badan termasuk orang yang mempunyai trimethylaminuria. Orang yang mengalami kelainan ini tidak mampu memecah asam amino dan trimetilamin dalam tubuh.


Pada akhirnya, senyawa - senyawa dikeluarkan melalui urin dan kulit hingga akhirnya mengeluarkan bau terutama di kulit. Makanan yang mengandung asam amino diantaranya minyak ikan, telur dan seafood.


5. Alkohol


Anda mungkin sudah tahu bahwa orang yang mengonsumsi alkohol atau orang yang baru mengonsumsi alkohol maka saat berbicara baunya akan tercium oleh lawan bicara. Saat anda mengonsumsi alkohol maka metabolisme di hati berubah menjadi asam asetat.


Jadi, bau alkohol sebagian akan keluar melalui pori - pori tubuh anda dan sebagiannya lagi dikeluarkan melalui mulut yang tercium dengan sangat jelas.


6. Kopi


Beberapa orang minum kopi setiap hari biasanya pada pagi hari sambil santai - santai. Tapi, kopi bisa menyebabkan bau badan karena mengandung kafein yang merangsang saeaf pusat dan mengaktifkan kelenjar keringat.


Baca juga : 10 kebiasaan sehari - hari yang membuat tubuh gemuk


Hal itu menimbulkan bau badan yang mengganggu dan saat anda kekurangan air liur maka bakteri akan tumbuh dan mengeluarkan bau mulut. Lebih baik, anda menu mengurangi konsumsi kopi anda setiap hari untuk meminimalisir bau badan.


7. Junk food


Mengonsumsi junl food dalam jangka panjang maka akan mengganggu sistem pencernaan dan akhirnya badan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Senyawa kimia pada junk food mempunyai glikemik yang tinggi sehingga menyebabkan susunan kimiawi darah terganggu dan menupuk di perut.


8. Tembakau


Orang Indonesia mengonsumsi tembakau lewat rokok, jika anda seorang perokok maka bau rokok dari mulut sudah tidak aneh karena sudah terbiasa. Untuk orang yang tidak merokok maka bau rokok akan mengganggu diri anda.


9. Umbi merah


Umbi mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan, meski begitu umbi mengandung banyak metil yang menyebabkan bau badan. Metil terurai dalam pencernaan dan senyawa kimia bernama TMA (trimethylamine), senyawa akan dikeluarkan melalui kulit dan tercium bau yang kurang sedap.


10. Bawang putih


Bawang putih mempunyai aroma yang sangat kuat, saat anda mengonsumsinya maka badan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau bawang juga bisa bertahan selama berjam - jam dan sulit untuk menghilangkannya.


Selain bawang, bahan - bahan seperti bumbu dapur dan bawang bombay juga bisa mengeluarkan bau badan yang sama selama beberapa jam.


11. Makanan mengandung serat


Makanan yang mengandung serat bisa menyebabkan bau badan yang tidak enak, baik makanan serat tinggi maupun makanan serat rendah keduanya sama - sama akan mengeluarkan bau bila dikonsumsi secara berlebihan.


Makanan berserat mengandung karbon dioksida, metana dan hidrogen. Saat anda mengonsumsi makanan serat maka pada sistem pencernaan akan menghasilkan gas dan mengeluarkan bau.


12. Susu


Mengonsumsi susu memang sehat untuk tubuh tapi mengonsumsi susu secara berlebihan bisa menyebabkan aroma mulut dan bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, anda harus minum susu sewajarnya saja atau mengatasinya dengan minum air putih setelah minum susu.


13. Kubis dan brokoli


Sayuran hijau sehat untuk dikonsumsi karena mengandung sulfur yang membantu antioksidan dan nutrisi untuk membebaskan tubuh dari sel karsinogenik dan racun. Sulfur pada kubis dan brokoli tidak selamanya baik, saat bereaksi sulfur akan menyebabkan perut kembung dan akhirnya mengeluarkan bau badan.

Posting Komentar

0 Komentar