Inilah 9 Keunggulan Oppo Reno8, Ada Kamera Flagship

Spesifikasi Oppo Reno8 5G
Oppo Reno8 5G



Oppo Reno8 5G adalah smartphone yang menawarkan SoC kelas flagship yang mumpuni tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

HP terbaru ini jelas adalah penerus dari Oppo Reno 7 5G yang rilis awal tahun 2022. Oppo menawarkan smartphone ini dengan beberapa elemen flagship di dalamnya.

Jika Anda penasaran dengan berbagai keunggulan yang disematkan di smartphone ini, simak penjelasan Magersena di bawah ini.

1. Kamera yang Bagus


Kualitas kamera yang sangat bagus dengan fitur yang sangat komplit, jadi kamera utamanya 64 MP dan bisa menghasilkan foto yang sangat detail baik di siang hari atau di malam hari.

Untuk siang hari, ada fitur HDR yang membuat hasil foto lebih seimbang meskipun diambil di kondisi terik, jadi wajah tidak kusut dan background juga tidak terlihat over exposure.

Ada juga fitur A.I yang secara otomatis mendeteksi objek dan mengoptimasi kualitas foto berdasarkan tipe obyeknya, hasil fotonya terlihat natural dan tidak over saturated.

Jika foto diperbesar maka terlihat bagaimana detailnya hasil jepretan kamera utama smartphone ini dan Anda pun bisa ambil foto di full 64 MP dengan detail yang lebih besar.

Untuk foto di malam hari, hasil foto terlihat cukup minim noise dengan detail yang masih tinggi, ada juga mode malam untuk membuat kondisi yang sangat kurang cahaya jadi lebih terang dan lebih minim noise.

Untuk detail warna foto malam hari masih sangat akurat meskipun diambil dalam kondisi gelap.

Untuk hasil video dari Oppo Reno8 sudah stabil dengan adanya fitur di kamera utama, ada juga autofokus dan aturan warna serta detail yang sangat baik.

Hal yang sama ini juga berlaku di kamera depan, jadi HP ini menggunakan sensor 32 MP hasil kolaborasi antara Sony dan Oppo yaitu IMX709 RGBW yang memang sudah sering jadi andalan Oppo di Reno series.

Jika lihat dari hasil jepretan selfie maka hasilnya sangat detail bahkan untuk selfie di malam hari atau di tempat yang minim cahaya.

Jadi, sensornya seperti lebih sensitif ke cahaya membuat inti cahaya bisa lebih banyak yang bikin foto selfie malamnya jadi lebih detail.

2. Hasil foto yang Jernih


Bagian belakang ada 2 MP dan kamera yang menemani kamera utamanya, hasil jepretan potretnya terbilang halus separasinya, pemisahan antara background dan objek ini bisa akurat dengan efek bokeh yang terlihat natural.

Anda bisa menambah atau mengurangi efek di latar belakang dan ada beberapa mode bokeh yang bisa Anda pilih, salah satunya bokeh portrait yang hasilnya memuaskan.

Untuk foto di malam hari, efek bokeh jadi lebih terang ala-ala hasil jepretan kamera DSLR. Menariknya, meskipun tidak ada depth kamera depan tapi hasil selfie potretnya bagus dan separasi background serta obyeknya juga terlihat halus.

3. Adanya Microlens Kamera


Oppo Reno 8 mempunyai micro lens untuk mikroskop kamera dengan perbesaran 15 kali dan 30 kali. Bagian belakang ada 2 MP micro lens camera.

Lensa ini mungkin bukan kamera yang dicari oleh banyak orang, tapi untuk Anda yang suka eksplorasi foto atau suka foto semua hal maka Reno 8 dengan Microlens menarik untuk dicoba.


Dengan fitur lens, Anda bisa mengambil foto-foto mikroskopik dari objek-objek di sekitar Anda yang mungkin selama ini diabaikan dan hasilnya bisa jadi sangat menarik.

Oppo menambahkan satu ringlight untuk mensuport pencahayaan saat foto diambil, ringlight ini mengitari modul kamera mikrolrns dan akan memberi ekstra cahaya saat foto diambil.

4. Desain menarik dan kompatibel


Oppo Reno8 mempunyai tampilan glue desain yang terlihat seperti glowing dan nyaman saat dipandang, body HP ini anti-fingerprint jadi tidak gampang kotor saat terkena sidik jari bekas-bekas tangan orang lain.

Desain HP Oppo ini tampil kokoh dengan frame fiber gaya retro, jadi kesannya sedikit kotak meskipun dia lengkung di sudut-sudutnya. Modul kameranya pun juga punya desain kotak yang simetris, jadi terlihat keren. 

Untuk ukurannya, Reno 8 cukup kompatibel dengan tebal 7,49 mm dan berat 176 G sehingga di genggaman tangan masih terasa ringkas.

5. Layar yang luas dan memuaskan


Oppo Reno 8 ukurannya besar yaitu 6,4 inch dan panelnya ini merupakan panel layar Amoled yang secara tampilan punya kontras tinggi dengan warna yang vibrant.

Layar ini juga punya refresh rate 90 Hz yang bikin pergerakan geser layar dan navigasinya juga terasa mulus. Dengan spesifikasi seperti itu, rasanya sudah cukup nyaman untuk sehari-hari.

6. Performa yang Mumpuni


Performa HP terbaru ini lebih dari cukup untuk harian atau performa gaming. Jadi, Reno8 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang sudah familiar di smartphone Oppo.

Rasanya semakin dipakai dia semakin teroptimasi karena sektor performa di smartphone ini juga terasa makin responsif yang dikombinasikan dengan 8 GB RAM yang bisa diekspansi dengan RAM expansion sampai di angka 5 GB.

Dengan itu, performa hariannya untuk multitasking, pindah antar aplikasi, sosmed dan browsing ini semua mulus dan lancar.

Ram Expansion ini bisa dipilih sendiri jumlahnya, mulai dari 2GB 3GB atau 5GB sesuai kebutuhan dan otomatis diambilkan dari internal storage saat diperlukan.
 
Untuk urusan gaming, performanya sudah cukup bagus. Coba main PUBG bisa lancar dengan setting grafis Balance Frame rate medium, style realistik dan anti aliasing 2×.

Sedangkan game CODM, Anda akan mendapatkan settingan very high, frame rate medium dan performanya sangat mulus dengan tampilan grafis yang bagus.

Pada mobile Legends, Anda bisa mengaktifkan setting grafis ultra di refresh rate high yang secara tampilan grafis dan gameplay sudah sangat optimal di Oppo Reno 8.

Ada optimasi juga yang ditanamkan Oppo yang ke perangkat ini yaitu ada A.I System Booster dan A.I Frame Rate Stabilization yang memang membantu performa gaming lebih stabil dari frame rate selama dimainkan.

Pengguna pun bisa mengatur sendiri mode performa, mulai dari low-power mode sampai pro gamer mode sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

7. Baterai yang Awet dan Pengisian yang Cepat


Smartphone ini dilengkapi dengan baterai 4500 mAh yang bisa bertahan hampir seharian di penggunaan normal.

Untuk charge terasa cepat dengan superhooq 33W yang dari pengujian bisa penuh dari 0% ke 100% hanya dalam waktu satu jam dan charge 5 menit saja sudah bisa top-up sampai sekitar 1,68 jam.


Jadi, jika Anda sedang dalam darurat maka bisa top-up daya dengan sangat cepat dan secara platform pun ada fitur-fitur yang memaksimalkan kinerja dari baterai di Oppo Reno 8.

Beberapa fitur tersebut diantaranya power-saving mode, super power saving mode yang lebih ekstrim lagi dalam menghemat baterai dan optimize batre untuk mematikan aplikasi background yang menghabiskan banyak baterai secara otomatis.

Ada juga slip stand-by optimization untuk mengurangi konsumsi baterai saat kita tidur dan ada optimize charge juga untuk mencegah ngecas berlebihan.

Dengan semua fitur itu, baterai smartphone jadi tidak gampang nge-drop dan lebih awet dalam penggunaan jangka panjang.

8. ColorOS 12 yang Seperti Fitur


ColorOS 12 ini sudah berbasis Android 12 yang dilengkapi RAM Expansion dan optimasi gaming serta optimasi baterai yang tadi sudah dibahas di atas.

Tapi, ada juga beberapa fitur lainnya seperti air gesture yang bisa geser sosmed tanpa harus sentuh layar. Jadi, cukup lambaikan tangan saja maka layar akan pindah secara otomatis.

9. Port dan Sensor Biometrik yang Komplit


Bagian bawah HP ada audio jeck, lubang mic, port charging, USB type-C dan lubang speaker. Bagian atas ada extra mic, di kanan tombol power dan di kiri ada tombol volume serta simtray.

Untuk sensor biometrik, Oppo Reno 8 sudah ada in- display fingerprint sensor yang proses scan terbilang cepat dan akurat.

Penutup


Itulah alasan kenapa Anda harus membeli Oppo Reno8 5G, jika Anda tertarik dengan spesifikasi, performa gaming atau kualitas kamera yang disematkan maka jangan ragu untuk membelinya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mencari smartphone yang cocok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.