√ Cara Memperbaiki File Microsoft Word yang Corrupt dan Error Dengan Mudah dan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Memperbaiki File Microsoft Word yang Corrupt dan Error Dengan Mudah dan Cepat

Mengatasi file word tidak bisa dibuka


Microsoft office word merupakan aplikasi pengolah kata atau word processor buatan perusahaan raksasa bernama microsoft. Aplikasi word ini bisa membuat, menampilkan, mengedit dan berbagi file dengan sesama pengguna dengan cepat dan mudah.

Microsoft word ini digunakan oleh banyak orang, mulai dari seorang jurnalis, penulis, blogger, pelajar, mahasiswa dan para pekerja lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Anda bisa membuat dokumen skrip, blog, teks dan karya tulis yang memukau.

Tapi, apakah anda pernah mengalami masalah pada file word yang anda buat, seperti file word yang tidak bisa dibuka atau corrupt. File yang bermasalah ini membuat kesal karena kita sudah lelah membuat file atau menjaga filenya dan ternyata filenya tidak bisa dibuka sama sekali.

Tenang saja, saya akan membagikan cara untuk memperbaiki file microsoft word yang corrupt dengan mudah. Simak caranya di bawah ini.


1. Repair My Word



Anda pasti pernah mengalami kejadian ketika membuka sebuah file docx atau dokumen maka yang muncul atau karakter tidak jelas yang membuat anda bingung. Bila hal ini terjadi maka file dokumen tersebut sudah mengalami kerusakan.

Tapi jangan khawatir, file yang tersebut masih bisa anda lihat isinya dengan memperbaiki file word tersebut menggunakan firmware bernama "Repair My Word" yang bisa anda download secara gratis melalui situs www.repairmyword.com.

Setelah download selesai, langsung install firmware tersebut dan buka. Pilih repair / open dan pilih dokumen word yang rusak tersebut, kemudian pilih open. Maka dengan cepat, isi dari file word yang rusak tersebut bisa dilihat isinya dengan mudah dan cepat.

Baca juga : gampang banget ! Cara merubah tampilan dekstop windows 7 menjadi keren dan HD

Jangan lupa untuk menyimpan file yang sudah diperbaiki dengan pilih save > beri nama file > tempatkan lokasi file > save. 


2. Mengubah format dokumen



Cara selanjutnya untuk memperbaiki file word yang corrupt atau error adalah dengan mengubah format file word tersebut. Cara ini sedikit lebih rumit tapi bisa menambah wawasan anda tentang microsoft word.

Caranya : pertama - tama anda rename file dokumen word yang corrupt menjadi rar atau zip. Contoh : namafile.rar atau namafile.zip, kemudian buka file tersebut dan masuk ke folder word > ambil file document.xml dan pindahkan ke folder yang sama dengan file word yang sudah diubah formatnya.

Setelah itu, klik kanan pada file document.xml > pilih edit with notepad++, untuk yang belum punya bisa anda download <disini>. Pada saat dibuka menggunakan notepad++, pasti akan muncul peringatan bahwa file tersebut mengalami error.


Mengatasi file word tidak bisa dibuka


Untuk mengetahui bagian yang corrupt pada file, anda bisa klik plugins di bagian atas > pilih XML Tools > pilih Pretty print (XML only - with line break). Maka jajaran bahasa pemogramannya berjajar ke bawah, maka anda bisa dengan mudah mencari kesalahan pada file.


Mengatasi file word tidak bisa dibuka


Jika muncul peringatan, jangan di close karena ini memberitahukan bagian file yang rusak. Biasanya tulisannya seperti ini (word error at line ...), jika seperti itu maka terdapat tag yang error pada baris yang ada.

Silahkan anda cari baris yang error tersebut, kemudian klik tag yang ada, jika tag berwarna biru berarti masih normal, jika tidak berubah warna berarti tagnya bermasalah. Cari tag yang bermasalah tersebut dan cari pasangannya. Contoh tag <w:p berpasangan dengan </w:p> atau tag <w:pPx> berpasangan dengan  </w:pPx>.

Jadi, anda hanya mencari pasangan tag yang sama, copy dan tempatkan di baris yang sudah ditutup oleh tag sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah.

Jika semuanya sudah selesai, langsung simpan dan tarik kembali file document.xml ke dalam rar tadi. Lalu anda remame kembali format file rar tersebut ke format word. Contoh : namafile.docx , langsung saja buka file word dan isinya bisa anda lihat kembali.


3. Microsoft word tidak bisa dibuka



File word yang tidak bisa dibuka, tidak harus menyalahkan filenya yang error atau corropt. Tapi, masalahnya juga ada pada aplikasi Microsoft Word itu sendiri. Mungkin aplikasi ms.word yang anda punya mengalami kerusakan sehingga tidak bisa dibuka.

Jika aplikasi word error maka file wordnya juga tidak bisa dibuka sama sekali. Bagaimana cara mengatasinya ? Jangan uninstall aplikasi, karena cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

Baca juga : 15 cara ampuh merubah sifat dan kepribadian seseorang menjadi pribadi yang lebih baik

Caranya : klik menu windows yang berada di pojok kiri bawah > ketik "run" di kolom pencarian lalu enter. Selanjutnya, anda ketik "services.msc" pada kolom pencarian yang muncul maka akan muncul sebuah program baru.

Setelah itu, anda cari "microsoft office click-to-run service". Sudah ketemu lalu cek di bagian startupnya, jika typenya disabled maka aplikasi ms.word tidak bisa dibuka. Untuk memperbaikinya cukup ubah typenya ke automatic.


Mengatasi file word tidak bisa dibuka


Caranya : klik 2× pada Microsoft office click-to-run service maka akan muncul program baru. Silahkan anda ubah pada bagian startup type yang tadinya disable menjadi automatic. Lalu pilih apply > start > dan terakhir pilih OK. Terakhir anda close saja semua programnya dan jalankan aplikasi microsoft word dan buka file yang ingin dilihat isinya.

Demikian cara memperbaiki file Microsoft word yang corrupt dan memperbaiki aplikasi ms.word yang error. Cara no.3 di atas tidak hanya untuk ms.word tapi juga bisa mengatasi ms.excel yang tidak bisa dibuka.

Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog magersena untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas tentang dunia.

Get notifications from this blog