√ 8 Perbedaan IOS dan Android yang Harus Anda Tahu - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

15 Jul 2022

8 Perbedaan IOS dan Android yang Harus Anda Tahu

Hp android dan iPhone




Gadget semakin canggih dari tahun ke tahun, setiap vendor berlomba untuk merilis smartphone yang lebih baik sehingga diminati banyak orang.

Masyarakat biasanya membagi kompetisi ini dari sistem operasi antara IOS atau iPhone dan Android. Kedua sistem operasi ini sering menjadi bahan perdebatan oleh para penggemar HP di media sosial.

IOS dan Android memiliki keunggulannya masing-masing, ada beberapa fitur yang dimiliki iPhone tapi tidak di Android, ada juga fitur di Android yang tidak ada di iPhone.

Magersena akan memberitahu Anda perbedaan IOS dan Android supaya Anda bisa menyesuaikan dalam membeli smartphone untuk kebutuhan sehari-hari.

1. Aplikasi Eksklusif


Android mempunyai toko aplikasi yang disebut Playstore sedangkan IOS punya toko aplikasi yang disebut Appstore, walaupun keduanya sama sebagai toko aplikasi tapi kenyataannya tidak semua aplikasi tersedia secara lengkap.

Anda bisa menemukan satu aplikasi di Appstore tapi ketika Anda mencarinya di playstore, aplikasi tersebut tidak tersedia. Hal ini berarti ada perbedaan mencolok dari segi eksklusif aplikasi.

2. Dukungan Software


Jika Anda memakai iPhone 6 Plus yang dirilis tahun 2014 lalu, di tahun 2022 ini iPhone 6 Plus mempunyai update terakhir di IOS 12 saja. Walaupun sudah lama sekali, iPhone ini selalu di-update terus oleh pihak Apple.

Tapi hal tersebut tidak berlaku di sistem operasi Android, hal tersebut dikarenakan ponsel android tidak sejalan dengan hadirnya OS baru android.

Alasan lainnya adalah Android diproduksi oleh beberapa merk berbeda sehingga terjadi kelambatan yang cukup panjang, bahkan ada HP yang tidak diberikan update sama sekali.

Jadi, jika Anda ingin membeli ponsel android dan ingin terus mendapatkan update, pastikan membeli ponsel dari vendor yang sering memberikan update software.

3. Kamera


Media sosial populer sekarang seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lainnya sudah terintegrasi dengan kamera smartphone. Hal tersebut mempermudah pengguna dalam menggunakan media sosial.

Tapi, jika Anda membuat video untuk media sosial menggunakan IOS dan Android pasti Anda akan melihat perbedaan yang jelas.

Hasil video kamera IOS terlihat lebih stabil dan jernih daripada android, hal tersebut dikarenakan IOS bekerja sama dengan beberapa pihak sosial media untuk membuat hasil video dengan framerate yang bagus.

4. Fitur Unggulan


Saat ini, baik ponsel iPhone maupun Android mempunyai fitur unggulannya masing-masing. Android mempunyai fitur fingerprint in display yang tidak dimiliki iPhone.


Tapi, iPhone juga memiliki kelebihan yaitu pada kualitas kamera yang lebih bagus dari android. Hal ini juga yang membuat harga iPhone cenderung lebih mahal dari android.

5. Desain


Hal inilah yang menjadi ciri khas dari masing-masing gadget, iPhone mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dari Android yang tidak punya ciri khas.

Android tidak punya ciri khas karena terdapat banyak sekali pilihan yang membuat pengguna bingung, ada yang Bezel tipis, Bezel lebar dan sebagainya.

Orang-orang mengenal desain Android biasanya dari masing-masing merk yang mempunyai ciri khas masing-masing.

6. Harga Device


Harga device bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal tergantung dari merk. Nah, IOS dan Android memiliki perbedaan harga yang signifikan.

Harga iPhone biasanya dijual lebih mahal dari Android, memang sejak awal muncul iPhone selalu dibandrol dengan harga tinggi.

Alasan yang membuat iPhone mahal adalah mungkin Apple melakukan riset yang lama untuk memikirkan kualitas dari segi material untuk smartphone yang akan rilis.

Untuk harga android bisa dibilang lengkap, Anda bisa membeli android jadul dengan harga murah atau membeli android terbaru dengan harga yang lebih mahal.

7. Jadwal Rilis Device


Ada perbedaan yang jelas dari jadwal rilis device antara IOS dan Android. Seperti yang kita tahu, iPhone selalu merilis ponsel baru setahun sekali pada bulan September.

Android sering merilis ponsel baru di waktu yang tidak terduga, mungkin smartphone Samsung seri flagship saja yang rilis tiap bulan Februari.

Akibat dari android yang merilis ponsel di waktu yang tidak menentu adalah pengguna yang menyesal membeli smartphone padahal ada Android lain dengan fitur yang lebih unggul.

8. Angka Spesifikasi


Memang iPhone selalu kalah pada aspek angka spesifikasi, android mempunyai spesifikasi yang lebih baik dari iPhone. Walau begitu, spesifikasi iPhone dinilai lebih baik dari android.

Contohnya iPhone 6 Plus yang mempunyai RAM 1 GB yang mampu mengalahkan performa HP Android dengan RAM 2 GB.

Begitupun dengan angka resolusi kamera, ada beberapa ponsel android murah yang mempunyai resolusi kamera mencapai 64 MP, tapi iPhone 11 yang termasuk HP mahal hanya mempunyai resolusi kamera 11 MP saja.

Penutup


Itulah perbedaan yang harus Anda tahu dari IOS dan Android. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mempertimbangkan membeli sebuah smartphone.

Get notifications from this blog