2 Cara Terbaru Menghapus Akun Facebook Dengan Cepat

Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan orang Indonesia, hampir semua orang pernah menggunakan Facebook sebagai media untuk mendapatkan informasi, bersosialisasi, jual beli dan lain sebagainya.


Satu orang bisa membuat banyak akun Facebook dengan nama yang sama atau berbeda. Saat orang lupa dengan kata sandi FB maka mereka langsung membuat akun baru sebagai penggantinya.


Pada artikel ini, Magersena akan memberitahu Anda cara menghapus akun Facebook dengan mudah dan cepat baik menggunakan aplikasi Facebook maupun melalui browser.


Cara ini sangat berguna untuk Anda yang ingin menghapus akun Facebook dengan alasan tertentu atau menghapus akun Facebook yang lupa kata sandi.


1. Hapus Akun Facebook Permanen / Sementara


Anda bisa menghapus akun Facebook yang ada saat ini hanya dengan aplikasi Facebook atau Lite. Pertama, Anda buka aplikasi Facebook > masuk ke akun yang ingin dihapus > pilih garis tiga di kanan atas > pilih pengaturan.


Setelah itu akan muncul beberapa pilihan di pengaturan, Anda pilih informasi pribadi dan akun > tekan tombol edit di kolom kepemilikan dan kontrol akun.


Ada 2 fitur yang bisa Anda pilih yaitu pengaturan ubah jadi akun kenangan dan penonaktifan penghapusan.


Jika Anda ingin membuat akun tidak bisa dipakai dan hanya jadi kenangan maka pilih 'ubah jadi akun kenangan', sedangkan jika Anda ingin menghapus akun maka pilih 'penonaktifan penghapusan'.


Cara hapus FB Terbaru



Pada fitur penonaktifan penghapusan, ada 2 pilihan yaitu nonaktifkan akun dan hapus akun. Nonaktifkan akun adalah mengunci akun sementara dan bisa dibuka sewaktu-waktu, sedangkan hapus akun adalah menghapus akun beserta foto-foto yang ada di dalamnya.


Jika ingin menghapus akun dan tidak ingin menggunakannya lagi maka pilih "hapus akun" dan pilih tombol lanjutkan. 


Sebelum mulai menghapus akun, Facebook ingin tahu alasan Anda menghapus akun secara permanen. Ada beberapa alasan yang bisa Anda pilih, mulai dari :


  • Merasa tidak aman di Facebook
  • Mempunyai masalah privasi
  • Akun sudah diretas
  • Terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook
  • Facebook tidak ada manfaatnya


Pilih salah satu dari alasan tersebut dan pilih tombol "lanjutkan ke penghapusan akun".


Sebelum benar-benar menghapus akun, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah penyesalan setelah menghapus akun, yaitu simpan postingan di arsip dan mengunduh semua informasi di akun Facebook.


Anda bisa simpan semua postingan mulai dari foto, informasi, video dan lain sebagainya sebelum menghapus akun supaya semua hal yang Anda alami di Facebook bisa dijadikan kenangan.


Setelah semuanya siap, maka langsung saja pilih hapus akun > masukan kata sandi akun dan pilih lanjutkan > muncul tulisan yang memberitahu bahwa akun Anda akan dihapus dalam 30 hari, pilih hapus akun.


Jika Anda ingin membatalkan penghapusan akun, Anda buka aplikasi Facebook > masukan email, kata sandi akun yang dihapus dan pilih masuk > pilih "ya, saya lanjutkan di Facebook".


2. Hapus akun Facebook yang Lupa Kata Sandi


Jika Anda ingin menghapus akun Facebook yang lama tapi tidak ingat dengan email dan kata sandi-nya maka Anda bisa mencoba cara berikut ini.


Cara ini mungkin tidak 100% berhasil, tapi setidaknya Anda sudah mencoba untuk menghapus akun Facebook jadul.


Pertama, Anda buka aplikasi Facebook atau Lite > masuk ke akun Facebook Anda yang sekarang > pilih icon cari di kanan atas > ketik nama dan cari akun Facebook lama yang ingin dihapus > tekan tombol titik tiga di bagian kanan bawah profil.


Setelah itu akan muncul beberapa fitur, Anda pilih "cari dukungan atau laporkan profil" > pilih berpura-pura menjadi orang lain > dia menyamar sebagai siapa ? pilih saya > centang bagian "terima notifikasi tentang laporan ini" dan pilih kirim.


Baca juga : 4 Cara FYP di TikTok Sampai 10 Juta Penonton


Laporan sudah dikirim dan akan ditinjau oleh pihak Facebook, proses ini membutuhkan waktu paling lama 1 Minggu. Disini Anda pilih tombol selanjutnya dan pilih selesai.


Anda bisa melihat perkembangan laporan akun Facebook lama melalui menu notifikasi, jika sudah 1 Minggu dan akun belum dihapus maka Anda bisa melakukan cara ini lagi sampai akun dihapus oleh pihak Facebook.


Penutup


Itulah cara menghapus akun Facebook dengan mudah dan cepat, Anda juga bisa melakukan cara tersebut tanpa aplikasi dan hanya menggunakan browser yang ada di smartphone Anda.