4 Cara FYP di TikTok Sampai 10 Juta Penonton

TikTok adalah platform video yang membuat pengguna bisa menonton video yang mereka suka. Sistem TikTok bisa mengetahui apa yang pengguna inginkan.

Saat Anda menekan suka dan memberi komentar pada suatu video maka TikTok akan memberikan jenis video yang sama ke menu FYP Anda.

FYP (For Your Page) adalah menu yang berisi rekomendasi video yang sudah dipilih berdasarkan minat pengguna. Banyak pengguna TikTok yang mencoba masuk ke FYP supaya video ditonton banyak orang.

Magersena akan memberitahu cara sederhana yang ampuh agar video Anda FYP di TikTok dengan penonton mencapai puluhan juta. Simak caranya di bawah ini.

1. Waktu upload video


Cara FYP di TikTok



Sistem TikTok sudah menentukan waktu upload video setiap hari supaya video berpotensi FYP dan masuk ke beranda banyak orang.

Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk upload dengan mencarinya di Google dengan keyword "upload TikTok hari ini jam berapa".

Cara ini wajib dilakukan untuk Anda yang masih mempunyai sedikit followers. Jadi, untuk Anda yang sudah mempunyai followers ratusan atau ribuan maka cara ini tidak wajib dilakukan.

Waktu upload video TikTok yang tepat supaya FYP biasanya antara jam 11:00-12:00 dan jam 20:00-21:00. 

2. Video yang menarik di detik Awal


TikTok adalah sebuah platform yang menyediakan banyak video sekaligus dalam satu geseran jari saja, pengguna bisa memilih mana video yang ingin dilewati dan yang ingin ditonton.

Jadi, jika ada video yang FYP tapi di detik awal terlihat tidak menarik maka video tersebut akan dilewati orang-orang dan memiliki watch time yang rendah.

Jika ingin FYP sekaligus mendapatkan banyak like dan komen, Anda harus membuat video yang menarik di 5 detik pertama dan di akhir video Anda beri pertanyaan ke penonton supaya mereka menjawab di kolom komentar.

3. Upload secara konsisten


Sistem TikTok akan melihat akun TikTok Anda apakah berisi video-video yang berkualitas dan layak FYP atau video biasa saja yang membuat penonton bosan.

Anda harus upload secara konsisten dan pastikan video yang ingin Anda upload itu berkualitas dan berpotensi disukai banyak orang. Upload konsisten tidak perlu setiap hari, Anda bisa upload 3 hari sekali atau seminggu sekali.

Tapi, untuk Anda yang masih mempunyai puluhan followers, disarankan untuk upload video berkualitas konsisten setiap hari supaya sistem mendeteksi bahwa beberapa video di akun Anda layak FYP.

4. Fokus satu tema video


Jika Anda sudah upload puluhan video tapi tidak ada satu pun video yang FYP, Anda coba lihat bahasan video yang sudah Anda upload. Apakah semua video mempunyai tema yang sama atau berbeda-beda.

Salah satu cara yang ampuh supaya video bisa FYP adalah fokus upload video dengan satu tema saja dan jangan dicampur dengan pembahasan lain diluar tema tersebut.

Misalnya, Anda sering upload video belajar bahasa inggris maka Anda harus konsisten membahas pembelajaran bahasa Inggris. Jangan dicampur dengan pembahasan bahasa Jepang atau Korea.

Jika Anda ingin upload video belajar bahasa Jepang maka disarankan untuk membuat akun khusus belajar bahasa Jepang supaya akun fokus dengan satu tema saja.

Dengan cara ini, peluang video Anda FYP semakin besar karena sistem TikTok akan melihat akun Anda fokus ke satu pembahasan saja dan pasti disukai banyak orang yang ingin belajar bahasa inggris.

Penutup


Itulah cara sederhana supaya video Anda masuk ke FYP TikTok. Jika Anda ingin tahu cara pasang iklan produk yang benar di TikTok, Anda bisa baca artikel di bawah ini.