√ Cara Pasang Iklan Produk di TikTok Untuk Pemula - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Pasang Iklan Produk di TikTok Untuk Pemula

Iklan adalah cara yang paling ampuh untuk memperkenalkan brand, produk atau layanan ke banyak orang sekaligus. Iklan bisa berupa tulisan, gambar yang menarik dan video yang enak ditonton.

Beriklan sekarang bisa dilakukan dimana saja, mulai dari mesin pencari seperti Google, marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, sosial media seperti Facebook, Instagram dan TikTok.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu cara pasang iklan produk di TikTok untuk pemula supaya banyak yang menonton dan membeli barang yang Anda promosikan.

Banyak orang yang sudah mencoba mempromosikan produk mereka di TikTok dan hasilnya memuaskan. Dengan fitur dan pilihan yang sederhana membuat mereka bisa mendapatkan untung yang lumayan.

Anda bisa mulai pasang iklan dengan minimal biaya Rp 15.000, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan produk atau akun TikTok Anda.

Pasang iklan di TikTok


Pertama, Anda masuk ke aplikasi Tiktok > pilih menu profil di pojok kanan bawah > pilih video yang ingin dipromosikan dan pastikan video memiliki tautan produk.

Setelah itu, Anda pilih titik tiga di kanan bawah dan pilih fitur promosi. Lalu anda harus pilih target promosi, ada 3 pilihan yaitu lebih banyak keterlibatan, lebih banyak klik tautan produk dan lebih banyak pengikut.

Pilih "lebih banyak klik tautan produk" untuk mulai mempromosikan produk di TikTok shop dan pilih berikutnya. Kemudian pilih jenis penonton, ada dua pilihan yaitu Otomatis (disesuaikan oleh TikTok) dan khusus.

Anda pilih khusus supaya bisa mengatur target penonton secara detail. Pada menu penonton khusus, Anda sesuaikan gender, usia dan minat supaya produk bisa FYP ke orang yang tepat dan pilih berikutnya.

Langkah selanjutnya, Anda harus menentukan biaya iklan dan durasi iklan. Semakin tinggi biaya iklan maka tayangan video akan lebih banyak, lalu tentukan durasi iklan untuk produk mulai dari 1 hari sampai 7 hari dan pilih berikutnya.

Pada menu akhir, Anda akan melihat semua pilihan yang sudah dipilih mulai dari target promosi, target penonton, anggaran dan durasi, total biaya iklan dan pajak. Disini Anda pilih bayar dan mulai promosi.

Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, mulai dari transfer bank, OVO, Dana, Gopay, ShopeePay, kartu kredit dan lainnya.

Setelah melakukan pembayaran, status iklan TikTok Anda berubah menjadi "sedang diperiksa". Hal tersebut berarti video sedang diperiksa apakah layak untuk dipromosikan atau tidak.

Proses pemeriksaan ini biasanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam, jika muncul notifikasi maka iklan Anda sudah disetujui dan status iklan berubah menjadi aktif yang berarti video siap untuk dipromosikan.

Untuk melihat seluruh statistik video yang dipromosikan, Anda harus menunggu sampai durasi iklan habis.

Untuk melihatnya, Anda buka aplikasi TikTok > pilih menu kotak masuk > pilih filter di tengah atas > pilih dari TikTok > pilih asisten promosi > pilih yang paling atas.

Pada menu detail pesanan, Anda akan melihat statistik video yang dipromosikan selama durasi iklan. Ada data keterlibatan yang terdiri dari jumlah tayangan video dan klik tautan produk dan data e-commerce yang terdiri dari checkout, nilai potensial, pembelian produk dan nilai pembelian.

Untuk data e-commerce, nilai yang tertera belum semuanya karena memerlukan waktu 7 hari setelah promosi berakhir untuk menentukan jumlah nilai yang sebenarnya.

Jika ingin melihat informasi lebih, Anda bisa masuk ke menu dasbor. Menu dasbor berisi informasi tampilan produk, jangkauan produk, pesanan, barang terjual dan pendapatan.

Tips Iklan Produk di TikTok Supaya Banyak yang Beli


Cara iklan tiktok



Sebelum mulai mempromosikan produk, Anda harus tahu hal-hal apa saja yang harus diketahui sebelum promosi produk di TikTok supaya penonton tertarik dan membeli produk Anda.

1. Paham dengan produk yang dipromosikan


Anda harus paham dengan kelebihan dan kekurangan produk apabila nanti ada calon pembeli yang menanyakan informasi lebih maka Anda bisa menjawabnya dengan benar.

Dengan memahami produk, Anda bisa tahu tipe orang yang akan membeli produk, mulai dari rentang usia, gender dan minat orang tersebut.

2. Gunakan sound komersial


Memang ada beberapa iklan produk yang memakai sound viral supaya orang-orang tertarik menonton video sampai akhir.

Tapi, iklan yang memakai sound viral itu terkadang ditolak oleh pihak TikTok. Jadi, Anda harus menggunakan sound komersial untuk video produk yang ingin dipromosikan.

3. Pastikan stock produk tersedia


Ini adalah hal yang penting dan harus diutamakan karena jika video sedang dipromosikan dan tiba-tiba terjadi lonjakan transaksi, produk harus siap tersedia jika tidak maka akan terjadi penolakan karena stock habis.

4. Pilih video yang sudah terjadi penjualan tanpa iklan


Jika Anda sebelumnya pernah memposting video dengan tautan produk dan sudah terjadi pembelian melalui video tersebut maka Anda bisa memakai video itu sebagai iklan TikTok.

Hal ini dilakukan supaya Anda tidak buang-buang waktu hanya untuk mempersiapkan video baru untuk produk.

Jika Anda tidak punya video yang sudah terjadi pembelian produk maka Anda bisa mencoba promosi video dengan memilih "lebih banyak keterlibatan" sebagai target penonton.

Get notifications from this blog