Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Dengan Kompetitor

Cara Memenangkan Persaingan Bisnis


Cara bersaing dengan kompetitor


Ada banyak orang yang sudah memenangkan persaingan bisnis melawan para kompetitor di sekitar mereka, ada banyak keuntungan yang didapat saat kita memenangkan persaingan bisnis. Tapi, beberapa orang yang baru memulai bisnis terkadang bingung bagaimana cara memenangkan persaingan melawan pengusaha lain.


Orang yang baru mulai berbisnis biasanya sering gagal dalam persaingan karena pengetahuan tentang bisnis yang sangat minim. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara ampuh memenangkan persaingan bisnis melawan para kompetitor di sekitar anda.


Untuk memenangkan sebuah persaingan tidaklah mudah, anda harus berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan bisnis. Selama anda terus berjuang pasti suatu saat anda akan memenangkan persaingan.


Membuat peta persaingan


Jika anda ingin memenangkan sebuah persaingan maka anda harus membuat peta persaingan terlebih dahulu, kenali industri yang anda jalani saat ini dan cari tahu siapa saja pesaingnya. Sebelum anda berniat untuk memenangkan persaingan, anda harus memahami pemain/pesaing yang ada di sekitar anda.


Cari tahu kelebihan dan kekurangan kompetitor


Tidak cukup dengan membuat peta persaingan, anda juga harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan para competitor di sekitar anda supaya anda bisa menemukan senjata yang tepat untuk mengalahkan mereka. Kelebihan dan kekurangan yang anda dapatkan bisa digunakan untuk menemukan metode yang efektif dalam menjual produk yang anda punya.


Temukan senjata yang tepat


Senjata ini bisa anda dapatkan dari menganalisa kelebihan dan kekurangan kompetitor, anda harus temukan senjata yang tepat untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor di lingkungan sekitar, jika anda memilih senjata yang salah kemungkinan besar anda akan kalah dalam persaingan.


Challenge the process


Setelah menjalankan 3 hal di atas, anda harus melakukan challenge process yang terbagi menjadi beberapa bagian :


• Faster


Cari tahu dalam bisnis anda, hal apa yang bisa dijalankan lebih cepat dari kompetitor lain, misalnya dalam pelayanan, pengiriman, proses order, respon dan lain sebagainya. Jika anda menjalankan aktivitas bisnis lebih cepat dari pemain lain maka anda akan mendapatkan nilai lebih dari pembeli.


Baca juga : cara mendapatkan 100 juta pertama


• Better


Cari tahu hal apa yang bisa dilakukan lebih baik dibandingkan kompetitor, misalnya dalam segi, kualitas, bahan, penampakan dan lain - lain. Dengan melakukan hal yang lebih baik dari para pesaing maka bisnis anda bisa berkembang lebih cepat dari sebelumnya.


• cheaper


Dalam bisnis anda, apa barang yang lebih murah dari kompetitor. Anda bisa melakukan cheaper pada barang yang dijual dan ongkos kirim. Hal ini bisa anda lakukan atau tidak tapi jika memungkinkan maka tidak ada salahnya menawarkan barang lebih murah dari orang lain.


• bigger


Pikirkan sesuatu yang lebih besar yang bisa anda kasih ke pembeli, misalnya anda menjual makanan yang porsinya lebih banyak dari yang lain atau menjual minuman yang isinya lebih banyak dan lebih baik dari kompetitor. Jadi usahakan beri harga murah tapi isi lebih banyak supaya memberikan efek besar pada bisnis anda.


• Easier


Banyak orang yang batal transaksi hanya gara - gara proses ordernya yang sulit, usahakan proses order itu dipermudah supaya calon pembeli tidak kesulitan dalam menyelesaikan transaksi pembeliannya. Pikirkan dalam bisnis anda, apa yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan dengan kompetitor.


Dengan challenge the process ini, anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih teratur dan bisa diterapkan di semua bidang. Anda harus melakukannya dengan konsisten dan komitmen supaya bisnis anda bisa berkembang lebih cepat dari kompetitor di sekitar anda.

Posting Komentar

0 Komentar