Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Secara Maksimal

Cara Meningkatkan Kemampuan Otak


Kemampuan otak


Setiap orang punya potensi untuk menjalani hidup tanpa batas apabila mereka ingin serius mempelajarinya. Cara meningkatkan kemampuan otak telah dijelaskan oleh Jim Kwik dalam bukunya yang berjudul Limitless, buku ini membahas tentang cara menjalani hidup tanpa batas, membuka potensi hidup dan cara belajar lebih cepat.


Jim Kwik telah bekerja sama dengan berbagai tipe orang untuk membuka potensi terpendam yang ada dalam otak mereka, otak manusia mempunyai kapasitas yang tak terbatas, tidak ada batasan dalam hal kreativitas, kemampuan berpikir dan imajinasi.


Semua orang bisa mempunyai kapasitas otak yang tak terbatas apabila mereka ingin belajar cara melepaskan batasan yang menghalangi potensi dalam diri.


Kemampuan otak bisa ditingkatkan


Jim Kwik adalah seorang yang ahli dalam meningkatkan kemampuan otak manusia, mulai dari meningkatkan kemampuan ingatan, membaca dan kemampuan mengambil keputusan. Semua kemampuan itu tidak dia dapatkan melalui bakat tapi mempelajarinya dengan tekun.


Pada usia lima tahun, Jim Kwik mengalami cidera di bagian kepala yang membuat dia kesulitan belajar di sekolah dan dia dianggap sebagai siswa dengan otak yang bermasalah karena Jim dikenal sebagai anak yang lambat dalam proses belajar.


Hal itu tidak membuat Jim berkecil hati, dia berharap di masa depan keadaannya akan berubah. Komik superhero menjadi penyelamat Jim pada saat itu, komik mengajarkan dia untuk membaca dan semangat dalam menjalani hidup.


Setelah beberapa tahun, Jim mulai mempelajari tentang otak dia yang dianggap bermasalah. Kemudian Jim mulai menyadari kalau otaknya tidak rusak tapi membutuhkan cara belajar yang berbeda. Pencerahan ini menghancurkan semua batasan yang dia pasang sebelumnya.


Sekarang, Jim Kwik dikenal sebagai orang yang mempunyai super brain dan membantu orang - orang untuk membuka potensi super brain mereka.


Setiap orang mempunyai potensi besar dalam diri masing-masing, cara mendapatkan potensi besar itu adalah dengan melepaskan batasan yang menghalangi potensi tersebut. Tidak peduli tantangan apa yang dijalani, setiap orang bisa membuang batasan tersebut.


Ada 3 hal yang sering dibatasi orang - orang :


mindset


Membatasi mindset membuat diri kita tidak percaya untuk mencapai hal besar dalam hidup, tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri dan selalu menjelekkan diri sendiri.


motivasi


Membatasi motivasi membuat kita kekurangan energi dan dorongan untuk mengambil sebuah tindakan.


metode


Membatasi metode membuat kita terjebak dengan cara belajar yang tidak sesuai kemampuan otak sehingga diri kita merasa tidak puas dengan hasil yang didapatkan.


Cara mengubah mindset


Setiap perilaku manusia didorong oleh kepercayaan, manusia tidak dilahirkan dengan mindset statis yang menjelaskan hal yang bisa dicapai dalam hidup. Dalam perjalanan hidup, manusia cenderung membatasi mindset yang dimiliki dan membuat kita tidak hidup dengan potensi yang dalam diri.


Contoh tentang mindset :


Ada seekor anak gajah yang kakinya diikat rantai, saat kecil dia sudah mencoba berkali - kali untuk memutuskan rantai tapi usahanya tidak berhasil karena dia masih kecil. Bertahun - tahun kemudian gajah semakin besar dan kuat sehingga dia bisa memutuskan rantai di kakinya.


Baca juga : cara menghilangkan sifat baper dan sensitif


Tapi, dia tidak memutuskan rantainya karena saat kecil sudah mencoba berkali-kali tapi gagal dan gajah berpikir bahwa mencobanya lagi pasti hasilnya akan sama. Pertanyaannya, apakah hidup anda berjalan seperti gajah ini yang berhenti mencoba karena kegagalan di masa lalu.


Tanpa sadar, anda telah membatasi potensi dengan mindset yang anda bentuk sendiri. Hal itu bisa diubah dengan belajar cara melihat hidup sebagai potensi tanpa batas.


Motivasi dan metode belajar


Setiap pembelajaran itu tergantung dari situasi dan kondisi yang dialami. Misalnya, buku apa yang anda pelajari lebih cepat ? Membaca buku secara terpaksa karena tugas sekolah atau membaca buku yang membahas hal yang anda sukai. Tentu saja yang kedua kan'.


Membaca buku dengan penuh rasa penasaran dan kesenangan membuat anda lebih cepat memahami isi buku yang dibaca, Jim Kwik memberi rumus :


Motivasi = Tujuan × Energi × langkah kecil sederhana


Pertama, anda butuh tujuan yang jelas untuk membuat sebuah tindakan. Misalnya, anak yang ranking 1 di kelas, mungkin dia pintar karena tidak suka belajar tapi dia belajar dengan rajin karena punya tujuan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk keluarganya, hal itulah yang membuat dia mempunyai motivasi yang kuat untuk mengejar tujuan tersebut.


Kedua, anda membutuhkan energi dan energi bisa dimaksimalkan tergantung dari situasi dan kondisi. Jika anda membaca buku dalam keadaan lelah atau mengantuk maka hasil yang anda dapatkan tidak sesuai yang diharapkan, pulihkan energi terlebih dahulu kemudian membaca buku supaya hasilnya terlihat maksimal.


Ketiga, anda harus memulai langkah kecil sederhana untuk mencapai tujuan yang sudah anda rancang. Kebanyakan orang sudah merancang tujuan tapi tidak tahu cara memulainya, setiap langkah kecil yang anda perbuat akan mendekatkan diri anda ke tujuan yang ingin diraih.


Metode belajar tanpa batas


Metode tanpa batas artinya proses spesifik dalam menyelesaikan sesuatu dan urutan langkah yang harus dilakukan dari awal sampai akhir. Dalam belajar, kita ingin bisa memahami banyak hal tapi terbatas oleh waktu. Oleh karena itu, kita membutuhkan metode yang tepat yaitu dengan menuliskan catatan penting.


Hal penting dalam membuat catatan yaitu tidak menulis ulang isi yang ada di buku tapi menulis ulang dengan bahasa sendiri supaya kita menjadi lebih paham dan mengerti. Cara otak manusia bekerja tidak seperti Hard Drive yang menyimpan semua informasi tapi otak manusia bekerja seperti sebuah otot yang semakin dilatih semakin kuat.


Manusia tidak perlu keajaiban untuk mengubah kehidupannya, manusia hanya perlu membuka potensi tanpa batas untuk mewujudkan hidup yang diinginkan melalui motivasi yang kuat, mindset yang tepat dan metode belajar yang efektif.

Posting Komentar

0 Komentar