Begini Cara Keramas Agar Rambut Tetap Lurus dan Indah

Cara Keramas Agar Rambut Tetap Lurus dan Indah


Keramas agar rambut lurus



Anda pasti ingin mempunyai rambut yang lurus dan indah, hal itu bisa terwujud jika anda melakukan teknik keramas yang baik dan benar. Keramas menggunakan shampo akan membersihkan bakteri, debu, kotoran dan bau yang menempel di rambut. Selain itu, keramas juga bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan terhindar dari produksi minyak berlebih.

Hal ini bukan berarti harus keramas setiap hari supaya rambut tetap indah, terlalu sering keramas membuat minyak alami rambut terperangkap oleh kandungan shampo sehingga rambut menjadi rusak dan kering.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara keramas yang benar supaya rambut tetap lurus dan indah.

1. Memakai shampo yang sesuai


Anda harus memakai shampo yang sesuai dengan rambut, tidak semua produk shampo cocok untuk rambut anda. Berhati-hati saat memilih produk shampo, jika anda asal- asalan dalam memakai shampo maka rambut anda akan mengalami kerusakan.

Memilih produk shampo bisa dilihat dari kandungan yang dimiliki, perhatikan kandungan shampo apakah cocok untuk rambut anda atau tidak. Shampo untuk rambut berminyak tentu berbeda dengan shampo untuk rambut kering, untuk rambut berminyak maka pilihlah shampo yang mengandung minyak lemon dan tea tree oil.

Untuk anda yang mempunyai penyakit kulit kepala seperti ketombe maka gunakanlah shampo yang mengandung mint atau ginseng untuk membantu mengatasi kulit kepala yang gatal.

Hindari penggunaan shampo yang bergantian karena bisa membuat rambut anda cepat rusak dan juga penggunaan shampo yang berulang kali membuat kemampuan shampo menjadi menurun. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh tubuh, usia dan lingkungan.

2. Gunakan shampo sesuai kebutuhan


Cara keramas yang baik dan membuat rambut sehat adalah menggunakan shampo secukupnya, jangan memakai shampo terlalu banyak dan terlalu sedikit. Anda harus menyesuaikan shampo dengan panjang dan ketebalan rambut yang anda punya.

Saat memakai shampo, anda tuangkan ke tangan terlebih dahulu lalu usap shampo sampai berbusa dan ratakan ke seluruh bagian rambut. Jangan menuangkan shampo langsung ke rambut karena bisa membuat rambut menjadi kering.

3. Membuka pori - pori kulit kepala


Sebelum menggunakan shampo, anda harus membuka pori - porit kulit kepala supaya penggunaan shampo menjadi lebih efektif. Caranya adalah dengan membasuh rambut menggunakan air hangat, air hangat mampu membuka pori - pori, membersihkan kotoran dan debu yang ada di kulit kepala.

Untuk anda yang mempunyai rambut berminyak, disarankan untuk membasuh rambut dengan air hangat sebelum keramas karena air hangat bisa mengurangi kandungan minyak di kulit kepala.

4. Memijat kulit kepala

Banyak orang jarang memijat kulit kepala saat keramas karena terburu-buru atau terlalu lama, tapi memijat kulit kepala sangat bermanfaat dan termasuk teknik keramas yang tidak boleh diabaikan. Anda bisa memijat kulit kepala saat keramas dengan mengikuti langkah - langkah di bawah ini.

• gosokkan shampo ke kulit kepala sampai mengeluarkan busa

• gosokkan busa shampo ke sisi kiri dan kanan kepala

• lakukan pijatan mulai dari ujung rambut, bagian atas dan bagian belakang kepala

• pakai ujung jari saat memijat dan jangan menekan kulit kepala terlalu keras

Memijat kulit kepala bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat, menyerap kandungan shampo dan membersihkan rambut dari kotoran yang menempel dan sisa - sisa shampo.

Memijat kulit kepala tidak boleh asal - asalan karena bisa membuat rambut menjadi lepek dan berminyak, ikutilah langkah - langkah yang sudah saya berikan di atas.

5. Menutup pori - pori kulit kepala


Setelah memakai shampo ke seluruh bagian rambut, anda harus menutup pori - pori kulit kepala menggunakan air dingin. Caranya, anda basuh kepala menggunakan air hangat kemudian basuh dengan air dingin, air dingin akan menutup pori - pori di kulit kepala, menjaga kelembaban rambut dan menyerap kandungan yang ada dalam shampo yang digunakan.

6. Coba pakai conditioner


Setelah membasuh kepala dengan air dingin, anda bisa menggunakan conditioner. Gunakan conditioner dengan baik dan tidak terlalu lama karena fungsi conditioner hanya melembabkan rambut dalam sekejap, jadi tidak perlu lama - lama memakai conditioner.

Anda bisa memilih conditioner jenis deep conditioning karena conditioner ini membuat rambut menjadi halus lurus dan digunakan sekali dalam seminggu.

7. Mengeringkan rambut


Rambut yang basah mempunyai sifat sensitif, jangan menggosokkan rambut basah sampai kering karena bisa membuat rambut anda rusak. Rambut basah bisa dikeringkan dengan handuk karena handuk bisa menyerap air tanpa harus membungkus dan meremas - remas rambut.

Posting Komentar

0 Komentar