√ Simak ! Perbedaan Processor Mediatek Helio dan Qualcomm Snapdragon - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Simak ! Perbedaan Processor Mediatek Helio dan Qualcomm Snapdragon

Perbedaan Processor Mediatek Helio dan Qualcomm Snapdragon


Qualcomm Snapdragon


Smartphone menjadi perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, smartphone sudah menjadi komoditas yang sangat penting bagi produsen dan konsumen. Perkembangan HP dari tahun ke tahun semakin canggih bahkan sekarang HP murah sudah mempunyai spesifikasi yang lumayan bagus.


Bicara tentang smartphone, ada 2 hal penting yang harus dipertimbangkan yaitu harga dan hardware-software yang ditawarkan seperti Processor, kapasitas RAM dan ROM, kamera HP dan OS yang digunakan. Tapi, elemen penting dalam sebuah smartphone adalah Processor karena ini menentukan baik buruknya kinerja smartphone.


Ada berbagai merk processor yang dikhususkan untuk smartphone diantaranya ada Exynos dari Samsung, Kirin dari Huawei, Helio dari Mediatek dan Snapdragon dari Qualcomm dan lain sebagainya. Dari banyaknya Processor yang paling dikenal banyak orang adalah Helio Mediatek dan Snapdragon Qualcomm.


Semua Processor yang ada menginduk ke raksasa teknologi Processor mobile yaitu ARM yang berada di Inggris. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu perbedaan antara Processor Mediatek dan Qualcomm yang harus anda tahu sebagai pengguna smartphone.


Perbedaan Processor Mediatek dan Qualcomm


Perbedaan utama dari mediatek dan Qualcomm adalah sekmen yang diincar di pasaran dan harga Processor, Qualcomm mengincar di semua kelas mulai dari low level sampai high end level. Sementara mediatek hanya fokus di rank low end level saja, dulu mediatek juga pernah bersaing di level atas lewat Helio x series tapi mereka belum bisa bersaing dengan Processor Qualcomm Snapdragon kelas atas.


Qualcomm Snapdragon

Processor mediatek pernah berinovasi untuk membuat Processor dengan true Octa core dan deca core pertama di dunia lewat Helio x series, mediatek juga mempunyai teknologi core pilot yang dirancang untuk membuat performa computing dari platform soft mobile Processor dengan konsumsi daya yang rendah sehingga menghasilkan kombinasi terbaik antara performa dan efisiensi daya.


Qualcomm tidak hanya fokus menciptakan Processor dengan core CPU yang kencang tapi mengembangkan komponen lain seperti GPU dan ISP, kualitas grafis dari Snapdragon lebih baik dari mediatek karena didukung GPU yang lebih canggih.


Perbedaan mediatek dan Qualcomm

Hasil foto smartphone yang memakai Processor Snapdragon cenderung lebih baik karena teknologi ISP Snapdragon yang selalu ditingkatkan, keunggulan Snapdragon membuat harganya lebih mahal dari mediatek. Kebanyakan smartphone kelas flagship lebih memilih Processor Snapdragon daripada mediatek.


Baca juga : cara mengatasi lag dan patah - patah saat bermain game di android


Salah satu perbedaan yang harus anda tahu adalah harga Processor, ternyata Processor Snapdragon cenderung lebih mahal dari Processor Helio. Dengan spesifikasi yang sama, smartphone Snapdragon lebih mahal dibandingkan mediatek.


Generasi Processor dan variasi produk


Qualcomm Snapdragon mempunyai lebih banyak variasi produk dibandingkan dengan mediatek Helio, tahun 2017 lalu mediatek menghentikan produksi Processor kelas atas dan fokus membuat Processor kelas menengah ke bawah.


Sekarang mediatek hanya fokus pada beberapa seri Processor saja seperti Helio A, Helio P70, Helio P60 dan Helio G series yang dikhususkan untuk para gamer mobile. Ada kabar bahwa mediatek akan membuat Processor seri terbaru dengan rasa flagship didukung oleh 5G lewat Processor kode name dimensity.


Qualcomm Snapdragon lebih banyak mengeluarkan variasi processor di pasaran mulai dari seri 400, seri 600, seri 700 dan seri 800 untuk kalangan kelas atas dan para sultan.


Performa Processor dan grafis


Pada Processor mobile ada 2 chip yang sangat penting yaitu CPU dan GPU, CPU terdiri dari beberapa core yang berfungsi mengatur semua komponen di dalam Processor dan  memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Perbandingan CPU antara mediatek dan Qualcomm terlihat seimbang karena keduanya sama - sama memproduksi Processor dengan 4 inti core dan 8 inti core.


Sementara itu, GPU berfungsi untuk mengolah grafis dan bekerja layaknya VGA pada laptop. Performa GPU di mediatek helio relatif lebih rendah dari Snapdragon karena Processor mediatek hanya memakan RAM lebih sedikit.


Processor Snapdragon bisa me-render grafis menjadi lebih baik dan memberikan efek visual yang lebih halus tapi Processor ini mengonsumsi RAM yang lebih banyak dari mediatek Helio. GPU Snapdragon tidak dilengkapi dengan dedicated RAM, saat beroperasi GPU Adreno yang dipakai Snapdragon akan mengambil RAM inti dari smartphone.


Oleh karena itu, untuk membuat grafis smartphone lebih maksimal maka harus dilengkapi dengan kapasitas RAM yang besar.


Qualcomm Snapdragon vs Mediatek Helio


Processor Snapdragon lebih bervariatif daripada mediatek ditambah Snapdragon menyasar banyak sekmen tidak seperti mediatek yang hanya fokus di kelas menengah ke bawah saja. Mungkin di masa depan, mediatek akan bersaing di kelas atas lewat mediatek dimensity.


Mediatek masih cocok untuk anda yang ingin mempunyai smartphone yang kencang dengan harga yang murah, jika anda mempunyai dana yang cukup untuk membeli smartphone kelas atas maka pilihlah smartphone dengan Processor Snapdragon.

Get notifications from this blog