√ Kamera android rusak!!! Inilah 11 Cara Memperbaiki Kamera HP Android yang Rusak dan Error - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

28 Jul 2019

Kamera android rusak!!! Inilah 11 Cara Memperbaiki Kamera HP Android yang Rusak dan Error

Cara Memperbaiki Kamera HP Android yang Rusak dan Error


cara memperbaiki kamera android


Pada jaman now ini, tekonologi sudah berkembang pesat, berbagai macam masalah akan mudah jika ditangani oleh teknologi. Teknologi merupakan bagian dari sekian banyak aktivitas yang kita jalani.

Teknologi sudah tidak bisa jauh dari kehidupan sekarang. Contoh teknologi yang populer adalah smartphone. Semua orang pasti mempunyai smartphone, mulai dari anak-anak, dewasa, dan orang tua. Smartphone bisa kita manfaatkan untuk mencari nafkah, salah satunya lewat internet. Tetapi jika fitur smartphone kita mengalami masalah, pasti kita akan resah.

Smartphone adalah telepon yang sangat canggih, dilengkapi dengan fitur-fitur yang berguna bagi kehidupan. Kebanyakan orang memiliki smartphone karena fiturnya lengkap dan harganya terjangkau.

Semua smartphone dilengkapi kamera yang bisa memfoto baik untuk mengabadikan moment penting sampai untuk keperluan bisnis anda. Lalu bagaimana kalau kamera smartphone rusak. Anda tidak akan mengabadikan moment penting bersama teman, sahabat atau keluarga dan anda tidak bisa menjalankan bisnis jika kamera smartphone anda rusak.


Cara memperbaiki kamera android yang rusak dan error



Kamera pada smartphone android memiliki kualitas yang berbeda-beda, ada android yang memiliki kualitas kamera dengan resolusi tinggi dan android dengan kamera resolusi rendah. Jika anda ingin tangkapan foto anda bagus, disarankan untuk menggunakan kamera resolusi tinggi karena hasil foto akan bagus dan jernih tapi android yang memiliki kamera resolusi tinggi terbilang mahal dibandingkan dengan android kamera resolusi rendah.

Kamera pada android tidak selamanya berjalan mulus, kadang mengalami error atau rusak. Jika kerusakannya ringan anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah tanpa membawanya ke service center. Kamera android yang error ditandai dengan notifikasi “Camera Fiailed Error Callback On Error” atau "error Message Handler“.


penyebab kamera android rusak dan error



Masalah sistem: Masalah sistem bisa terjadi karena android gagal melakukan update sistem sehingga membuat android mengalami beberapa masalah teknis.

Sistem tidak stabil: Sistem tidak stabil bila memori sudah penuh, banyak file sampah, RAM tinggal sedikit dan masalah lain yang bisa membuat kamera android anda error.

Android Root: Root pada android memang menguntungkan, tapi jika tidak bisa menggunakannya dengan baik maka akan terjadi masalah pada android termasuk kamera yang error.

File kamera rusak: Kamera android bisa error karena file pada folder kamera yang error sehingga anda harus menghapusnya.

Komponen android rusak: kamera yang error bisa karena komponen android yang rusak seperti: kerusakan IC, Chipset atau kamera bawaan rusak karena terjatuh, terkena air dan kepanasan.

Untuk mengatasinya anda perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini supaya kamera android anda kembali normal.


1. Matikan android






Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mematikan android terlebih dahulu dan lepas baterai serta kartu SIM dan kartu memori. kemudian tunggu sekitar 5-10 menit. Setelah itu, coba pasang baterai dan nyalakan kembali android. Cara ini ampuh untuk mengatasi kamera android yang muncul notifikasi error.



2. Install aplikasi kamera lain






Jika dengan matikan android belum bisa mengatasi kamera yang error, maka anda bisa menginstall aplikasi kamera di play store. Jika aplikasi kamera lain bisa berfungsi maka masalahnya ada pada kamera bawaan android. Aplikasi kamera android yang bisa anda install di play store antara lain:

camera 360
candy camera


Aplikasi kamera yang anda install di playstore biasanya memiliki fitur yang lebih canggih dan menarik dari pada kamera bawaan android.


3.Hapus data di folder DCIM






cara lain yang bisa anda lakukan adalah menghapus data di folder DCIM baik di memori internal maupun eksternal. Kamera bawaan android yang error bisa disebabkan karena file pada folder DCIM yang rusak. Oleh karena itu, anda harus menghapus file pada folder DCIM supaya kamera android kembali normal.

Tapi sebelum anda menghapus file pada folder DCIM , sebaiknya anda backup dulu foto kenangan anda bersama mantan :v , supaya foto-foto yang anda abadikan tetap Aman. Anda bisa backup foto anda ke google drive.

Setelah file pada folder DCIM dihapus maka anda harus membuat file baru bernama "camera". Setelah itu coba jalankan kamera android.


4. Reset android





Jika cara di atas belum bisa mengatasi masalah kamera, maka anda bisa mereset android anda ke setelan pabrik supaya masalah kamera bisa kembali normal. Sebenarnya reset android bisa mengatasi berbagai masalah pada android seperti: mengatasi aplikasi force close, error sistem android. Tapi sebelum anda mereset android ke setelan pabrik sebaiknya anda backup dulu data-data penting agar bisa download lagi pada android. Anda bisa backup data anda ke memori eksternal atau google drive.







Cara reset android bisa melaui pengaturan dan mode recovery.

5.Coba upgrade firmware





Jika masalah kamera android belum bisa teratasi dengan cara di atas, maka anda bisa mencoba untuk mengupgrade firmware android (ROM). Upgrade firmware android akan menambahkan beberapa fitur baru dan memperbaiki masalah bug pada android sehingga masalah android langsung teratasi.

6.Hapus Cache Aplikasi Kamera android






Cara lainnya adalah menghapus cache aplikasi kamera. Terlalu banyak cache bisa menyebabkan masalah pada aplikasi termasuk kamera android yang error. caranya dengan masuk ke pengaturan - aplikasi - pilih aplikasi kamera - hapus cache, setelah itu anda bisa jalankan kamera apakah sudah berjalan normal atau masih error.

7.Install aplikasi antivirus






Anda bisa menginstall aplikasi antivirus untuk memastikan apakah ponsel anda terdapat virus ata tidak. Virus di ponsel bisa menyebabkan kerusakan pada software maupun hardware android. Berikut aplikasi antivirus yang bisa anda coba di playstore.

NOX SECURITY
360 SECURITY

Setelah diinstall, lalu buka aplikasi antivirus dan lakukan scan. Apabila terdapat virus maka hapus supaya android kembali normal.

8.Unroot android






Root di android memberikan keuntungan yang beragam seperti: LINK ARTIKEL , jika anda tidak bisa mengontrol akses root maka akan terjadi masalah pada android anda termasuk juga kamera yang rusak atau error. Jika android kalian root maka sebaiknya unroot agar sistem kembali ke setelan pabrik dan masalah sistem akan teratasi.


9. Update sistem android






Banyak orang yang malas untuk mengupdate sistem android padahal itu adalah hal penting untuk menghindari masalah sistem. Keuntungan update sistem adalah meningkatkan kinerja sistem, mengatasi bug (masalah) pada android. Dengan update sistem anda bisa mengatasi masalah (bug) seperti: kamera android yang error. Caranya adalah masuk ke pengaturan - Tentang perangkat - perbarui perangkat - perbarui. Setelah perbarui anda bisa mencoba aplikasi kamera.

10.Bersihkan RAM android






RAM berperan penting pada android, RAM berfungsi menjaga aplikasi yang ditinggalkan supaya tetap berjalan. Pada saat RAM penuh, android akan mengalami beberapa masalah teknis seperti: aplikasi force close, bahkan kamera rusak atau error. Beberapa cara untuk mengatasi RAM penuh di android, diantaranya menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi pembersih bisa anda download melalui link di bawah ini:

Master Cleaner
Speed Booster

Setelah di install, lalu bersihkan RAM menggunakan fitur pada aplikasi. Harap untuk membersihkan RAM 1× seminggu untuk mengoptimalkan kinerja RAM.

11.Service Android






Jika masih belum berhasil, berarti masalahnya bukan pada sistem tetapi pada komponen. Komponen android yang rusak bisa karena terjatuh, terkena air atau hal lain yang menyebabkan android rusak.

Ciri-ciri komponen yang rusak adalah:


Kamera berwarna:



Pada saat kamera dibuka, bukan muncul gambar tapi muncul efek warna warni pada layar. Hal itu disebabkan oleh rusaknya komponen android.


Kamera bergaris:




Pada saat kamera dibuka, akan nampak garis-garis pada layar. Hal itu disebabkan oleh komponen kamera yang retak atau sejenisnya.


Kamera blank:



Pada saat kamera dibuka, akan nampak layar hitam menandakan bahwa kamera tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena aplikasi kamera tidak sinkron dengan sistem android.

Untuk memperbaikinya jika anda punya keahlian, maka perbaiki sendiri  atau anda bisa membawa android ke service center supaya ditangani oleh yang ahlinya.


Get notifications from this blog