Inilah 20 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Inilah 20 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda


cara meningkatkan rasa percaya diri





Setiap orang pasti ingin mempunyai kepercayaan diri yang membantu kita dalam menjalankan kehidupan yang penuh dengan tantangan. Terkadang orang malu untuk bertindak dengan cepat, berbicara di depan umum atau mengambil keputusan yang besar. Jika anda enggan untuk melakukan suatu hal positif berarti ada sesuatu yang salah dalam diri anda.

Pada artikel ini, saya akan membahas tuntas bagaimana cara untuk menjadi seseorang yang percaya diri. Artikel ini jika anda terapkan dalam kehidupan, maka anda akan menambah kualitas hidup anda dan merubah cara berpikir anda. Berikut caranya.

1. Perbaiki postur tubuh

Seseorang yang percaya diri akan memiliki postur tubuh yang berbeda dengan orang biasa. Mulai dari cara berjalan, bahasa tubuh, bentuk badan dan lain-lain.

Rubah postur tubuh anda dengan mulai berolahraga, cara berjalan dengan selalu menatap ke depan, badan selalu tegap, berikan bahasa tubuh yang baik supaya memberikan totalitas kepercayaan diri pada orang lain.

2. Pilih pakaian yang cocok

Sikap seseorang akan terlihat dari cara berpakaian. Jika anda ingin menjadi seseorang yang percaya diri, maka pilih pakaian yang cocok untuk diri anda sehingga gaya pakaian anda menunjukan seseorang yang gagah dan berani.

Jangan alergi pada warna pakaian tertentu, sesuaikan dengan kondisi fisik. Jangan tampil terlalu mencolok, karena akan menarik perhatian orang-orang dan memunculkan aura negatif.

3. Mulai berolahraga

Jika anda mempunyai tubuh kurus atau gemuk, maka rubahlah dengan mulai olahraga. Rubah bentuk tubuh, mulai menurunkan berat badan. Dengan bentuk tubuh yang ideal akan menambah rasa percaya diri di depan orang banyak.

4. Menjalin hubungan dengan orang lain

Hindari sikap pendiam di depan orang banyak karena akan merusak dirimu sendiri di hadapan orang lain. Mulailah mengobrol dengan orang sekitar atau orang yang baru dikenal untuk menjalin hubungan sekaligus menambah wawasan lewat topik pembahasan tertentu.

5. Tambah pengetahuan dengan cara sendiri

Kebanyakan orang sih, menambah pengetahuan dengan membaca buku tapi anda bisa mencari cara lain untuk memperluas wawasan anda, seperti: Ikut organisasi tertentu, menghadiri acara yang anda minati dan lainnya.

Jika anda pemula, saya sarankan untuk memulai dengan membaca buku. Ilmu yang anda peroleh dari buku bisa anda presentasikan pada orang lain untuk menambah hubungan dan memperoleh kredibilitas yang baik di mata orang lain.

6. Abadikan keberhasilan anda

Abadikan keberhasilan anda dalam secarik kertas atau buku. Catat setiap keberhasilan yang telah anda capai, baik itu besar maupun kecil. Hal ini bertujuan untuk menambah kepercayaan diri bahwa anda telah berhasil dalam bidang yang anda minati.

Kegiatan ini juga memunculkan aura positif dalam diri anda untuk mengambil tantangan yang lebih besar lagi.

7. Jangan lihat orang lain

Jika anda merasa gagal, jangan lihat kesuksesan orang lain. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda pasti mempunyai kelebihan dalam suatu bidang maka manfaatkanlah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Jangan hiraukan kekurangan anda, terima saja dan fokus pada kelebihan anda untuk menumbuhkan rasa percaya diri.






8. Jangan takut gagal

Hal yang paling penting adalah jangan takut untuk gagal, ambil semua tantangan kehidupan yang bisa merubah sikap dan cara berpikir anda. Semakin banyak anda mengalami kegagalan maka anda akan semakin percaya diri.

Ikuti semua kegiatan sosial yang menantang dan cocok untuk diri anda. Hal itu akan menambah rasa kerja keras anda dan menumbuhkan aura positif pada orang lain.

9. Kembangkan bakat anda

Kembangkan bakat yang anda minati untuk menunjang kesuksesan di dunia karir maupun bisnis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta mengambil keputusan secara bijak. Jika anda terus menerus melatih bakat anda, maka anda menjadi lebih baik, menjadi seorang ahli dan kehidupan yang lebih sukses.

10. Cari teman baru

Carilah teman yang bisa membuat rasa percaya diri anda berkembang. Mulailah menjalin hubungan dengan orang yang jenius, pintar dalam segala hal, suka presentasi. Dengan bergaul dengan teman baru yang menurut anda baik, tentu akan menyalurkan aura positif pada diri anda dan menumbuhkan rasa percaya diri.

11. Lakukan sesuatu

Lakukan sesuatu untuk masa depan anda, mengkhayal saja tidak cukup. Mulai bertindak sesuai yang direncanakan, apalagi jika anda ingin mengajak orang lain untuk bergabung dalam rencana anda, butuh rasa percaya diri yang kuat dalam menyampaikan rencana anda pada orang lain. Jika anda telah mendapatkan banyak orang untuk bergabung dalam rencana anda, maka anda sudah tergolong orang yang percaya diri.







12. Bantu orang lain

Salah satu cara untuk menjadi percaya diri adalah mengambil tindakan cepat, bantulah orang lain yang sedang kesusahan. Seperti: mengajak teman makan, menemani teman yang sedang kesepian. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya dir dan jiwa sosial dalam diri anda.

13. Berkumpul dengan orang lain

Cobalah untuk berkumpul dengan teman atau sahabat, jangan merasa sibuk sendiri dengan pekerjaan anda. Mulailah dengan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan berlatih berbicara kepada teman atau sahabat.

Terima saja jika anda merasa canggung karena untuk menjadi percaya diri itu tidak mudah harus dilakukan secara rurin supaya mulai terbiasa. Interaksi akan terlihat ketika anda mencoba berusaha.

14. Jangan takut membicarakan diri sendiri

Cobalah untuk membicarakan apa yang anda alami hari ini atau kemarin. Berikan kesempatam untuk memberikan kesenangan pada diri anda, tidak usah takut untuk memberi tahu orang lain apa yang terjadi pada anda hari ini.

Anda bisa membicarakan ketertarikan kepada suatu hal yang sama dalam kehidupan orang lain. Dengan itu jalan pembicaraan akan semakin nyaman. Teruslah berlatih untuk kemampuan berbicara yang lebih fasih. 

15. Belajar dari kesalahan

Jangan merasa stres karena anda sudah banyak salah, jadikanlah kesalahan anda sebagai penyemangat untuk melakukan hal besar selanjutnya. 

Perbaikilah kesalahan anda, kenali kesalahan apa yang sudah diperbuat - revisi - lalu perbaiki kembali. Jika anda selalu sabar dalam kesalahan maka akan meningkatkan semangat serta kepercayaam diri.

16. Singkirkan pikiran negatif

Pikiran negatif akan merusak pola pikir anda, anda akan berprasangka buruk pada orang lain. Cobalah untuk melawan pikiran negatif, tunbuhkanlah aura positif pada diri anda untuk mempertahankan kepercayaan diri.

Cara menyingkirkan pikiran negatif adalah dengan melakukan meditasi, latihan pernafasan, dengar lagu, main game dan lain-lain.

17. Ikuti kata hati

Semua orang punya jalan dan caranya sendiri dalam mengerjakan sesuatu. Anda juga harus mengikuti kata hati supaya bisa mengembangkan kepercayaan diri anda.

Kata hati menentukan bagaimana nasib anda ke depan, jika anda terlepas dari kata hati maka anda akan terombang-ambing dalam keputusan, tapi jika anda teguh mengikuti kata hati maka anda akan sukses dengan cara sendiri.

18. Jangan lupa bersyukur

Bersyukur dengan keadaan anda yang sekarang, akan membuat hati anda menjadi tenang. Jangan cepat putus asa, bersabarlah pada semua hal yang terjadi lalu perbaiki kesalahan yang terjadi.

Barengi rasa syukur anda dengan meningkatkan kepercayaan diri, yakinlah bahwa anda akan berhasil suatu saat nanti.

19. Jangan sombong

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, begitu juga dengan percaya diri. Percaya diri yang berlebihan merupakan ciri orang sombong dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Mulai bersikap sopan santun pada orang lain, salurkan kemampuan anda pada orang lain. Hal ini akan menambah totalitas rasa percaya diri anda terhadap orang lain. Seiring waktu anda akan dianggap orang hebat tanpa harus  sombong.

20. Jangan lupa berdoa

Berdoa saat ingin melakukan sesuatu dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri anda. Berdoa pada tuhan membuat hati menjadi tenang dan tentram serta menumbuhkan keyakinan bahwa anda bisa melakukannya.

Lakukan doa-doa yang kecil dahulu, seperti: doa saat keluar rumah, doa sebelum mandi, doa sebelum berpergian. Sebab setiap doa yang anda ucapkan, akan membuat hati anda tenang saat melakukan aktivitas.

Yap, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi seseorang yang percaya diri. Anda akan semakin percaya diri ketika anda mulai terbiasa pada suatu hal.

Anda bisa menonton video ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut 








Posting Komentar

0 Komentar