Cara Memperbaiki Layar Android Black Screen / White Screen / Blue Screen LENGKAP !!!

Cara Memperbaiki Layar Android Black Screen / White Screen / Blue Screen LENGKAP !!!


cara mengatasi layar android black screen




 Cara memperbaiki android yang blank bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke service center dan mengeluarkan rupiah.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada android ialah masalah black screen, white screen dan blue Screen. Anda akan merasa kesal bila sedang main game tiba-tiba layar android error tanpa gambar, apalagi kalau lagi push rank pasti HP mu akan terbang jauh :v .

Lalu bagaimana cara mengatasi blank pada android sehingga anda bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Simak caranya di bawah ini.



Cara mengatasi android black screen




Pada saat anda sedang main HP lalu tiba-tiba black screen tanpa sebab. Jangan panik karena masalah android seperti itu mudah diatasi. Hal itu terjadi karena terdapat masalah kecil yang perlu diperbaiki. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa layar android black screen diantaranya:

1.Kerusakan pada komponen android

Kerusakan pada komponen android bisa disebabkan karena smartphone terjatuh atau terkena air

Loading aplikasi yang lambat disertai force close. Untuk mengatasi aplikasi yang black screen anda bisa cek versi baru nya di play store.

2.Aplikasi latar belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang ditinggalkan pengguna tanpa menutupnya terlebih dahulu sehingga aplikasi tetap berjalan, bersama dengan itu RAM juga akan terkuras. Semakin banyak aplikasi latar belakang, semakin banyak juga RAM yang terkuras dan bisa menjadi masalah teknis termasuk android black screen.

3.Aplikasi error

Pada saat anda membuka aplikasi yang memerlukan data kemudian terjadi black screen pada layar tapi anda sudah cek koneksi bahwa tidak ada masalah. Hal itu mungkin dari aplikasi yang error atau sedang tidak stabil.

4.Memakai android saat mengisi daya

Pada saat android di cas terdapat beberapa perangkat yang mengalami penaikan suhu saat mengisi daya. Kondisi arus listrik yang tidak stabil ini menyebabkan perangkat android terasa panas saat di sentuh.

Hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan android black screen karena perangkat android yang semakin panas seiring pemakaian pengguna saat mengisi daya.

5.Masalah pada koneksi

Jika anda sedang membuka aplikasi yang memerlukan data kemudian terjadi black screen pada layar anda. Hal itu mungkin karena koneksi anda yang mengalami masalah, segeralah perbaiki maka black screen tidak akan terjadi lagi.

6.Masalah pada sistem operasi android

Kesalahan pada OS sistem android juga bisa menyebabkan android black screen. pada saat kita sedang flashing atau update OS yang tidak teratur maka kemungkinan layar android anda akan mengalami black screen.

7.Bermain game sampai baterai habis

Hal ini sudah tidak asing lagi di para pengguna android, teman saya juga banyak yang main game android sampai full baterai habis. Jika HP anda kentang :v , pasti akan mengalami black screen dan masalah teknis lainnya.

Untuk mencegah black screen cukup berhenti main game saat ponsel sudah terasa panas guna menghindari masalah lain yang akan timbul.

8.Memori internal penuh

Jika smartphone android anda sudah penuh maka android tidak mampu menginstall aplikasi ini. Memori internal yang penuh juga bisa menyebabkan masalah termasuk layar android black screen. Jika memori internal penuh bisa jadi android anda akan mengalami black screen.

9.Screen Guard

Apa itu screen guard? , Screen guard adalah sebuah protector yang akan menghalangi touchscreen bekerja dengan sempurna. Jika screen guard menghalangi touchscreen bekerja maka kemungkinan akan terjadi black screen pada android.

Di atas sudah dijelaskan beberapa penyebab layar android black screen. Bagaimana? sudah menemukan penyebab kenapa android anda black screen. Jika penyebabnya belum ditemukan, itu mungkin karena ada masalah lain pada perangkat android anda. Penyebab yang saya jelaskan di atas adalah masalah umum dari kebanyakan pengguna android. Sekarang saya akan membahas cara mengatasi black screen. Simak caranya di bawah ini.

1. Matikan android terlebih dahulu dan biarkan selama 5 - 10 menit, untuk proses perbaikan kinerja android. Setelah itu hidupkan kembali lalu coba mainkan. Jika masih terjadi black screen, matikan lagi android lalu buka baterai, kartu SIM dan kartu memori dan birkan dengan durasi yang sama, setelah itu nyalakan kembali android anda dan coba mainkan.

2. Buka pelindung layar atau ganti screen guard. Screen guard menghalangi kinerja touchscreen.

3. Cas ponsel android. Cas ponsel android selama 30 - 60 menit setelah itu coba nyalakan kembali.

4. Bersihkan Cache Sistem. Cache berfungsi untuk data-data penting pada aplikasi sehingga saat aplikasi ingin digunakan aksesnya akan cepat.

Terlalu banyak cache bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti: aplikasi keluar sendiri, terjadi crash pada android dan black screen android. Bagaimana cara masuk mode recovery, cek artikel DISINI. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus cache melalui mode recovery:

Masuk ke mode recovery - lalu cari mode wipe - pilih wipe cache - clear.

Setelah itu, android akan restart dan bersih dari sampah cache.

5. Cara terakhir yaitu reset android melalui mode recovery. Reset melalui mode recovery bisa mengatasi berbagai macam masalah termasuk layar black screen.

Itulah beberapa cara mengatasi layar android black screen. Jika masalah belum teratasi mungkin ada penyebab lain pada perangkat android anda. Hal itu harus diatasi oleh ahlinya.

Selanjutnya kita akan membahas cara mengatasi layar android white screen. Simaka caranya di bawah ini.



Cara mengatasi android white screen




Sebelum kita bahas caranya. Sebaiknya kita ketahui dulu penyebab kenapa layar android white screen. Berikut ini beberapa penyebab kenapa layar android anda white screen antara lain:

1. Terdapat kesalahan pada perangkat android, seperti: masalah pada software, flash rom atau firmware yang menyebabkan layar android white screen.

2. Konektor LCD lepas atau kendor karena tegangan yang disalurkan ke perangkat android tidak stabil dan membuat baterai rusak. Hal ini menyebabkan ketidakstabilan pada perangkat android.

Di atas sudah saya jelaskan penyebab kenapa layar android white screen. Sebaiknya cek dulu penyebab kenapa layar android bisa white screen supaya bisa diatasi dengan cara yang sederhana. Penyebab yang saya jelaskan di atas adalah masalah umum pada pengguna android. Sekarang ke bagian cara mengatasi layar android white screen. Simak caranya di bawah ini.

1. Matikan Android




Sama seperti black screen. Matikan dulu android kamu lalu buka baterai biarkan selama 5 - 10 menit, setelah itu pasang dan nyalakan kembali. Jika ada batetai lain yang cocok maka coba pasang pada android anda.

2. Ganti LCD yang rusak


Hasil gambar untuk lcd android
tokopedia


Jika anda sudah melakukan reset lewat recovery mode, anda juga harus mengecek apakah LCD rusak atau tidak. Jika LCD rusak maka harus mengganti dengan yang baru atau LCD bekas tapi masih bagus. 

Cara mengecek layar untuk memastikan rusak tidaknya, anda bisa telfon ke ponsel android yang white screen, Jika android masih berbunyi maka terdapat masalah pada LCD. Untuk harga penggantian LCD sangat beragam sesuai merk dan jenis ponsel sesuai dengan ukuran layarnya.

3. Ganti baterai android


magersena


Cara selanjutnya adalah mengganti baterai android dengan yang baru. Baterai yang rusak akan mengganggu kinerja android dan bisa menyebabkan masalah seperti layar white screen. Anda bisa membeli baterai baru di kedai terdekat usahakan yang kualitasnya bagus.

4. Keringkan android jika terkena air






Bagaimana jika layar (white/black) screen setelah terkena air, apakah sama cara mengatasinya? .

Cara mengatasinya: keringkan dulu android anda - lalu masukan ke dalam beras untuk menyerap kembali air yang ada pada komponen android, masukan ke tumpukan beras sekitar 2-3 hari - Jika mampu touchscreen nya bisa dibuka - setelah itu nyalakan kembali android anda.

Cara ini sudah banyak dilakukan para pengguna android dan hasilnya berhasil 100%.







5. Bersihkan socket layar


Jika masih belum bisa teratasi, mungkin masalahnya ada pada hardware. Jika anda berniat untuk membongkar android dan memperbaikinya.

Masalah layar white screen biasanya ada pada touchscreen walau tidak 100%. untuk mengatasinya anda bisa mencoba membongkar bagian LCD konektor.

Caranya: Lepas casing HP - lalu lihat bagian samping - bagian tersebut ada socket layar - lepaskan socket layar - Setelah itu bersihkan bagian ujung kabel konektor menggunakan penghapus - pasang kembali semua komponen - lalu nyalakan kembali.

Tutorialnya coba cek video berikut.







6. Reflash android

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah reflash android untuk mengatasi white screen. Flash android bertujuan untuk mengganti sistem yang lama dengan sistem yang baru sehingga masalah teknis pada android akan teratasi termasuk juga white screen.

Cara flashing Android, kalian bisa cari di google dengan kata kunci "cara flash (merk android)".


7. Reset android lewat mode recovery




Sama seperti black screen, cara mengatasi layar white screen yaitu dengan cara mereset android melalui mode recovery.

Pada saat android sudah direset, sistem akan kembali normal dan masalah pun akan teratasi. Cara masuk mode recovery sudah saya jelaskan di atas.


8. Service android




Jika masih belum bisa, anda bisa bawa android ke konter dan diperbaiki oleh ahlinya. Pengecekan di atas bisa dilakukan sendiri. Jika masih belum teratasi, masalahnya:

Masalah pada touchscreen. Jika masalahnya ada pada touchscreen maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Tarif perbaikan di service hp mulai dari 300 Ribu - 700 ribu, terganting dari jenis hp dan ketersediaan.mau lebih murah, anda bisa pasang sendiri di rumah dengan membeli touchscreen dari shopee.

masalah pada komponen. Masalah ini dikarenakan umur HP yang sudah lama digunakan atau HP sering panas saat digunakan sehingga kualitas komponen android menurun.

Untuk masalah komponen sedikit sulit untuk memahaminya.

Coba cek video ini.






Sepertinya cukup sulit untuk memahami masalah komponen pada android sehingga harus ditangani oleh ahlinya.

Masalah layar, anda bisa mengatasinya sendiri sementara untuk komponen, jangan coba-coba untuk mengopreknya sendiri karena bisa membuat android semakin rusak.

Itulah beberapa cara mengatasi layar android white screen. Jika masalah belum teratasi mungkin ada masalah lain yang harus ditangani oleh ahlinya.



Cara mengatasi Black screen di HP Android Baterai Tanam




Bagaimana jika layar blank screen padahal android baterai tanam. Tentu kita akan kesulitan untuk restart android karena tombol power android tidak berfungsi.

Lalu bagaimana cara restart paksa android yang black screen. Berikut caranya.

1. Tekan tombol volume up dan volume down secara bersamaan maka android akan restart.

2. Cari tombol reset berupa lubang kecil pada android lalu tekan menggunakan jarum. Tombol reset biasanya terletak pada bagian kanan atau kiri casing. 


Sangat mudah kan, sesudah itu android anda akan kembali normal seperti baru.



Cara mengatasi android blue screen



Blue Screen terjadi karena adanya masalah pada hardware android, Masalah yang paling banyak menyebabkan blue screen antara lain: masalah pada RAM, Processor dan Memori Internal. Kasus lain juga Blue Screen disebabkan oleh masalah Overclock android.

Untuk masalah Blue Screen sangat berbeda dengan Black/White Screen. Blue screen ditandai dengan layar biru serta tulisan-tulisan dari sistem yang tidak dimengerti. Blue Screen terjadi karena device dipasangi custom ROM atau Custom Kernel.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi Blue Screen pada android


1. Biarkan android reboot

Jika blue screen muncul 1 atau 2 kali pada android maka itu termasuk hal yang wajar karena terjadi crash pada hardware itu sudah menjadi hal yang biasa. Jika blue screen sering muncul bahkan sampai setiap jam, maka harus lebih serius menanganinya dan jika android reboot maka biarkan. 

2. Ganti Custom ROM dan Kernel

Jika masalah blue screen ada pada Custom ROM dan Kernel, maka solusinya adalah dengan mengganti Custom ROM dan Kernel yang versi yang lebih terpercaya. Karena banyak sekali pengembang pihak ke 3 jika melakukan build custom ROM dan Kernel, mereka selalu melakukan overclock terhadap settingan pabrik. Oleh karena pihak ke 3 itu penyebab android menjadi blue screen.

3. Flash android ke firmware pabrikan

Jika masih belum berhasil, kalian bisa flash ulang android ke stock firmware. Dengan cara ini maka android akan kembali normal.

Jika masalah blue screen masih terjadi, mungkin ada kerusakan pada hardware android. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen lama dengan yang baru, hal itu harus dilakukan oleh ahlinya.



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mksudnyaa terkena dngn komponen , di bhgian mna ya? Dn bgaimana cara memperbaiki ?

    BalasHapus