Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli HP, Dana Bukan yang Utama

Sebelum membeli hp



Kebanyakan orang menyiapkan dana terlebih dahulu sebelum membeli hp, karena jika tidak ada dana maka hp tidak akan terbeli.

Tapi, sebenarnya dana bukanlah yang utama dalam membeli sebuah smartphone. Ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan dulu seperti kebutuhan, spesifikasi hp, merk hp dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli HP. Informasi ini sangat penting supaya Anda tidak salah dalam membeli gadget impian yang sesuai kebutuhan.

Dana dan Kebutuhan


Banyak orang bilang dana atau budget adalah hal yang paling penting dan harus diutamakan. Tapi, Anda harus cek terlebih dahulu kebutuhan saat memakai hp, apakah dana yang ada akan memenuhi kebutuhan atau tidak.

Hal ini sangat penting karena jika kebutuhan tidak terpenuhi tapi Anda memaksakan untuk membeli HP dengan dana yang ada maka hal itu akan sia-sia.

Misalnya, Anda ingin menggunakan HP untuk bermain game online bersama teman dan Anda memaksakan membeli hp 1-2 jutaan. Hasilnya unit yang dibeli kurang memuaskan dan tidak memenuhi kebutuhan.

Jadi, Anda harus memperhatikan kebutuhan terlebih dahulu lalu cari HP apa yang sangat cocok dan dijamin akan memenuhi kebutuhan dengan maksimal.

Mendahulukan kebutuhan dibanding dana bertujuan untuk memastikan kalau dana yang dihabiskan tidak sia-sia karena membeli HP yang sama sekali tidak memenuhi kebutuhan.

Jangan Membeli HP yang Terlalu Murah


Saat mencari HP idaman, Anda pasti sering menemukan harga HP yang sangat murah tapi punya spesifikasi yang gahar. Biasanya hal ini sering ditemukan di media sosial seperti Facebook dan Tiktok.

Jika harga murah karena ada diskon special atau cashback besar maka hal itu tidak masalah, Anda bisa langsung membelinya.


Tapi, kalau Anda menemukan HP murah yang terlihat mencurigakan lebih baik jangan dibeli karena bisa jadi barang tersebut tidak resmi atau punya garansi palsu.

Anda juga tidak disarankan untuk membeli HP bekas dengan harga yang sangat murah karena penjual tidak akan bertanggung jawab jika unit terjadi masalah setelah pembelian.

Hal ini berbeda jika Anda membeli HP baru dengan harga resmi maka segala masalah yang terjadi setelah pembelian akan ditanggung oleh produsen, setidaknya di tahun pertama.

Cari Tahu HP yang Akan Dibeli


Saat ini sudah banyak para reviewer yang bertebaran di sosial media baik di dalam dan luar negeri yang memberikan pendapat mereka tentang HP yang akan Anda beli.

Hal ini tidak bisa dilakukan dalam sehari karena mungkin Anda akan tergoda dengan unit lain di harga yang sama tapi punya performa yang lebih baik.

Setelah menentukan tipe HP yang akan dibeli, Anda cari review-nya di YouTube atau di sosial media seperti Facebook dan Tiktok.

Anda harus ingat kalau chipset itu bukan segalanya dan tidak menentukan bagus tidaknya sebuah HP. Jangan lihat chipset saja, Anda juga harus perhatikan kualitas layar, daya tahan, performa dan lainnya.

Setelah menonton beberapa video reviewer, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan HP yang akan dibeli.

Hal yang terpenting adalah kebutuhan, jika HP punya banyak kekurangan tapi memenuhi kebutuhan dengan maksimal maka tidak masalah.

Penutup


Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum membeli HP. Tindakan yang aman dan minim resiko dalam membeli HP adalah membelinya secara resmi dan bergaransi.

Tapi, kembali ke diri masing-masing, jika Anda ingin membeli HP idaman bekas dengan harga yang lebih murah maka Anda harus siap menanggung resikonya jika unit yang dibeli terjadi masalah setelah beberapa hari pemakaian.