Kelebihan dan Kekurangan Oppo A78 5G, HP Mewah Harga 3 Jutaan

Kekurangan Oppo A78 5G



Oppo kembali meluncurkan smartphone A series dengan bekal spesifikasi yang mumpuni dan memiliki harga yang terjangkau.

Oppo A adalah seri hp Oppo yang paling banyak dinantikan oleh penggemarnya. Oppo resmi merilis Oppo A78 5g ke pasar Indonesia pada akhir Maret tahun 2023.

Dengan harga 3,9 juta, hp ini membawa berbagai keunggulan diantaranya adalah dilengkapi dengan persenjataan yang cukup tangguh pada sektor performa sehingga dapat diandalkan untuk game berat dan kegiatan grafis.

pada sisi fotografi juga dilengkapi dengan hardware dan software yang mumpuni dan ketahanan baterai yang sangat layak di kelas menengah.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu kelebihan dan kekurangan hp mewah Oppo A78 5G sebelum Anda benar-benar ingin membelinya.

Kelebihan Oppo A78 5G


Hp terbaru ini mempunyai beberapa kelebihan yang bisa membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari desain, kamera, performa, fitur dan lainnya.

1. Desain premium


Oppo selalu membuat bodi bagian belakang terlihat cantik karena segmen pasar terbesar brand satu ini adalah para wanita yang memperhatikan pentingnya tampilan bodi hp.

Oppo A78 5G memiliki desain yang stylish dan mewah dengan menampilkan cahaya berkilauan dari berbagai sudut.

Unit ini menampilkan dua bump kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Kedua lingkaran tersebut tampak tidak terlalu menonjol secara fisik.

Lingkaran kamera itu berada di dalam elemen visual berbentuk lonjong yang memanjang dari atas hingga ke area bawah bodi. Sekilas desain seperti ini mirip dengan Oppo Reno8 T yang belum lama ini diluncurkan di pasar Indonesia.

Hp mewah ini cukup ringan dengan bobot 188 gram dan tampilan fisik yang sudah kekinian dengan frame datar yang ketebalannya hanya 7,99 gram. Oppo a78 5G hadir dengan dua varian warna yaitu Glowing Purple dan Glowing Glade.

2. Memiliki IPX4


Dengan adanya sertifikasi ipx4 maka A78 5G bisa bertahan meski terkena tumpahan air dari segala arah baik terkena tetesan air minum atau tetesan hujan gerimis.

3. Baterai Besar dan Awet


Hp 3 jutaan ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, Oppo meyakini bahwa kapasitas baterai tersebut mampu bertahan hingga 7,5 jam saat digunakan bermain game.

A78 5G juga mampu bertahan selama 22,8 jam untuk melakukan panggilan telepon dan 16 jam untuk pemutaran video.

Ketahanan baterai ini dibantu dengan dua fitur penghematan baterai yaitu super power saving mode dan super night time stand by mode.

Oppo A78 5G hadir dengan charger berdaya 33W supervooc, Oppo menyebutkan bahwa smartphone Ini bisa isi daya hingga 52% hanya dalam waktu 30 menit saja.

4. Hasil Kamera Memuaskan


Sebagai perlengkapan fotografi, hp terbaru ini dibekali dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera depth sensor 2 MP dan kamera depan 8 MP.

Kamera depan dan belakang memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p 30 FPS. Berbagai fitur AI juga disematkan oleh Oppo seperti portrait touching yang dapat mendeteksi umur dan jenis kelamin.


Ada juga mode 108 MP Ultra Clear Image yang bisa menghasilkan foto dengan detail yang lebih tajam dan fitur monokrom video yang membuat hasil perekaman menjadi lebih baik.

5. Banyak Fitur yang Berguna


Seperti hp mewah lainnya, Oppo A78 5G sudah dibekali fitur kekinian yang sangat berguna seperti RAM expansion sebesar 8 GB.

Selain itu, hp 3,9 jutaan ini juga memiliki fitur NFC dan konektivitas seperti bluetooth 5.3, WiFi 5 GHz dual band, USB type C support OTG dan sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol power.

6. Stereo Speaker


Speaker yang sudah stereo akan membuat pengalaman menonton film, bermain game dan menikmati konten di tiktok menjadi nyaman dan lebih baik dari speaker yang masih mono.

Dengan adanya speaker ganda, suara yang dihasilkan bisa lebih seimbang karena sumber suara tidak hanya dari satu sisi saja.

Kekurangan Oppo A78 5G


Meski hp Oppo terbaru ini terbilang cukup menarik tapi tetap saja ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan supaya tidak menyesal setelah membelinya.

1. Layar Biasa Saja


Oppo A78 5G hadir dengan desain jadul waterdrop display berukuran 6,56 inci berpanel IPS LCD yang resolusinya hanya HD+.

Jika dibandingkan dengan pasar smartphone 3 jutaan, layarnya ini masih kalah jauh tapi masih ada refresh rate 90 Hz yang berguna untuk sosial media.

2. Performa Kurang Memuaskan


Hp Oppo terbaru ini dibekali dengan chipset Dimensity 700 fabrikasi 7 nm. Untuk memenuhi performa, A78 5G melengkapi chipset tersebut dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan memori internal 128 GB berjenis ufs 2.2.

Dengan spesifikasi itu semua, Oppo A78 berhasil mendapatkan skor AnTuTu sebesar 346 ribuan. Jika dibandingkan dengan pesaing di kelas harga yang sama, jelas kalau performa hp ini bukan yang terbaik.

Tapi, hal ini wajar untuk sebuah HP Oppo A series karena hadirnya smartphone ini bukan ditujukan untuk pemakaian intensif atau bermain game.

Jadi, Oppo A78 5G lebih cocok untuk pemakaian sehari-hari yang ringan seperti menonton film, foto-foto saat liburan atau membuka sosial media.

3. Tidak Ada Kamera Ultrawide


Sudah menjadi hal umum dimana banyak sekali hp-hp terbaru yang tidak dibekali dengan lensa ultrawide, padahal lensa ini begitu penting daripada lensa depth dan macro.

Penutup


Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A78 5G yang dijual seharga 3,9 juta rupiah. Jika Anda ingin membeli hp baru untuk kegiatan harian maka hp terbaru ini cocok untuk Anda.

Dengan harga 3 jutaan, Oppo A78 memang bukan sebuah smartphone yang menarik. Secara spesifikasinya HP ini menargetkan wanita yang lebih mengutamakan desain ketimbang spesifikasi keseluruhan.