10 Gamepad Android Terbaik, Responsif untuk Semua Jenis Game

Pengalaman bermain game di smartphone sekarang menjadi jauh lebih baik. Hal itu berkat komponen internal perangkat yang terus tumbuh dan semakin kuat.

Untuk menambah keseruan bermain game dengan HP, Anda juga bisa menggunakan perangkat gaming berupa gamepad yang akan membuat pengalaman gaming menjadi lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan rekomendasi gamepad android terbaik yang akurat dan responsif untuk semua jenis game yang ada.

1. Rexus GX100


Rexus GX100



Gamepad yang dijual dengan harga 300 ribuan ini siap menemani Anda bermain game di perangkat PlayStation 3, PC dan Android.

Rexus Gladius GX100 sudah ditanamkan baterai Lippo berukuran 600 mAh dan diklaim dapat menyala hingga 12 jam.

Dengan adanya sistem koneksi tanpa kabel berfrekuensi 2,4 GHz, gamepad ini mampu menjangkau frekuensi sampai 8 meteran.

Dengan bobot hanya sekitar 190 gram, GX100 dilengkapi dengan lampu LED yang akan menyala saat terjadinya pemutusan daya dan pengisian daya.

2. GameSir F7 Claw


GameSir F7 Claw



Brand GameSir menawarkan banyak sekali model pengontrol, tapi F7 claw adalah salah satu yang paling unik. Pengontrol ini dirancang untuk tablet dan android, dirancang sebagai pengontrol untuk penggemar game FPS.

Gamepad ini menawarkan pegangan praktis dengan beberapa tombol tambahan di bagian belakangnya. 

Setiap sisi pegangan pengontrolnya juga akan membantu memindahkan berat kabel. Hal itu dilakukan agar pengguna dapat bermain game dengan lebih nyaman.

Fitur utama pada unit seharga 400 ribuan ini adalah tombol L2 dan R2 di bagian belakang setiap pegangan yang bisa dengan mudah Anda tekan dengan jari tengah.

3. GameSir G5


GameSir G5



GameSir G5 memiliki desain futuristik dan berbeda dengan gamepad pada umumnya, bobotnya terbilang ringan yaitu hanya 500 gram saja dan membuat pengguna tidak keberatan dan nyaman saat bermain game.

Gamepad ini punya kapasitas baterai sebesar 800 mAh dan dilengkapi sistem baterai yang bisa bertahan hingga 18 jam lamanya.

Ada juga teknologi bluetooth versi 5.0 yang akan membuat unit ini bisa berfungsi dengan sistem operasi Android dan iOS.

Harga : Rp 600.000

4. GameSir X2


GameSir X2



GameSir X2 dirancang untuk beberapa ponsel Android dari brand besar seperti Samsung dan Xiaomi. Gamepad ini dibuat dengan pengaturan yang sangat mirip dengan Nintendo switch.

Unit terhubung menggunakan USB-C yang akan membuat pengguna bisa mendapatkan waktu respon yang lebih cepat dari kontrol yang Anda dapatkan.

GameSir menggunakan tombol saklar mikro dengan umur tekan 3 juta kali dan casingnya juga akan membantu menjaga seluruh unit tetap aman saat dibawa berpergian.

Harga : Rp 700.000

5. 8BitDo Pro 2


8BitDo Pro 2



8BitDo Pro 2 mempunyai gaya retro dari pengontrol classic, brand ini juga telah membuat pegangan tangan yang kuat ke pengontrol ini dengan sentuhan bertekstur untuk membantu tangan tidak mudah tergelincir.

Pada bagian belakang, Anda akan melihat gamepad ini memiliki dua tombol makro untuk jenis input pro levelnya.


Unit ini juga akan membuat Anda menyesuaikan kedua tombol dan juga dapat memetakan ulang semua kontrol, menukar stik, membalikkan sumbu dan menyesuaikan zona mati getaran.

Harga : Rp 800.000
 

6. SteelSeries Stratus+


Steelseries Stratus+



Stratus+ adalah versi upgrade dari Stratus Duo dan sama persis seperti pendahulunya, gamepad ini punya fitur terbaik yang hemat anggaran.

Unit seharga 1,3 jutaan ini menawarkan semua yang Anda harapkan dari gamepad yang lebih mahal. Stratus+ menawarkan tata letak yang familiar memadukan gaya pengontrol XBox dan dual Sony dengan memilih stick simetris.

Sensor magnet efek pada unit ini menawarkan sensasi luar biasa pada pemicu untuk memastikan presisi dan konsistensi saat bermain game.

7. GameSir X3 type-C


Gamepad X3 type-C



Gamepad dari GameSir ini dilengkapi dengan kipas RGB external yang membantu menjaga unit tetap dingin saat bermain game berat.

Jadi, kipas akan membuat kinerja game menjadi lebih baik lagi. Semua tombol pada X3 type-C menggunakan saklar kail untuk rasa klik yang menyenangkan dan sangat responsif.

Hal ini akan membuat nuansa premium terlepas dari casingnya yang plastik dan berkat beratnya tangan Anda tidak akan mudah lelah ketika bermain game dalam waktu lama.

Harga : Rp 1.300.000

8. ASUS ZS673KS Controller


ASUS ZS673KS Controller



Gamepad ini akan membuat pengalaman bermain game menjadi semakin seru berkat desain modular yang membuka cara baru untuk bermain game memakai konsol.

Asus ZS673KS akan membuat Anda merasakan dan mengontrol gamepad konsol game di ROG Phone 5 baik saat memakai dalam mode mandiri atau mode genggam.

Dengan koneksi USB type-C, Anda akan merasakan sesi game dengan latensi mendekati nol. Untuk harga, gamepad dari Asus dijual di angka 1,4 jutaan.

9. Razer Kishi V2


Razer Kishi V2



Hanya ada sedikit gamepad yang dibuat sempurna untuk game seluler dan portabilitas, contohnya adalah Razer Kishi V2.

Gamepad ini dibuat dengan beberapa penyesuaian dibanding versi awal. Kishi V2 mendukung sebagian besar ponsel Android selama itu menggunakan USB-C dan tebalnya di bawah 11,5 mm atau 170 mm.

Gamepad dari Razer ini menyediakan semua tombol dan kontrol yang dibutuhkan dengan stik analog ganda yang dapat ditekan di samping tombol aksi, tombol pemicu tombol bahu, DP dan beberapa tombol navigasi.

Harga : Rp 1.600.000

10. Razer Raiju Mobile


Razer Raiju Mobile



Sebagai salah satu nama yang paling besar dalam dunia gaming, tidak heran jika unit Razer lainnya masuk ke salah satu gamepad terbaik.

Raiju Mobile dapat terhubung melalui bluetooth atau kabel dengan salah satu kabel USB-C yang dibandel Razer di dalam paketnya.

Pengontrol ini juga memiliki dok bawaan untuk android yang dapat digeser ke atas dan bisa menangani sebagian besar kebutuhan android.

Razer Raiju Mobile juga punya aplikasi pendamping yang bisa membuat Anda untuk memetakan tombol dan menyesuaikan sensitifitas stick analog.

Harga : Rp 2.000.000

Penutup


Bermain game memakai gamepad android tentu akan membuat permainan semakin mudah, sebelum membeli sebuah gamepad harap periksalah konektivitas agar sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Jika ingin dipakai untuk beberapa perangkat, perhatikan juga kompatibilitasnya dengan OS lain. Hal ini perlu dilakukan supaya gamepad yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.