Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s, HP 1 Jutaan yang Minimalis

Kekurangan Realme C30s



Realme kembali merilis smartphone C series untuk mengisi kelas entry level, HP tersebut adalah realme C30s yang harganya mulai dari 1,3 jutaan saja.

Meski dibanderol dengan harga yang terbilang murah, HP ini tetap memiliki kelebihan yang menarik untuk pengguna, seperti adanya side fingerprint yang diklaim merupakan yang pertama di harga ini.

Tapi, Realme C30s juga memiliki banyak kekurangan seperti hp 1 jutaan lainnya. Pada kesempatan kali ini, Magersena akan membahas kelebihan dan kekurangan Realme C30s untuk menjadi pertimbangan bagi Anda yang berniat membeli unit ini.

Kelebihan Realme C30s


Pertama, kita harus mengetahui kelebihan unit ini terlebih dahulu dari sisi performa, baterai, desain, kamera dan yang lainnya.

1. Desain yang Minimalis


Desain realme C30s hampir sama dengan kakaknya realme C30, tampilannya masih mengusung desain minimalis yang stylish. Bentuk bodi unit ini juga sudah terkesan kekinian berkat sisi yang datar.

Proses pembuatan bodi mencakup laser dengan 5 axis sehingga menghasilkan pola bergaris yang berdempetan dan terjajar rapi.

Dengan itu, bodi hp diharapkan tidak licin dan tidak mudah membekas sidik jari. Sedangkan untuk varian warna ada dua, yaitu Strip Black dan Strip Blue.

Bodi ponsel terbuat dari bahan material plastik polikarbonat, baik pada bagian belakang maupun framenya. Realme C30s punya bobot yang cukup ringan sekitar 184 gram saja dengan ketebalan di angka 8,5 mm.

2. Layar Lebar Dengan Bezel Tipis


Hp Realme terbaru ini hadir dengan desain waterdrop notch dengan bezel yang lumayan tipis di sisi kanan kirinya, hanya saja untuk bagian bawah masih cukup tebal.

Layarnya punya bentang 6,5 inci berpanel IPS LCD dengan resolusi HD+. Meskipun secara spek cukup standar, tapi dipakai untuk nonton film bagian pewarna terlihat bagus.

Realme C30s dibekali dengan kapabilitas tampilan 16,7 juta warna agar efek visual pada film dan konten semakin terlihat menyala dengan ukuran yang cukup lebar.

3. Side Fingerprint


Bicara tentang hp kelas entry, terlebih untuk harga dibawah 1,5 juta biasanya tidak memiliki sensor sidik jari dan kalaupun ada biasanya di bagian belakang yang terkesan mengganggu keindahan back-cover.

Realme C30s ingin tampil berbeda karena hp ini menyediakan sensor pemindai sidik jari di sisi bodi. Selain memudahkan proses pembukaan kunci layar, hal ini juga bagus dari segi estetika.

Poin ini juga yang menjadi peningkatan drastis dari realme C30 reguler yang tidak memiliki sensor sidik jari.

4. Hasil Foto yang Memuaskan


Hp Realme terbaru ini hanya punya satu kamera di belakang yang beresolusi 8 MP dengan beragam fungsi fotografi seperti beautyz filter, HDR, panorama portrait, timelapse, expert dan juga Super Night.


Fitur perekaman kamera belakang mendukung resolusi hingga 1080p pada kecepatan 30 FPS, sedangkan untuk kamera depan bisa mencapai resolusi 720p dengan 30 FPS.

Untuk hasil foto, gambar yang dihasilkan sudah terbilang bagus di kelasnya. Dengan fitur yang ada, Anda bisa menyesuaikan pencahayaan dan tempat foto untuk menangkap gambar yang memuaskan.

5. Kapasitas Baterai yang Besar


Satu hal yang selalu menjadi nilai lebih dari ponsel entry level zaman sekarang adalah kapasitas baterai. Kehadiran smartphone kapasitas 5000 mAh memang sudah menjadi hal yang biasa.

Hal ini juga diterapkan pada Realme C30s yang punya kapasitas baterai 5000 mAh. Dengan spesifikasi keseluruhan yang tidak begitu tinggi, beban yang diberikan juga tidak berat.

Dengan itu, baterai hp ini menjadi hemat dan bisa digunakan seharian untuk pemakaian normal. Saat dipakai Main PUBG Mobile selama 30 menit, daya hanya berkurang 9% saja.

Asumsinya, smartphone ini sanggup digunakan bermain game hingga lebih dari 4 jam pada satu kali pengisian.

Kekurangan Realme C30s


Setelah membahas berbagai kelebihan yang mungkin membuat Anda sangat yakin ingin membelinya, sekarang Anda harus mengetahui beberapa kekurangan dari hp Realme ini.

1. Proses Isi Daya yang Lama


Dengan kapasitas 5000 mAh, Realme C30s hanya dibekali charger dengan daya 5A 2V alias 10W. Untuk isi daya dari 0% hingga 100% pun bisa memakan waktu hingga lebih dari 3 jam.

Selain itu, port pengisian unit ini pun masih berjenis micro USB 2.0. Meski begitu, port ini masih support OTG sehingga pengguna bisa hubungkan flashdisk ke smartphone ini.

Sebagai informasi tambahan, kelemahan port micro dibanding type-C adalah tidak bisa asal colok karena punya bentuk yang tidak simetris.

Selain itu, kecepatan transfer data yang ditawarkan juga berbeda. Jenis USB type-C mampu mencapai kecepatan yang lebih dari micro USB saat memindahkan data antara PC dan ponsel.

2. Performa Serba Kurang


Realme C30s dibekali chipset yang tidak terlalu bertenaga yaitu Unisoc SC9863A. Performa yang ditawarkan tidak lebih kencang dari chipset yang ada pada Realme C30.

Untuk membantu proses kerja si chipset, Realme memberikan dua varian memori yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

Unit ini dikemas dengan android 12 Go Edition yang lebih ringan dan gesit. HP ini bisa memainkan PUBG Mobile pada grafis smooth medium, tapi gameplay yang dirasakan kurang nyaman, jadi lebih baik smooth low saja.

RAM yang lebih besar bisa mempercepat proses loading suatu aplikasi termasuk saat bermain game. Oleh karena itu, lebih baik Anda memilih varian RAM yang 4GB jika unit akan dipakai untuk bermain game.

Selain dapat performa lebih, storage yang ditawarkan juga lebih besar sehingga Anda bisa menyimpan foto, audio atau yang lainnya dengan lebih banyak lagi.

3. Bluetooth Versi Jadul


Memiliki Bluetooth 4.0, Realme C30s bukan perangkat yang disarankan untuk penggunaan perangkat nirkabel seperti TWS, speaker, mouse dan keyboard.

Alasannya karena versi bluetooth ini lebih jadul dibandingkan bluetooth 5.0 yang dimiliki mayoritas smartphone lainnya.

Bluetooth 5.0 memiliki sejumlah kelebihan yaitu jarak yang lebih jauh, latensi lebih rendah dan efisiensi daya yang lebih baik. Entah kenapa, hp Realme ini hanya dibekali dengan bluetooth 4.0 padahal realme C30 dibekali dengan versi 5.0.

4. Tidak Mendukung Dual Band


Hp Realme terbaru ini mendukung WiFi 4 yang hanya bisa terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz. Hasilnya, jika Anda berada di tempat umum yang menggunakan router 5 GHz maka ponsel ini tidak dapat mendeteksinya.

Pita jaringan 2,4 GHz menghadirkan kecepatan internet yang lebih lambat, namun dengan jangkauan lebih luas. Kebalikannya, router WiFi 5 memancarkan jangkauan sinyal yang lebih pendek, namun kecepatannya berkali-kali lipat lebih baik.

Penutup


Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli realme C30s. Jika kekurangan yang disebutkan tidak menjadi masalah maka unit ini cocok untuk Anda.

Dengan menyasar kelas HP 1 jutaan, Realme C30s sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan normal sehari-hari.

Unit ini memang hanya cocok untuk aktivitas ringan seperti YouTube, kirim pesan WhatsApp, browsing Dan aktivitas ringan lainnya.