Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 T, HP Dengan Kamera 100 MP

Kekurangan Oppo Reno8 T



Oppo memulai perjalanan barunya di tahun 2023 dengan merilis Oppo Reno8 T, kehadiran Reno8 T ini siap meramaikan pasar HP kelas menengah yang hadir dengan desain yang stylish, banyak fitur dan kamera 100 MP.

Huruf Y itu mempunyai arti adanya peningkatan di beberapa aspek di beberapa sektor, walau terdapat peningkatan tapi untuk harganya malah menjadi yang termurah di keluarga Reno 8 series.

Dengan harga 4,8 juta rupiah, Oppo Reno8 T memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum benar-benar membeli unit ini.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 T, mulai dari performa, kamera, baterai, fitur dan hal penting lainnya.

Kelebihan Oppo Reno8 T


Pertama, kita bahas sisi kelebihan dan hal-hal yang menarik perhatian para penggemar smartphone seperti fitur, desain, performa, chipset dan daya tahan baterai.

1. Performa yang Kencang


Selain tampilan yang keren dan layar yang indah, HP Oppo terbaru ini juga hadir dengan salah satu chipset 4G terkencang di tahun 2022 yaitu MediaTek Helio G99.

Chipset tersebut berpadu dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB. Walaupun sudah tergolong besar, Oppo tetap memberikan fitur RAM extension hingga 8 GB dan penyimpanan internal pun masih bisa diperluas lagi sampai 1 TB.

Pada saat pengujian, AnTutu HP ini mampu memperoleh skor 379 ribuan yang termasuk skor yang cukup besar untuk helio G99.

Saat dipakai untuk bermain game kekinian, Oppo Reno8 T terasa nyaman, berjalan lancar tanpa lag dan minim blank atau force close. Apalagi kalau Anda mengaktifkan fitur pro game mode maka performanya akan meningkat 2× lipat.

Untuk Anda yang selalu pakai gyro juga tidak perlu khawatir karena sensor gyroscope di Reno8 T sudah hardware sehingga penggunaan akan terasa mulus dan responsif.

2. Pengisian Supervooc 33W


Oppo Reno8 T dibekali dengan baterai 5000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 33W Supervooc. Dengan kapasitas daya ini, hp bisa bertahan sampai sekitar 18 jam lebih untuk menonton video playback.

Untuk nonton YouTube selama 30 menit, daya yang berkurang hanya 3%, main tiktok selama 30 menit, daya baterai hanya turun 4% dan main Genshin Impact selama 30 menit, baterai berkurang 13% saja.

Untuk pengisian daya dari 0% sampai 50% hanya membutuhkan waktu 26 menit saja, sedangkan pengisian sampai 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 11 menit.

3. Desain yang Bergaya dan Ringan


Nilai plus yang paling mencolok dari HP ini ada pada desainnya, Reno8 T hadir dengan desain stylish yang menawarkan tampilan mewah terutama untuk varian warna sunset orange yang punya desain backcover terbuat dari kulit sintetis yang Oppo sebut dengan fiberglass letter.
 
Desain dengan bahan seperti ini tentunya tidak akan meninggalkan bekas sidik jari yang akan membuat HP terkesan kotor. Adapun warna lainnya yaitu Midnight Black yang berbahan polikarbonat.

Pada kamera terdapat lampu melingkar yang disebut sebagai orbit light yang berfungsi layaknya lampu LED notifikasi.

Hal yang menarik, bagian frame juga dibuat datar dengan tepian sedikit melengkung. Jadi, selain dapat kesan kekinian, genggaman juga akan terasa nyaman.

Selain itu, bobot dan ketebalan juga tergolong ramping yaitu sekitar 180 gram dan 8 mm sehingga nyaman dalam genggaman walaupun dengan satu tangan

Jadi secara keseluruhan, bagian desain terlihat mantap dengan menawarkan kesan premium tapi juga nyaman saat digunakan.

4. Layar Kualitas Tinggi


Oppo Reno8 T dibekali dengan panel AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz.

Dengan layar seperti ini, pengguna bisa merasakan kemulusan gerakan pada saat scrolling maupun bermain game. Menonton film juga akan terasa nyaman karena layarnya tajam berkat resolusinya yang tinggi.


Layar yang disematkan sudah mendukung wide find L1 yang berarti sudah bisa digunakan untuk streaming netflix di resolusi FHD.

Selain itu, Oppo juga memberikan fitur always on display yang menjadi ciri HP menengah ke atas. Reno8 T sudah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga pengguna tidak perlu khawatir layarnya akan tergores.

5. Banyak Fitur yang Berguna


Oppo Reno8 T sudah menggunakan sistem operasi color OS 13 berbasis Android 13. Sistem operasi besutan Oppo ini tergolong cukup matang dengan bug yang minim dan tidak banyak iklan.

Hal yang menarik, Oppo memberikan jaminan pembaruan Android 2 kali dan sistem keamanan hingga 4 tahun sehingga cocok untuk digunakan jangka panjang.

Selain itu, HP terbaru ini sudah dibekali dengan speaker stereo yang terletak di bagian bawah dan satunya lagi di bagian earpiece. Microphone juga berjumlah dua yang letaknya di bawah dan di atas bodi.

Dengan begitu, output dan input suara dari hp akan membuat pengguna nyaman karena tidak terfokus di satu bagian saja.

Untuk konektivitas juga termasuk lengkap meski belum mendukung jaringan 5G. Tapi, Reno8T masih ada fitur lain seperti bluetooth 5.3, WiFi 5, WiFi sharing, port USB type C yang mendukung OTG dan NFC.

Kekurangan Oppo Reno8 T


Setelah membahas Kelebihan, Anda harus mengetahui beberapa kekurangan yang ada di Oppo Reno8 T supaya Anda tidak menyesal setelah membelinya.

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide


Oppo memberikan konfigurasi 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 100 MP, kamera mikroskop, kamera bonus dan kamera depan dengan sensor 32 MP.

Sangat disayangkan, Oppo tidak memilih kamera ultrawide sebagai pendamping kamera utama 100 MP. Padahal ultrawide menjadi favorit beberapa pengguna yang selalu foto dengan banyak orang.

Kamera di Reno8 T menawarkan sudut tangkapan yang lebih luas hingga 120°, namun adanya kamera mikroskop terasa tidak berguna karena bagi mayoritas orang kurang membutuhkan itu.

2. Performa Kamera yang Kurang


Dengan harga jual hampir 5 juta, performa kamera Oppo Reno8 T terbilang biasa saja. Dari segi hasil foto, terlihat bagus tapi bukan yang terbaik di kelasnya.

Beberapa fitur seperti dual view video juga masih tersemat di kamera ini. Tapi, untuk perekaman video terkesan nanggung karena di harga 4 jutaan baik kamera utama dan kamera selfie belum mampu merekam hingga 60 FPS.

3. Masih Pakai Jaringan 4G


Sesuai chipset yang digunakan, HP ini belum mendukung jaringan 5G alias masih menggunakan jaringan 4G. Jika Anda ingin membeli hp baru dengan jaringan 5G maka Reno8 T tidak cocok.

Penutup


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum membeli Oppo Reno8 T. Jika Anda tidak masalah dengan kekurangan yang ada berarti HP ini cocok untuk Anda.

Jika lihat dari spesifikasi lengkap, memang HP Oppo yang satu ini berbeda dari HP Oppo lainnya. Oppo Reno8 T punya kualitas yang merata, desain mewah, layar bagus, baterai awet dan performa juga kenceng.

Kekurangannya hanya pada performa kamera saja. Hal inilah yang membuatnya terlihat berbeda dengan HP Oppo di harga 4 jutaan yang biasanya memiliki kualitas kamera yang sangat bagus.