Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14, HP 5G Termurah 2023

Kekurangan Samsung Galaxy A14



Samsung Indonesia telah resmi menghadirkan HP 5G termurah di tahun 2023. HP yang diperkenalkan pada 12 Januari lalu itu adalah Samsung Galaxy A14 5G.

Sebagaimana yang kita tahu, HP berpangkat 5G selalu memiliki spesifikasi yang mumpuni terutama di bagian performa.

Oleh karena itu, Samsung berani membandrol HP tersebut di angka 2,9 jutaan. Tapi, apakah harga tersebut bisa dibilang masih terjangkau kalau dilihat dari spesifikasinya.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu kelebihan dan kekurangan hp 5G terbaru di tahun 2023 ini yaitu Samsung Galaxy A14.

Kelebihan Samsung Galaxy A14


Pertama, kita bahas kelebihan hp Samsung terbaru ini dari segi performa, kamera, baterai, layar dan yang lainnya.

1. Kualitas Layar yang Memuaskan


Pihak Samsung membekali Galaxy A14 ini dengan layar 6,6 inch LCD resolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz.

Ukuran layarnya ini termasuk lebar dan cocok untuk pengguna yang hobi nonton. Apalagi layar ini juga mendukung widevine L1 yang artinya bisa streaming netflix di resolusi FHD+ sehingga gambar terlihat tajam.

Selain itu, kegiatan geser layar aplikasi di HP ini juga terasa mulus berkat adanya refresh rate tinggi dan bisa membuat layar Galaxy A14 menampilkan animasi pada game dengan frame rate hingga 90 FPS.

2. Kamera Utama Tajam dan Jernih


Galaxy A14 mempunyai 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP autofocus dengan kamera makro dan depth sensor masing-masing dua MP.

Baik kamera utama atau kamera selfie mampu merekam video dengan resolusi mencapai 1080p 30fps. Untuk hasil tangkapan kamera utamanya cukup jernih dan tidak jelek namun bukan yang paling bagus.

3. Performa Chipset yang Bagus


Samsung Galaxy A14 dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 700. Dengan chipset ini, smartphone bisa terhubung ke jaringan 5G.

Selain itu, performa chipset ini juga mumpuni dan punya konsumsi daya yang terbilang hemat. Jika Anda pengguna HP dengan chipset Helio G99, performa HP ini tidak beda jauh dengan chipset tersebut.

Selain itu, Dimensity 700 dibantu oleh RAM 6 GB LPDDR4X dan internal 128 GB UFS 2.2. Dengan kombinasi tersebut, Galaxy A14 5G akan nyaman dipakai sehari-hari.

Menonton film secara streaming, bermain media sosial, chatting dan multitasking semuanya lancar dan tidak ada kendala.

Dalam pengujian singkat bermain game di hp Samsung terbaru ini juga terasa nyaman, Mobile Legends bisa berjalan di grafik high frame rate super dan PUBG Mobile di grafik smooth ultra hingga HD High.

4. Baterai Awet Seharian


Samsung A14 5G memiliki kapasitas yang cukup besar dan lazim untuk smartphone masa kini yaitu 5000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, Galaxy A14 mampu menemani pengguna seharian penuh dalam pemakaian normal.

Hal ini juga ada kaitannya dengan chipset yang digunakan, Dimensity 700 punya fabrikasi 7 nm yang artinya semakin kecil fabrikasi sebuah chipset maka pemakaian daya akan semakin efisien.

Sementara itu, pengisian daya sudah mendukung hingga 15W yang dalam pengujiannya mengisi dari 0% hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit.

Hal yang menarik, pembelian hp 5G Samsung ini masih diberi kepala charger, meskipun ada di kotak terpisah.

5. Fitur yang Lengkap


Hp terbaru Samsung ini berjalan dengan sistem Android terbaru yaitu Android 13 dengan antarmuka one UI Core 5.

Kelebihan dari antarmuka Samsung ini juga banyak, termasuk tidak adanya iklan yang mengganggu. Jaminan updatenya pun jelas di waktu 2 tahun untuk software dan 4 tahun untuk keamanan.

Bicara tentang fitur, Samsung tidak pelit karena Samsung telah memasang 5 sensor fisik dan satu sensor virtual. Semua sensor tersebut adalah fingerprint, akselerometer, proximitas, gyroscope, kompas dan sensor cahaya yang bersifat virtual.


Ada juga fitur NFC untuk mengecek atau mengisi saldo e-money yang bisa memnjadi daya tarik tersendiri bagi Samsung Galaxy A14 5G.

Selain sensor, smartphone ini juga dibekali fitur RAM plus yang berguna untuk menambah RAM virtual hingga 6 GB. Bagian internal juga masih bisa diperluas lagi melalui micro SD hingga 1 TB.

Meskipun speaker di HP ini masih mono, tapi microphone yang disediakan oleh Samsung ada 2 yang letaknya ada di bawah dan di atas sehingga akan mempermudah pengguna saat telepon atau saat membuat video blog.

Dengan itu, Anda tidak perlu khawatir suara tidak sampai karena salah satu speaker tertutup tangan saat melakukan perekaman atau menelpon seseorang.

Kekurangan Samsung Galaxy A14


Semua hp pasti punya kekurangan termasuk hp 5G dari Samsung ini. Dari kelebihan yang sudah dijelaskan secara rinci, Anda juga wajib mempertimbangkan kekurangan ini sebelum membeli Galaxy A14.

1. Proses Isi Daya yang Lama


Seperti yang sudah dijelaskan di bagian kelebihan, baterai 5000 mAh yang ditanam di Galaxy A14 5G dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 15W.

Pengisian daya seperti ini membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi dari 0% hingga 100, sedangkan kompetitor dari brand lain di harga ini sudah banyak yang menawarkan pengisian daya yang lebih cepat.

2. Desain Biasa dan Bobot yang Berat


Jika dilihat dari sisi belakang, sebenarnya tampilan hp ini bagus dan tidak mudah membekas sidik jari serta adanya berbagai varian warna yang diberikan.

Tapi, hal yang disayangkan adalah tampilan sisi depan. Bagian bezel layarnya cukup tebal dengan desain kamera selfie yang masih berponi.

Hal itulah yang membuat kesan murah dan biasa saja di HP Samsung ini. Selain itu, bodi smartphone ini juga cukup tebal dengan 9 mm dan bobotnya yang berat sekitar 200 gram.

Pengguna HP ringan, awal-awal pasti berasa berat, namun lama-kelamaan pasti terbiasa.

3. Tidak ada Kamera Ultrawide


Kualitas tangkapan kamera utama Galaxy A14 5G ini sudah terbilang bagus, hal yang kurang adalah tidak adanya kamera pendamping yang layak untuk kamera utama.

Kamera makro dan sensor depth yang tersemat tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan satu kamera Ultrawide.