10 Kamera Vlog Terbaik yang Cocok Untuk Traveling

Kamera vlogging hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari Action Cam Portable untuk orang yang sering berpetualang sampai sistem kamera mirrorless yang besar untuk pembuatan konten atau film.

Masalahnya, kamera dengan kualitas terbaik memiliki harga yang cukup mahal karena memang sepadan dengan hasil video.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan rekomendasi kamera vlog terbaik

1. Insta360 One X2


Insta360 One x2



Kamera 360 ini menawarkan pembuatan klip dinamis yang hebat, kreativitas tanpa akhir dan pengeditan artificial yang mudah.

Untuk hasil warna dan detail terlihat sangat baik. One X2 adalah Action Cam terbaik yang menggunakan lensa 360°. Tidak hanya untuk realitas virtual saja, tetapi juga sejumlah besar mode pengeditan kreatif untuk video layar lebar.

Insta360 secara konsisten menghasilkan video dan foto yang indah, kamera ini disertai dengan aplikasi intensif untuk pemrosesan video-video yang dihasilkannya.

Bagi pembuat film yang ingin mencoba sesuatu yang lebih beda, kamera vlog ini wajib dicoba. Insta360 One X2 yang kaya fitur ini dijual dengan harga 7 jutaan saja.

2. Canon PowerShot G7 X Mark III


Canon PowerShot G7 X Mark III



Ketika Canon Powershot G7 menunjukkan popularitas di kalangan vlogger, Canon dengan bijaksana memberikan penggemarnya mark III.

Unit ini adalah sebuah kamera compact yang akan meningkatkan kualitas vlogging Anda makin sempurna.

Kamera ini memiliki video 4K tanpa pemotongan, ada juga port microphone external dan fitur untuk melakukan streaming langsung ke Youtube.

Pengguna bisa memakai opsi untuk mengekstrak gambar diam berkualitas tinggi dari rekaman 4K. System fokus otomatis kamera ini juga bagus yang bekerja dengan sensor CMOS 1 inch untuk menghasilkan video dengan kualitas yang jernih.

Kamera seharga 8 jutaan ini bahkan bisa melakukan perekaman video vertikal yang sangat ramah smartphone dan story di Instagram.

3. GoPro Hero 10 Black


GoPro Hero 10 Black



Hero 10 Black memiliki processor GP2 yang mendukung interface pengguna dengan cepat, bekerja menggandakan frame rate yang mendorong teknologi stabilisasi gambar terbaik.

Terdapat layar 2,27 inci yang besar dan layar depan yang praktis membuat kamera ini terlihat sempurna untuk kegiatan vlog terutama jika Anda sering jalan-jalan.

Highlight di unit ini adalah kemampuan video flipkey 60p dan stabilisasi video hypersmooth 4.0 GoPro yang terbaru. Sistem ini bekerja di semua mode dan kamera 23 MP akan menghasilkan foto terbaik dengan kinerja cahaya rendah.

Kontennya pun dapat ditransfer dengan sangat cepat melalui kabel serta memiliki fitur unggah otomatis yang bisa menambahkan foto dan video ke akun cloud Anda.

Harga : Rp 8.000.000

4. DJI Pocket 2


DJI Pocket 2



Jika Anda ingin alat vlogging terbaik dalam hal menggabungkan video yang stabil dan ukuran yang dapat disimpan maka tidak ada yang bisa mengalahkan DJI Pocket 2.

Ini adalah unit dengan creator combo, audio eksternal dan lensa ultra lebar yang sangat baik. Fitur penanganan kebisingan Pocket 2 ini juga cukup bagus.

Kamera vlogging berukuran kecil yang disematkan punya stabilisasi dengan tingkat kehalusan yang sangat baik. Ada juga sistem video gaya menembak yang sulit bahkan tidak mungkin dicapai dengan kamera yang lebih besar dari ini.

Harga : Rp 8.000.000

5. Sony ZV-1


Sony ZV-1



Sony ZV-1 tetap menjadi pilihan bagus yang tidak mengharuskan Anda untuk bingung dengan penggantian lensa, mulai dari body control audio dan layar belakang dioptimalkan dengan cemerlang untuk vlog.

Fokus otomatis di kamera ini luar biasa dan menyenangkan untuk digunakan setiap hari. ZV-1 adalah kamera vlog yang benar-benar dirancang khusus untuk kegiatan vlogging.

Ada pelindung angin microphone yang disematkan di bagian kamera dan benar-benar bekerja dengan sangat baik ketika digunakan sehingga tidak akan mengganggu proses pembuatan video.

Harga : Rp 9.000.000

6. Panasonic Lumix G100


Panasonic Lumix G100



Lumix G100 adalah kamera yang ringkas dan mudah digunakan, unit ini memiliki tombol dan tata letak menu yang sempurna.

Tampilan yang sederhana akan menjadi daya tarik besar bagi vlogger dan kreatif yang tidak membutuhkan kamera yang terlalu rumit.

Meskipun demikian, kamera ini tetap bisa menghadirkan video yang berkualitas dan memiliki fitur yang diinginkan seperti jendela bidik untuk mengambil gambar biak.

Selain itu, Lumix G100 juga punya pegangan ergonomis yang sangat pas di tangan ketika digunakan. Layar vari-angle yang disematkan bagus untuk merekam diri sendiri atau merekam cuplikan di atas kepala.

 Harga : Rp 11.000.000

7. Canon EOS M50 Mark II


Canon EOS M50 Mark II



EOS M50 adalah kamera mirrorless hybrid yang berkinerja baik untuk foto dan video. Kemampuan 4K akan memberikan AF pendeteksi kontras saat tidak memotret dalam 1080p.

Kamera ini adalah jawaban jika Anda bertanya tentang kamera dengan body yang kuat dan mudah digunakan dengan fitur autofocus serta videografi.

M50 Mark II bisa Anda gunakan untuk membuat vlog, kreativitas dan kebutuhan Instagram karena menawarkan trik party M50 dengan rasio kinerja terhadap harganya yang sempurna.

Unit ini adalah kamera yang terjangkau, kuat, ringkas dan mudah digunakan untuk fotografi, perjalanan dan kegiatan sehari-hari.

Harga : Rp 11.000.000

8. Sony A6400


Sony A6400



Sony A6400 membuatnya sempurna untuk Anda pembuat video satu tangan yang perlu berbicara langsung di depan kamera.

Unit ini memiliki layar flip 180° menghadap ke depan dan jika Anda adalah seorang pembuat konten multimedia maka A6400 adalah kamera foto terbaik yang mampu menghasilkan video 4K.

Kamera yang desainnya mirip dengan A6000 ini punya sistem fokus yang canggih dan kinerja IAF yang mengesankan.

Harga : Rp 5.000.000

9. Fujifilm X-S10


Fujifilm X-S10



X-S10 adalah kamera yang sangat bagus di mata banyak vlogger, bahkan menempati posisi pertama dalam panduan kamera Fujifilm terbaik di berbagai ulasan.

Unit ini punya fitur layar flipout yang menjadi salah satu alasan kenapa kamera ini sangat bagus untuk vlogging.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat merekam video 4K dengan lancar tanpa gangguan. Fujifilm X-S10 punya sensor apsc 26,01 MP sehingga kamera ini dapat menghasilkan gambar yang indah dan berkualitas tinggi.

Untuk fitur, ukuran dan penanganan mungkin kamera apsc terbaik yang bisa Anda beli pada titik harga sekitar 18 jutaan.

10. Panasonic Lumix S5


Panasonic Lumix S5



Lumix S5 mungkin berukuran lebih besar untuk penggunaan kamera vlog, tapi dengan sensor full-frame, stabilisasi gambar 6,5 stop dan body yang tahan cuaca, kamera ini layak untuk mendapatkan tempat di jajaran kamera vlog terbaik di tahun ini.

Meskipun ada panasonic yang lebih baru, tapi Anda akan mendapatkan kamera yang jauh lebih baik dengan fitur cahaya yang rendah.

Unit ini memiliki layar yang sepenuhnya diartikulasikan sehingga membuatnya terlihat sempurna untuk perekaman sendiri dengan fitur 14 stop rentang dinamis dan video 4K.

Jika Anda ingin kamera yang bagus untuk foto dan video maka Lumix S5 menawarkan tangkapan raw dan JPEG resolusi tinggi 96 MP.

Harga : Rp 27.000.000

Penutup


Itulah rekomendasi kamera vlog terbaik dengan hasil foto dan video yang bagus. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hal memilih kamera vlog terbaik diantaranya adalah :

  • Port mikrofon eksternal pada kamera
  • Jenis layar LCD
  • Sistem AF dengan pelacakan efektif pada kamera
  • Fitur video 4K
  • Kualitas gambar yang sangat bagus