10 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik paling Populer di Indonesia

Zaman yang serba digital seperti sekarang, aplikasi dating atau aplikasi cari jodoh memberikan angin segar dalam menemukan pasangan.

Sesuai namanya, aplikasi dating ini akan membuat Anda bisa mencari pasangan secara daring. Pengguna bisa menjelajah mencari pria atau wanita single di lingkungan sekitar tanpa perlu keluar rumah.

Selain mencari pasangan, aplikasi cari jodoh ini juga banyak digunakan untuk mencari teman dari dalam hingga luar negeri.

Langsung saja, inilah rekomendasi aplikasi cari jodoh atau pacar terbaik berdasarkan rating, review dan tingkat popularitas di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun perlu diingat, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi-aplikasi dating ini karena ada beberapa pihak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk melancarkan aksi negatif.

1. Tinder


Tinder



Tinder merupakan aplikasi kencan yang paling banyak digunakan di dunia. Karena menjadi aplikasi paling populer, tinder menawarkan banyak sekali pilihan jodoh potensial untuk Anda.

Ada fitur match, video call dan give bisa digunakan untuk menunjang interaksi. Anda juga dapat menggunakan tinder versi premium atau berbayar. Fitur berbayar tinder tersusun atas beberapa level yang menarik.

Ada plus, gold dan platinum. Pada level plus, pengguna bisa melakukan smart right tak terbatas, sedangkan level gold dan platinum akan membuat Anda untuk mengetahui pengguna lain yang menyukai Anda.


2. Tantan


Tantan



Dalam menggunakan Tantan, Anda bisa menemukan pasangan dengan cara swipe. Pengguna bisa mendeteksi calon jodoh dalam radius lebih dari 100 km.

Jika tidak ada lagi pengguna di sekitar, Tantan akan menampilkan calon match dari daerah lain. Setelah match, pengguna dapat berinteraksi dengan berkirim chat, pesan suara dan stiker.

Aplikasi cari jodoh ini juga dilengkapi dengan fitur ice breaking, fitur ini merupakan daftar pertanyaan lucu yang bisa mencairkan suasana saja.

Dengan fitur tersebut, akan ada banyak topik menarik yang bisa digali oleh pengguna setelah bosan dengan obrolan umum.


3. Skout


Skout



Menggabungkan prinsip swipe dan nearby untuk mempertemukan para jomblo, di aplikasi Skout Anda bisa swipe right atau left dengan memanfaatkan fitur match.

Pengguna bisa berselancar mencari kenalan di sekitar melalui fitur yang ada. Calon pasangan yang ditampilkan pada fitur ini bisa disesuaikan asalnya seperti di sekitar rumah atau provinsi lain.

Walau banyak keseruan yang ditawarkan, Anda perlu berhati-hati dengan profil palsu di Scout karena aplikasi cari pacar ini tidak punya fitur verifikasi wajah.


4. Badoo


Badoo



Badoo juga sudah lama menjadi aplikasi andalan para jomblo di tanah air. Seperti Scout, pengguna dapat menemukan pasangan menggunakan fitur swipe yang disebut encounter.

Anda juga bisa langsung menyapa pengguna di sekitar melalui fitur people nearby. Setelah swipe dan match, pengguna dapat berinteraksi menggunakan panggilan video, panggilan suara, gif dan stiker.

Anda juga bisa saling berkirim foto dan melemparkan pertanyaan untuk membuat suasana PDKT menjadi lebih seru.


5. Kenalan


Kenalan



Kenalan merupakan aplikasi cari jodoh yang diproduksi oleh anak-anak muda Indonesia. Tidak seperti dating.com, kenalan mengadopsi prinsip swipe untuk membantu penggunanya mencari jodoh.

Kenalan membatasi jumlah swipe yang bisa dipakai pengguna. Dengan itu, Anda disarankan untuk bijak dalam memberikan rasa suka atau ketertarikan kepada pengguna lain.


Jika Anda ingin menikmati fitur favorite tak terbatas, coba melakukan upgrade akun menjadi VIP. Dengan ini, Anda bisa melakukan eksplorasi lebih luas dan fitur yang lebih lengkap.


6. Bumble


Bumble



Bumble adalah salah satu aplikasi cari jodoh yang makin digemari. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menulis fakta yang disebut from untuk menarik perhatian pengguna lain.

Pengguna akan diminta mengisi variabel seperti tinggi badan, zodiak hingga pandangan politik. Saat match dengan pengguna lain, Anda bisa berinteraksi menggunakan fitur video call, gif, foto dan pesan suara.

Pada Bumble, hanya pengguna wanita yang bisa mengawali obrolan dengan match pria, apabila interaksi tidak dimulai dalam kurun waktu 24 jam maka status match akan hangus.

Status match juga hilang setelah 24 jam jika sang pria tidak menanggapi sapaan tersebut. Langsung saja download Bumble melalui link di bawah ini.


7. Dating.com


Dating.com



Jika Anda mencari aplikasi cari jodoh yang simpel, dating.com dapat dipertimbangkan. Aplikasi ini akan menampilkan calon pasangan di sekitar yang bisa langsung dihubungi.

Tidak ada prinsip swipe right atau left pada dating.com, namun pengguna harus mengkonfirmasi permintaan salam sebelum bisa bertukar pesan.

Anda bisa mendeteksi pengguna lain berdasarkan jarak paling dekat. Mencari kenalan dari berbagai negara juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Hanya saja, dating.com tidak memiliki fitur verifikasi wajah sehingga pengguna harus berhati-hati dengan profil palsu.


8. MeetMe


MeetMe



Sambil menyelam minum air, pengguna dapat menikmati dua fitur utama yang ditawarkan aplikasi cari pacar MeetMe.

Selain mencari pasangan dengan prinsip nearby, Anda juga bisa mengadakan sesi live atau menonton live pengguna lain.

Kedua fitur ini tentu menjadi paket menyenangkan untuk mengusir rasa bosan. Mirip dating.com, MeetMe menampilkan jodoh potensial dalam tampilan great berbasis jarak.

Anda bisa menjelajah mencari kenalan dari negara dan daerah lain. Saat chat, pengguna bisa melakukan video call, berkirim foto dan bertukar stiker lucu.


9. Coffee Meets Bagel


Coffee Meets Bagel



Coffee Meets Bagel hadir sebagai aplikasi kencan yang berbeda dengan platform lain. Setiap siang, pengguna akan diberi beberapa jodoh potensial yang disebut bagel.

Pengguna memiliki waktu 24 jam untuk memberikan keputusan terhadap begel tersebut, begel yang disarankan akan disesuaikan dengan informasi profil Anda.

Dengan begitu, besar kemungkinan bahwa bagel pada aplikasi ini memang cocok dengan Anda. Coffee Meets Bagel sempat viral beberapa tahun silam dengan fiturnya ini, langsung saja download aplikasinya di bawah ini.


10. Okcupid


Okcupid



Cupid menawarkan keseruan dengan fitur yang sedikit mirip dengan Coffee Meets Bagel, aplikasi ini menampilkan jodoh potensial berdasarkan persentase kecocokan satu pengguna dengan pengguna lain.

Persentase kecocokan Anda dan pengguna lain di kalkulasi berdasarkan jawaban untuk sejumlah pertanyaan. Saat registrasi, Anda wajib menjawab 15 pertanyaan dasar dan pertanyaan lanjutan bisa dijawab setelah memiliki akun.

Untuk topik pertanyaannya, Okcupid memberikan variasi topik seperti percintaan hingga isu sosial.


Penutup


Mencari pasangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun berkat aplikasi cari jodoh, menjelajah dan menemukan wanita idaman kini bisa dalam genggaman tangan.

Aplikasi cari jodoh saat ini makin digemari berkat kemudahan dan tampilan yang simpel. tidak sedikit pula orang yang memang menemukan pasangan hidup hingga menikah karena aplikasi dating tersebut.