√ Cara Meningkatkan Performa Game Dengan Aplikasi GLTools - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Meningkatkan Performa Game Dengan Aplikasi GLTools

GLTools adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk hp kentang atau spesifikasi rendah supaya bisa bertahan dalam memainkan berbagai macam game berat.

Jika smartphone Anda terasa lag dan patah-patah saat memainkan game online atau offline maka Anda wajib menginstal aplikasi ini supaya game yang Anda mainkan menjadi lancar.

Tapi, aplikasi GLTools ini hanya berfungsi untuk android versi 10 ke bawah diantaranya android 4, android 5, android 6 dan seterusnya. Untuk android 11 ke atas, aplikasi ini tidak berfungsi sama sekali.

Walaupun berfungsi di Android 10 ke bawah, GLTools hanya memberikan fungsi sekitar 60%. Hal itu lebih baik untuk meningkatkan performa game daripada tidak sama sekali.

Aplikasi GLTools memiliki 2 versi yaitu versi root dan versi non-root. Aplikasi yang akan Magersena jelaskan ini adalah GLTools versi non-root.

GLTools non-root hanya dikhususkan untuk mengatasi lag dan patah-patah saat bermain game, berbeda dengan versi root yang bisa meningkatkan FPS dan resolusi.

Cara Menjalankan Aplikasi GLTools


Pertama, Anda download aplikasi GLTools non-root melalui link di bawah ini.


Setelah download, Anda instal aplikasi tersebut. Kemudian Anda masuk ke pengaturan > manajer aplikasi > cari GLTools > pilih izin aplikasi dan izinkan semua supaya aplikasi bisa bekerja maksimal.

Langkah selanjutnya, Anda buka aplikasi GLTools. Pada halaman utama, Anda akan melihat daftar aplikasi yang ada di smartphone Anda. Untuk mulai meningkatkan performa game, Anda pilih game yang ingin ditingkatkan.

Meningkatkan performa game

 

Centang bagian "enable custom settings for this app" > ubah anti alliasing dari default (defined by app) ke disable (forced) > centang bagian "allow framebuffer MSAA" > ubah "use lower render resolution" dari 1× ke 0,5× > centang "force 16 Bit renderring".

Kemudian, Anda scroll ke bawah dan centang bagian "use fake GPU info", "use fake "CPU/RAM info" dan "advanced RAM spoofing".

Langkah selanjutnya, Anda harus mengatur beberapa bagian, mulai dari GL_RENDERER, GL_VENDOR, GL_VERSION, GL_EXTENSIONS dan lain sebagainya.

Cara mengaturnya, Anda harus menggunakan file yang bisa Anda download melalui link di bawah ini.


Setelah download file, Anda buka file tersebut dan masukan text pada tiap-tiap bagian di pengaturan GLTools game yang Anda tingkatkan.


Setelah mengisi semua bagian tiap-tiap GL, Anda scrol ke bawah dan centang kolom "old dlopen behavior emulation" dan "agressive eglGetProcAddress".

Scrol ke bawah lagi dan centang pada kolom "Ignore SCTRAP", "Ignore glGetError dan "fake elgGetConfig". Setelah itu, Anda keluar dari aplikasi GLTools dan coba mainkan game yang Anda tingkatkan kinerjanya.

Pastikan saat Anda bermain game, aplikasi GLTools harus berjalan di latar belakang. Jika tidak maka performa game tidak akan bertambah.

Salah satu kekurangan GLTools ini adalah berhenti bekerja saat Anda menghapusnya dari latar belakang. Jika Anda hapus GLTools dari latar belakang maka aplikasinya tidak akan berjalan lagi.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan hapus data aplikasi GLTools dan buka lagi aplikasinya. Disini Anda harus mengatur kembali performa game jika data GLTools dihapus dari pengaturan.

Penutup


Cara meningkatkan performa game yang satu ini memang sedikit rumit tapi Anda akan merasakan manfaatnya saat memainkan game yang ditingkatkan performanya.

Game akan terasa lancar tanpa lag dan patah-patah. Cara ini cocok untuk Anda yang memiliki HP kentang atau spek rendah dengan versi android versi 10 ke bawah.

Get notifications from this blog