√ Mengenal Dimensity 9000, Chipset Terbaik Dari MediaTek - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Dimensity 9000, Chipset Terbaik Dari MediaTek

SOC processor atau chipset yang satu ini memang sengaja dirancang untuk menjadi dapur pacu smartphone di kelas tertinggi untuk Tahun 2022 ini.

Chipset tersebut adalah Dimensity 9000 dari MediaTek. MediaTek menyebutkan kalau ini adalah SOC super powerful tapi tetap super efisien sesuai dengan kebutuhan di smartphone kelas tertinggi saat ini.

Tapi, bukan hanya soal performa dan efisiensi saja, MediaTek juga membawa peningkatan di berbagai bidang seperti konektivitas, display, foto dan video dan masih banyak lagi.

Semua itu tentunya dilakukan dengan harapan smartphone kelas tertinggi yang menggunakan chipset Dimensity 9000 ini bisa menawarkan pengalaman yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mengenal MediaTek Dimensity 9000


MediaTek Dimensity 9000



Dimensity Mediatek atau nama lengkapnya MediaTek Dimensity 5G adalah jajaran SOC dari MediaTek yang semuanya tentu sudah mengusung konektivitas 5G.

Keluarga Mediatek Dimensity lahir tahun 2020 dan langsung meraih sukses yang ditandai dengan tidak kurang dari 45 juta SOC.

Dimensity 5G digunakan oleh produsen smartphone di produk-produk mereka, mulai dari smartphone kelas terjangkau sampai kelas premium.

Hal ini yang membantu Mediatek meraih gelar sebagai number 1 smartphone chipset supplier tahun 2020 berdasarkan data dari berbagai pengamat pasar.

Kesuksesan ini juga berlanjut ke 2021 dimana MediaTek menjadi produsen SOC dengan Market Share terbesar bahkan mencapai 40% di Kuartal ketiga 2021.

Untuk makin memperkuat posisi mereka, perusahaan semi-konduktor Taiwan ini yang terbesar ke-4 di dunia untuk veples semi-conductor company di awal Tahun 2022 merilis SOC Dimensity 9000.

Mediatek Dimensity 9000 mungkin bisa dikatakan sebagai penerus dari Dimensity 1200 sebagai SOC terkencang atau chipset gahar dari MediaTek.

Spesifikasi


Pertama bahas dari spesifikasinya, sisi system-on-chip ini dia punya Ultra Core 1× Cortex X2 3.05 GHz untuk yang versi awalnya, lalu ada Super Core 3× Cortex A710 2.85 GHz dan Efficiency Core 4× Cortex A510 1.8 GHz.

Cortex X2, Cortex A710 dan Cortex A510 termasuk jajaran core terbaru dari arn yang dibangun berdasarkan arsitektur baru yaitu arm V9.

Arm ini menjanjikan performa yang lebih tinggi dari yang bisa ditawarkan dari generasi sebelumnya yang masih memakai arm V8.

GPU dan CPU


Untuk GPU, chipset dari MediaTek ini menggunakan Mali-G710 MC10. Sama seperti CPU, GPU di SOC ini juga menggunakan kreasi terbaru dari arm yang juga hadir mengusung arsitektur baru.

Dimensity 9000 menjadi SOC pertama yang menggunakan GPU kencang terbaru dari arm ini sehingga menghasilkan kemampuan yang lebih efisien.

Selanjutnya ada Big In-Chip Caches, SOC ini dibekali dengan layer cache memori yang besar yaitu 8 MB CPU L3 Cache dan 6 MB System-Level Cache.

Ini yang disebut-sebut akan membuat SOC ini menawarkan tingkat respon dan kenyamanan tinggi untuk berbagai aplikasi. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan efisiensi kerja dari SOC.

RAM dan Storage


Untuk fabrikasi diberi 4 nanometer tepatnya TSMC 4NM CLASS. Pada RAM dan storage diberikan LPDDR5×-7500, ini menawarkan dukungan untuk RAM yang sangat kencang dan tentunya efisien.

Sedangkan storage-nya menggunakan UFS 3.1 yang kencang dsn seperti biasanya UFS ini anti lemot dalam jangka waktu yang panjang.

APU


Selanjutnya terdapat Mediatek APU 590, ini adalah A.I dengan kemampuan tinggi yang secara khusus disiapkan untuk kebutuhan artificial intelegent dalam smartphone masa kini.

Hal ini tidak hanya berguna di kamera saja, tapi juga untuk multimedia, gaming, sosial, video, pengalaman dan lain sebagainya.

APU ke-5 dari MediaTek ini juga bisa berfungsi sebagai co-prosesor untuk membantu kerja beberapa komponen Dimensity 1000 lain di beban kerja tertentu untuk mendapatkan efisiensi yang lebih tinggi bahkan bisa mencapai 4× lipat dari yang ditawarkan oleh generasi sebelumnya.


Mediatek juga menyediakan SDK khusus untuk memanfaatkan APU ini supaya kemampuannya jadi mudah diakses oleh para pengembang aplikasi dan manfaatnya bisa dirasakan di lebih banyak aplikasi lagi.

iSP MediaTek


MediaTek Dimensity 9000



Chipset ini juga mempunyai MediaTek imagiq 790, ini adalah iSP atau image Signal Processor yang bertanggung jawab terhadap foto dan video.

iSP satu ini menjanjikan kemampuan proses hingga 9 gigapixel perdetik membuatnya menjadi salah satu iSP terkencang yang ada saat ini, pada beberapa skenario bahkan kecepatan prosesnya mencapai 2× lipat dari pendahulunya.

iSP ini mendukung penggunaan single camera hingga 320 MP, beberapa orang bahkan belum mendengar adanya kamera seperti itu.

Tapi, bukan itu yang luar biasa Sebenarnya, imegiq 790 ini mendukung perekaman 18 Beat HDR video dengan 3 kamera sekaligus.

Secara resmi resolusi maksimal video capture yang mendukungnya adalah 4K, tapi bukan 4K biasa. Perekaman 4K HDR dengan AINR didukung oleh iSP ini.

Kemampuannya sudah tersedia, tinggal nanti bagaimana produsen smartphone apakah akan memanfaatkan kemampuan ini.

Display


Lalu, untuk dukungan display, Dimensity 9000 dilengkapi MediaTek MiraVision 790 yang mendukung refresh rate tinggi hingga 180 Hz di full HD+ atau 144 Hz di WQHD+.

Tentunya spesifikasi yang ditawarkan oleh MediaTek miravision generasi sebelumnya juga masih ada di sini termasuk HDR10+, videoplayback serta hardware decoding.

Mode yang tersedia juga modem dengan spesifikasi terkini tentunya, Modem 5G yang disediakan MediaTek 9000 diklaim sudah mengusung dukungan untuk update terbaru di 5G sesuai dengan 3GPP Release-16.

Salah satunya adalah kemampuan yang ditingkatkan dengan 3CC Cartier Agregation regation dengan down yang bisa mencapai 7 GBps.

5G Ultra Save 2.0


Selanjutnya ada fitur 5G Ultra Save 2.0 yang memungkinkan efisiensi yang lebih baik lagi untuk penggunaan internet 5G untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

Tentunya modem 5G di Dimensity 9000 ini mendukung dual 5Gdengan multimod dual SIM dual aktif dan berbagai fitur paket 5G sudah ada di garasi sebelumnya.

Konektivitas


Pada konektivitas, Chipset ini juga sudah mendukung wi-fi 6 bahkan WiFi 2T2R. Ini juga merupakan satu peningkatan karena yang sebelumnya hanya WiFi 6 biasa belum bisa yang 6GHz.

Tapi, tentunya smartphone harus bisa menggunakannya, konektivitas hanya menyediakan pengendalinya saja. Lalu untuk bluetooth sudah sampai bluetooth 5.3, jadi ini adalah SOC smartphone pertama di dunia yang mendukung standar baru ini.

dan chipset ini juga tentunya mendukung bluetooth LE audio yang menawarkan kemampuan Dual-Link true wireless stereo audio.

Optimasi koneksi wireless dengan teknologi khusus dari MediaTek membuat koneksi dari berbagai perangkat bisa aktif berdampingan dengan baik, tidak saling mengganggu satu sama lain.

MediaTek Hyperengine 5.0


Fitur yang satu ini menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan Dimensity 9000, salah satu peningkatan besar yang ada di hyperengine ini adalah akselerasi gaming dengan memanfaatkan AI.

Selain mengurangi beban kerja GPU, teknologi AI ini juga bisa membuat kualitas tampilan meningkat serta frame rate tetap terjaga dengan AI VRS dan Hybrid AI-GPU Super Resolution.

Ada berbagai set fitur pendukung gaming lain, termasuk dari segi konektivitas, jaringan dan seluler juga tersedia di dalam hyperengine 5.0 termasuk MediaTek WiFi fast untuk koneksi Wifi retensi yang lebih rendah.

Intinya, dengan MediaTek hyperengine 5.0 ini MediaTek menjanjikan gaming yang mulus lancar tanpa gangguan seperti frame drop, input misconnection drop dan lain-lain.

MediaTek Dimensity 5G Open Resource Architecture


Selanjutnya, ada yang namanya MediaTek dimensity 5G Open Resource Architecture yang diperkenalkan pada Dimensity 1200 kemudian ditawarkan lagi ke Dimensity 9000.

Jadi, produsen smartphone itu bisa bekerja sama secara khusus untuk tuning lebih lanjut pada komponen-komponen fi Dimensity 9000.

Hal ini membuat komponen tersebut menjadi lebih optimal untuk menangani kebutuhan khusus terkait kemampuan unggulan di satu smartphone.

Tuning yang dapat dilakukan untuk bisa mencakup banyak hal termasuk untuk konektivitas, kamera, display, performa, gaming dan lain sebagainya.

Hal ini membuka kemungkinan dimensity 9000 itu bisa hadir dengan karakter yang berbeda di Smartphone yang berbeda.

Hal ini akan menarik karena nanti setiap produsen akan punya keunggulannya masing-masing walaupun SOC dari produk yang sama.

Kesimpulan


Jika dilihat dari spesifikasi dan klaim performa MediaTek, seharusnya ini adalah SOC yang gahar sesuai dengan sebutannya yaitu super powerful dan sesuai juga dengan kelasnya di SOC premium.

Tapi, "kencang" saja itu bukan jaminan kalau suatu SOC tuh layak jadi dapur pacu sebuah smartphone kelas tertinggi di era sekarang. Efisiensi tinggi juga dicari karena percuma kalau kencang tapi boros baterai atau panas.

Terlihat juga MediaTek banyak menjanjikan peningkatan dari sisi efisiensi untuk SOC yang baru ini. Selain itu, fitur melimpah pendukung kemampuan smartphone jadi hal yang penting untuk kelas premium.

Terlihat bahwa MediaTek meningkatkan lagi apa yang ditawarkan di Dimensity 1200 bahkan untuk beberapa bidang tertentu seperti kamera, AI, konektivitas itu peningkatan terbilang cukup jauh dibandingkan generasi sebelumnya.

Orang-orang sangat tertarik untuk menunggu smartphone kelas tertinggi yang dipegang oleh SOC Dimensity 9000 ini, semoga saja dalam waktu dekat ini akan ada yang membawanya secara resmi ke Indonesia.

Get notifications from this blog