Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah YouTube di HP

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk channel YouTube di HP sebagai syarat monetisasi.

Jadi sebelumnya, syarat monetisasi channel YouTube ada 2 yaitu mendapatkan 1000 subscriber dan mencapai 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Tapi, pada akhir tahun 2021, YouTube menambahkan persyaratan yang wajib dilakukan untuk bisa monetisasi video yaitu melakukan verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 langkah ini adalah upaya YouTube untuk menjaga channel YouTube Anda supaya tidak kena hack oleh orang lain. Fitur YouTube terbaru ini akan mempersulit pihak lain yang berusaha untuk meretas channel Anda.

Jika ada pihak yang ingin meretas channel maka Anda akan mendapatkan notifikasi YouTube bahwa ada orang yang sedang melakukan percobaan login channel Anda.

Aktifkan verifikasi 2 langkah di HP


Pertama, Anda masuk ke aplikasi browser > pastikan Anda sudah login akun google yang berisi channel YouTube > kunjungi halaman google.com > klik profil Gmail di bagian kanan > pilih "kelola akun google Anda".

Langkah selanjutnya, pilih menu keamanan > pilih verifikasi 2 langkah > pilih mulai > masukan kata sandi Gmail > pilih berikutnya.

Aktifkan verifikasi 2 langkah di hp



Setelah itu, Google akan menampilkan HP yang berisi email Anda. Anda bisa menggunakan beberapa HP sebagai langkah kedua untuk login ke akun YouTube, Disini Anda pilih lanjutkan.


Langkah selanjutnya, Anda dihadapkan dengan opsi cadangan sebagai cara alternatif login akun apabila HP Anda mengalami kerusakan atau hilang, opsi cadangan ini akan mengirimkan kode oleh google melalui SMS. Jadi, pastikan Anda masukan nomor HP yang aktif.

Berikutnya, google akan mengirimkan kode ke nomor yang Anda masukan sebagai konfirmasi bahwa nomor tersebut masih aktif. Masukan kode yang dikirim google ke kolom yang tersedia dan pilih selanjutnya.

Terakhir, ada sedikit informasi untuk langkah verifikasi dan Anda tinggal pilih tombol "aktifkan" untuk mulai melakukan verifikasi 2 langkah ini.

Penutup


Sampai sini, Anda sudah selesai mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah untuk mengamankan akun google sehingga orang lain akan kesulitan jika mencoba untuk meretas akun google Anda.

Dengan mengaktifkan verifikasi ini, akun YouTube Anda pun semakin aman dari serangan hacker yang mencoba untuk mengambil alih akun.