6 Tips Sukses Menjadi YouTuber Mulai Dari Nol

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu tips yang harus Anda lakukan untuk menjadi YouTuber mulai dari nol.

Banyak orang bingung dan bertanya-tanya "bagaimana menjadi seorang YouTuber sukses yang mulai dari nol", apa saja yang harus dipersiapkan, konten apa yang harus dibuat dan pertanyaan lainnya.

Hal yang paling dasar yang harus dilakukan YouTuber pemula adalah upload konten secara rutin dan berinteraksi dengan penonton. Tapi, ada hal lain yang tidak kalah penting.

1. Tujuan membuat channel YouTube


Membuat channel YouTube



Pertama, tentukan tujuan Anda membuat channel YouTube. Jangan sampai Anda membuat channel tapi tidak tahu apa tujuannya.

Orang-orang membuat channel YouTube dengan berbagai macam tujuan, ada yang membuat channel yang hanya ingin membagikan hal-hal bermanfaat, tutorial yang dicari banyak orang, cerita-cerita menarik dan lain sebagainya.

Tujuan menjadi YouTuber adalah hal paling utama yang harus Anda tanamkan di awal supaya Anda punya motivasi yang kuat dan konsisten upload konten di channel.

2. Jadikan YouTube sebagai "teman"


Jadikan YouTube sebagai teman sehari-hari yang selalu menemani Anda sebagai tempat menyalurkan hobi, pemikiran, informasi dan lain sebagainya.

Jadi, Anda jangan membuat channel YouTube hanya karena ikut-ikutan teman, ingin mendapat banyak uang, ingin terkenal dan lain sebagainya. Singkirkan alasan tersebut karena hanya akan membuat Anda tidak konsisten membuat konten.

Orang yang asal-asalan membuat channel YouTube pasti tidak akan bertahan lama dalam membuat konten karena punya motivasi yang salah.

Buat konten yang Anda suka dan upload ke YouTube, jangan pikirkan view dan subscriber, lakukanlah hal-hal yang Anda minati terlebih dahulu.

3. Tentukan topik dan target penonton


Ini adalah hal yang sangat penting sebelum rutin membuat konten di channel YouTube karena topik dan target penonton sangat diperlukan supaya konten yang dibuat itu satu topik dan tidak menyebar terlalu luas.

Jika Anda suka memasak, maka buatlah channel YouTube khusus memasak dan upload konten yang berisi masakan. Jika mempunyai kemampuan selain memasak, maka buatlah channel khusus lain.

Dengan membuat channel YouTube yang konsisten satu topik maka Anda akan mendapatkan retensi penonton yang tinggi dan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Tidak ada salahnya jika Anda membuat channel dengan berbagai macam topik. Tapi, usahakan channel Anda tetap mempunyai satu topik utama supaya penonton senang dengan apa yang Anda bahas.

Pastikan membuat konten YouTube yang sesuai dengan apa yang Anda kuasai, jangan coba-coba membuat konten yang Anda tidak terlalu paham dengan apa yang dibahas.

Membuat konten yang tidak terlalu Anda kuasai akan membuat penonton kecewa karena bisa jadi ada kesalahan informasi yang Anda sampaikan ke penonton sehingga membuat mereka marah.

4. Bangun karakter yang unik


Usahakan konten YouTube yang Anda buat memiliki karakter yang unik dibandingkan dengan channel lain yang membahas hal yang sama.

Jika Anda ingin membuat channel gaming maka bangun karakter unik dalam diri Anda yang menarik perhatian banyak orang. Ada banyak channel gaming dengan keunikannya masing-masing.

Jika Anda tidak unik dan tidak beda jauh seperti channel lain maka kemungkinan besar channel Anda akan sepi penonton.

Karakter unik ini bisa berupa penyampaian informasi, intonasi suara, editing, thumbnail, pengambilan video dan lain sebagainya. Jadi, pikirkan apa yang unik dalam diri Anda sehingga orang-orang tertarik dengan channel YouTube Anda.

5. Wajib konsisten


Jika Anda ingin menjadi YouTuber yang mulai dari nol maka hal yang harus dilakukan adalah wajib konsisten upload video. Hal ini dibahas oleh semua channel yang membahas tips nge-youtube, bahwa channel baru itu wajib konsisten membuat konten.

Jika channel baru jarang membuat konten maka kecil kemungkinan channel tersebut untuk berkembang dan ramai penonton.

Hal-hal yang mempengaruhi konsistensi membuat konten YouTube adalah tujuan membuat channel YouTube, jika Anda membuat channel dengan tujuan yang jelas maka kemungkinan untuk konsisten semakin besar.

Tapi, jika Anda membuat channel YouTube dengan tujuan yang kurang jelas, pasti Anda akan merasa bosan di tengah jalan dan akhirnya berhenti membuat konten YouTube.

Konsisten disini tidak harus setiap hari membuat konten, Anda bisa konsiten membuat konten, 3 hari sekali, seminggu sekali, 2 Minggu sekali, sebulan sekali dan lainnya. 

Konsisten dalam membuat konten channel YouTube akan membuat channel Anda kemungkinan besar akan berkembang dan pastinya ramai penonton dan subscriber.

6. Pelajari tips dan settingan YouTube


Konsisten membuat konten YouTube dirasa belum cukup untuk bisa mengembangkan channel dengan maksimal, pastinya dibutuhkan tips dan settingan channel YouTube supaya optimasi dan persebaran video makin luas dan bisa dijangkau banyak orang

Dengan mempelajari tips dan settingan YouTube akan membuat video yang Anda upload bisa muncul di pencarian google, pencarian YouTube dan menu rekomendasi YouTube.

Settingan YouTube yang harus Anda pelajari adalah membuat judul yang benar, penempatan kata kunci, menulis deskripsi, tag video, durasi video dan lain sebagainya.

Penutup


Itulah pembahasan tentang cara menjadi YouTuber yang mulai dari nol, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mengembangkan channel YouTube. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang "menjadi YouTuber", silahkan baca artikel berikut.